5 Alasan Izin Tidak Masuk Kerja yang Paling Sering Digunakan

5 Alasan Izin Tidak Masuk Kerja yang Paling Sering Digunakan

TAGS : Karir tips kerja izin
font size A Ǎ

Memang memiliki komitmen yang besar terhadap pekerjaan yang dilakukan merupakan suatu hal yang baik. Apakah kamu setuju, Enervoners? Meski demikian, sayangnya terkadang ada saja sesuatu yang menghambat proses kerja tersebut, sampai mengharuskan kamu untuk tidak datang ke kantor.

Kalau kondisi tersebut termasuk hal yang darurat – tidak ada salahnya untuk memberikan alasan izin tidak masuk kantor, lho. Tapi, pastikan kamu memberikan alasan yang masuk akal, sehingga diterima dengan baik oleh HRD, ya.

Untuk kamu yang masih bingung, kira-kira apa alasan izin tidak masuk kerja yang sebaiknya diberikan, berikut ini Enervon bakal kasih tahu 5 alasan – yang cukup sering digunakan. Sudah penasaran, sama alasan yang dimaksud?

Yuk, segera simak informasinya di bawah ini!

 

 

#1 – Sakit

5 Alasan Izin Tidak Masuk Kerja yang Paling Sering Digunakan

Credit Image - halodoc.com

Alasan izin tidak masuk kerja pertama yang paling sering digunakan – bahkan, mungkin kamu juga pernah, yaitu sakit. Tak terpungkiri bahwa kesehatan seseorang bisa saja berubah-ubah dalam kurun waktu yang cepat, sehingga tidak mudah diprediksi. Untuk itu, izin maupun cuti sakit termasuk alasan yang paling mudah diterima, lho.

Tetapi, biasanya pihak kantor akan meminta bukti berupa surat keterangan sakit yang diberikan oleh dokter sebagai tanda kalau kamu memang benar-benar sakit – sekaligus membutuhkan waktu istirahat, jadi tidak dapat masuk kantor. Alasan izin tidak masuk kerja ini patut kamu pertimbangkan, ya!

 

#2 – Keadaan Darurat

Selain sakit, kamu juga dapat memberikan alasan izin tidak masuk kerja akibat ada keadaan darurat. Ya, namanya saja sudah kondisi darurat, pasti hal tersebut tidak dapat diprediksi – dan pastinya tak bisa kamu tinggalkan begitu saja, kan?

Keadaan darurat tersebut bisa meliputi banyak hal – dan punya tingkat keseriusan yang bermacam-macam pula. Agar alasan izin tidak masuk kerja tersebut dapat diterima dengan baik, cobalah menyampaikan dan menjelaskan secara detail mengenai keadaan darurat yang dialami kepada pihak kantormu.

 

#3 – Ada Anggota Keluarga yang Meninggal

5 Alasan Izin Tidak Masuk Kerja yang Paling Sering Digunakan

Credit Image - liputan6.com

Kematian salah satu anggota keluarga merupakan alasan izin tidak masuk kerja yang dapat diterima, bahkan cukup sering digunakan. Banyak  Banyak perusahaan akan memiliki kebijakan berkabung yang memungkinkan pekerjanya untuk mengambil cuti beberapa hari dari pekerjaan. Tapi, biasanya ini bergantung pada hubungan dengan keluarga yang meninggal.

Yang terpenting, tetap usahakan untuk menjelaskan kepada pihak kantor mengenai kronologi kejadian, tetapi kalau merasa keberatan untuk menyampaikannya secara rinci – tenang, kamu tak perlu memaksakannya, kok. Cukup berikan berapa hari yang dibutuhkan untuk cuti dari pekerjaan selama masa berkabung tersebut.

 

#4 – Mengalami Masalah Kendaraan atau Kecelakaan

Berikutnya, kamu juga dapat memberikan alasan izin tidak masuk kerja yang satu ini, lho. Apalagi bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi untuk berangkat ke kantor, adanya masalah kendaraan, bahkan sampai kecelakaan merupakan peristiwa yang cukup sering terjadi.

Hal ini merupakan normal jika tiba-tiba kendaraan tidak bisa digunakan di tengah jalan – maupun terjadi suatu kecelakaan. Ini juga termasuk dalam keadaan darurat yang tidak bisa diprediksi, sehingga izin untuk tidak ke kantor tersebut masih terbilang masuk akal.

 

#5 – Adanya Masalah di Rumah

5 Alasan Izin Tidak Masuk Kerja yang Paling Sering Digunakan

Credit Image - pipaplastik.com

Yang terakhir, ada pula alasan izin tidak masuk kerja akibat masalah di rumah. Hal ini pun merupakan alasan yang paling sering digunakan, lho. Pasalnya, terkadang ada saja keadaan – atau masalah rumah yang tiba-tiba terjadi, misalnya pipa meledak, atau hal lain yang dapat menimbulkan masalah kalau tidak langsung diselesaikan.

Maka dari itu, keadaan ini juga termasuk ke dalam keadaan darurat yang mengharuskanmu untuk tetap di rumah dan menyelesaikan masalah tersebut dengan segera. Izin menggunakan alasan masalah di rumah juga masih masuk akal untuk diterima oleh pihak kantor.

Nah, kelima alasan izin tidak masuk kerja tersebut dapat kamu jadikan pertimbangan, sekaligus digunakan ketika memang benar-benar tak bisa pergi ke kantor. Yang pasti agar produktivitasmu semakin terjaga, kamu disarankan agar memenuhi kebutuhan vitamin, salah satunya dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap.

Kamu direkomendasikan mengonsumsi  Enervon Active yang mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah kelima alasan izin tidak masuk kerja yang paling sering digunakan. Lantas, apakah kamu pernah menggunakan salah satu dari alasan di atas?

 

 

Featured Image – shrm.org


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!