Serba-Serbi Vitamin C Anak, Mulai Dari Manfaat Sampai Gejala Kekurangannya

Serba-Serbi Vitamin C Anak, Mulai Dari Manfaat Sampai Gejala Kekurangannya

font size A Ǎ

Tak bisa dipungkiri, nutrisi memiliki peranan penting dalam proses tumbuh kembang anak. Dengan nutrisi yang tepat, maka perkembangan Si Kecil dapat berjalan dengan maksimal. Selain itu, kesehatannya pun semakin terjaga.

Dari sekian banyaknya nutrisi yang tersedia, salah satu yang terpenting, yaitu vitamin C. Apalagi, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Jadi, pastikan moms sudah memenuhi asupan vitamin C anak setiap harinya, ya.

Selain dapat menjaga imunitas tubuh, namun memberikan vitamin C anak juga dapat memberikan berbagai manfaat baik lainnya untuk kesehatan Si Kecil, lho. Berikut ini ulasan lengkapnya, beserta tanda anak kekurangan vitamin C – dan cara memenuhinya.

Yuk, pastikan kamu membaca ulasan ini sampai habis!

 

 

Manfaat Vitamin C Anak, Tak Sekedar Jaga Imunitas Saja

Serba-Serbi Vitamin C Anak, Mulai Dari Manfaat Sampai Gejala Kekurangannya

Credit Image - klikdokter.com

Vitamin C anak perlu diberikan setiap harinya. Umumnya, vitamin yang satu ini dapat membantu Si Kecil melawan flu lebih cepat – atau, meredakan gejala pilek jika dikonsumsi sebelum jatuh sakit, lho. Bahkan, vitamin C anak yang diberikan setiap harinya dapat membantu pembentukan pembentukan neurotransmiter yang penting dalam membantu aktivitas otak dan kecerdasan anak.

Selain itu, vitamin C dapat membantu mengurangi peradangan – seperti, peradangan paru-paru yang merupakan gejala Covid-19 berat. Ingat, kondisi tersebut dapat menyebabkan gangguan pernapasan, bahkan kematian.

Masih ada manfaat vitamin C anak lainnya yang baik untuk kesehatan Si Kecil, seperti membantu memelihara seluruh jaringan tubuh, mendukung metabolisme – dengan memecah lemak untuk dijadikan energi, serta menjaga tulang dan gigi agar tetap sehat.

 

Gejala Anak Kekurangan Vitamin C yang Perlu Diperhatikan

Serba-Serbi Vitamin C Anak, Mulai Dari Manfaat Sampai Gejala Kekurangannya

Credit Image - halodoc.com

Anak yang kekurangan vitamin C bisa saja terganggu kesehatan dan tumbuh kembangnya, lho. Untuk mendiagnosis anak yang kurang vitamin C, biasanya dilakukan di fasilitas kesehatan dengan tindakan tes darah. Meski demikian, tanda kekurangan vitamin C anak yang paling umum dialami adalah penyakit kudis.

Beberapa gejalanya, seperti muncul bintik cokelat kecil pada kulit, kulit lebih kasar, gusi sering berdarah, tubuh terasa lemah, luka sulit sembuh, dan nyeri pada bagian tulang. Bahkan, anak yang kekurangan vitamin C dapat mengalami gangguan saraf, serta kejang.

Yang paling terlihat ketika anak kekurangan vitamin ini, yaitu mudah terserang penyakit. Seperti diketahui, vitamin C anak dapat meningkatkan sistem kekebalan. Jika imun sudah kuat – maka risiko terhadap berbagai macam penyakit akan berkurang.

Sebaliknya, kalau tubuh kekurangan Vitamin C, tentu saja kekebalan pun akan melemah ya. Akibatnya, kamu lebih gampang sakit. Jadi, selalu penuhi kebutuhan vitamin C anak – terutama di masa pandemi, imunitas punya peran yang besar, lho!

 

Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Anak

Serba-Serbi Vitamin C Anak, Mulai Dari Manfaat Sampai Gejala Kekurangannya

Credit Image - review.bukalapak.com

Seperti yang sudah disebutkan bahwa vitamin C merupakan nutrisi yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Untuk itu, ada baiknya kamu memberikan anak asupan yang satu ini dari beragam sumber makanan, sekaligus melengkapinya dengan rutin mengonsumsi suplemen multivitamin secara rutin.

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang mudah ditemukan di berbagai sumber makanan, seperti buah jeruk, berries, kiwi, pepaya, jambu biji, maupun mangga. Atau, kamu pun bisa menemukannya pada berbagai jenis sayur, seperti kale, bayam, kembang kol, brokoli, maupun kubis. Sejumlah sayur dan buah tersebut tentu sering digunakan sebagai bahan menu makanan sehari-hari, kan?

Namun, untuk memudahkanmu – dan tentunya agar pemenuhan vitamin C anak makin maksimal, sangat disarankan untuk mendapat asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen multivitamin – yang punya kandungan lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kinerja jantung, nih.

Kamu disarankan memberi multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang aman diberikan kepada anak setiap harinya.

Multivitamin andalan anak yang satu ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – Nah, Enervon-C Plus Sirup dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak agar ia tidak mudah sakit.

Sejumlah kandungan dalam multivitamin Enervon-C Plus Sirup juga berperan penting untuk ntuk mendukung perkembangan anak, membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, serta membantu pembentukan tulang dan gigi.

Tak perlu khawatir, sebab multivitamin Enervon-C Plus memiliki kandungan rendah gula, serta tersedia dalam bentuk sirup yang cenderung disukai anak, karena rasa yang nikmat – sekaligus mudah dikonsumsi, dibanding dalam bentuk tablet.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C Plus Sirup, kamu bisa dapatkan di official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu!

 

Jadi, itulah serba-serbi soal vitamin C anak, mulai dari manfaat yang bakal diperoleh, tanda kekurangannya, sampai cara memenuhi asupan vitamin yang satu ini. Yuk, moms pastikan vitamin C anak sudah terpenuhi setiap hari agar kesehatannya tetap terjaga!

 

 

Featured Image – momsindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!