6 Jenis Buah Untuk Bantu Redakan Flu, Yuk Dikonsumsi!

6 Jenis Buah Untuk Bantu Redakan Flu, Yuk Dikonsumsi!

font size A Ǎ

Memasuki musim hujan, diketahui ada beragam jenis penyakit yang mengintai, tak hanya virus corona saja. Salah satunya, yaitu flu yang ditandai dengan berbagai gejala, seperti hidung meler dan juga sakit kepala. Tentunya, hal tersebut akan menimbulkan rasa tidak nyaman, ya?

Tapi tak perlu khawatir, karena ada beragam langkah sederhana untuk mengatasi flu secara alami, lho. Misalnya, kamu bisa rutin mengonsumsi buah-buahan tertentu. Tapi yang pasti, kalau sedang flu, kamu direkomendasikan untuk memperbanyak waktu istirahat, serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Jadi, proses pemulihan pun bakal lebih cepat.

Berkaitan dengan buah-buahan yang dapat membantu mengatasi flu, berikut ini ada 6 jenisnya yang dapat kamu konsumsi. Apa saja?

Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Buah-Buahan Sitrus

6 Jenis Buah Untuk Bantu Redakan Flu, Yuk Dikonsumsi!

Credit Image - thespruceeats.com

Untuk melawan infeksi virus, dibutuhkan buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Seperti diketahui, vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan, sekaligus mempercepat proses pemulihan ketika sedang sakit, ya. Nah, buah-buahan sitrus merupakan salah satunya, nih.

Buah yang mengandung vitamin C bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus flu secara maksimal. Sifat antioksidan dalam vitamin C juga membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas, lho. Tak hanya itu, vitamin C juga diyakini berpotensi mengurangi keparahan gejala, serta menurunkan risiko komplikasi akibat flu.

Beberapa buah yang termasuk dalam jenis sitrus, yaitu jeruk, lemon, jeruk nipis, dan grapefruit. Kandungan vitamin C di dalam buah-buahan tersebut tidak perlu diragukan lagi khasiatnya, termasuk untuk mengatasi flu.

Untuk menikmatinya, kamu bisa memakan langsung buah-buahan sitrus tersebut, diolah menjadi jus, atau diseduh dengan air hangat – dan ditambahkan madu.

 

2. Buah Beri

Kemudian, ada pula buah-buahan beri, seperti stroberi, rasberi, dan blueberry juga direkomendasikan untuk membantu mengurangi gejala flu, lho. Buah-buahan tersebut memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, salah satunya anthocyanin dan resveratrol. Antioksidan tersebut yang membantu memelihara kesehatan sel-sel tubuh, terutama saat sedang terserang penyakit.

Selain itu, buah beri memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Inflamasi alias peradangan adalah salah satu reaksi tubuh saat terkena infeksi. Namun, inflamasi yang berlebihan, terutama saat sedang terserang flu, berpotensi memicu sepsis – yang merupakan komplikasi flu dan berisiko membahayakan nyawa.

Nah, dengan rutin mengonsumsi buah-buahan ini, maka kamu akan terhindar dari risiko komplikasi flu, lho!

 

3. Nanas

6 Jenis Buah Untuk Bantu Redakan Flu, Yuk Dikonsumsi!

Credit Image - insider.com

Siapa sih yang tidak menyukai buah nanas? Selain rasanya yang nikmat, namun buah tersebut juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ketika terkena flu, lho. Di dalam buah nanas, terkandung enzim bromelain yang berpotensi meredakan peradangan akibat infeksi virus.

Tak hanya itu, bromelain juga memiliki khasiat mengencerkan dahak yang menumpuk di tenggorokan dan saluran pernapasan. Untuk kamu yang terserang flu dan mengalami gejala batuk berdahak serta hidung meler, makan buah nanas bisa menjadi solusi terbaik, ya.

 

4. Apel

Kamu pasti tahu bahwa apel merupakan buah yang mengandung beraneka macam vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk kesehatan tubuh. Bahkan, apel memiliki kandungan antioksidan tinggi – yang menjadikannya sebagai salah satu buah yang bisa membantu mengurangi gejala flu.

Di dalam buah apel, terdapat berbagai macam jenis antioksidan, seperti quercetin, catechin, phloridzin, dan asam klorogenat. Agar manfaatnya semakin terasa, disarankan mengonsumsi apel dengan kulitnya, ya. Sebab, apel segar memiliki kandungan nutrisi terbaik untuk tubuh, apalagi kalau sedang sakit!

 

5. Pisang

6 Jenis Buah Untuk Bantu Redakan Flu, Yuk Dikonsumsi!

Credit Image - tododisca.com

Buah berikutnya yang wajib dikonsumsi untuk penderita flu adalah pisang. Ya, buah berwarna kuning ini juga memberikan banyak manfaat untuk kamu yang sedang terkena flu, lho. Pisang pun termasuk salah satu buah yang tinggi akan kandungan nutrisi, seperti kalium.

Kandungan kalium di dalam pisang dipercaya dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan tulang, yaitu gejala yang sering ditemukan pada penyakit flu. Ditambah lagi, kandungan antioksidan dalam pisang juga berpotensi meningkatkan sistem imun tubuh pada pasien yang mengalami gangguan pernapasan.

 

6. Kelapa

Yang terakhir, ada pula buah kelapa, terutama air yang terdapat didalamnya. Bukan hanya segar, namun kelapa juga dapat memberikan manfaat baik bagi kamu yang tengah menderita flu dan pilek. Diketahui, ketika sedang sakit, mendapatkan asupan cairan yang cukup sangat penting – apalagi kalau kamu sedang terkena flu.

Menurut CDC, flu rentan menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi. Bahkan, dalam kasus yang serius, dehidrasi parah harus ditangani di rumah sakit.Untuk mencegah dehidrasi, diperlukan asupan cairan yang banyak selama masa pemulihan.

Nah, air kelapa adalah pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan cairan saat terkena flu. Kandungan di dalam air kelapa membantu menyeimbangkan kadar elektrolit di dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya dehidrasi.

Selain mengonsumsi keenam jenis buah di atas, mengatasi gejala flu juga dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi asupan suplemen yang punya kandungan lengkap, lho. Hal ini bisa membantu meningkatkan kekebalan, sehingga tubuh semakin kuat dalam melawan virus yang menyerang tubuh.

Kamu direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon-C maupun Enervon Active, ya. Kedua multivitamin tersebut dianjurkan dikonsumsi dua kali sehari.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Dan, bagi yang memiliki lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, bisa kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, bagaimana? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai buah yang dapat mengatasi gejala flu. Kalau kamu sedang mengalami kondisi tersebut, yuk coba diatasi dengan mengonsumsi 6 buah di atas – dan jangan lupa, minum multivitamin dari Enervon biar proses pemulihan makin cepat!

 

 

Featured Image – thedailymeal.com

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!