Pemula! Ini 6 Tips Olahraga Biar Rutin dan Konsisten

Pemula! Ini 6 Tips Olahraga Biar Rutin dan Konsisten

font size A Ǎ

Olahraga secara rutin memang sudah menjadi bagian dari sebuah gaya hidup. Di zaman sekarang, tak sedikit pula individu yang semakin gencar dalam berolahraga demi menjaga kesehatannya. Namun sayangnya, meluangkan waktu agar tetap konsisten olahraga merupakan hal yang cukup sulit, lho.

Permasalahan tersebut pun sering terjadi kepada seseorang yang baru mencoba aktivitas tersebut. Selain itu, para pemula juga biasanya hanya sanggup melakukan olahraga rutin sampai satu bulan pertama saja. Biasanya, di bulan berikutnya, kegiatan fisik pun mulai berantakan karena berbagai alasan tertentu.

Ingatlah bahwa olahraga tak hanya soal membakar kalori saja, tetapi kegiatan tersebut pun memerlukan pengetahuan, konsistensi, dan disiplin diri yang cukup tinggi. Jadi, bagaimana agar tetap konsisten dalam berolahraga? Nah, Enervon punya 6 tips mudah yang bisa diterapkan.

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Melakukan Persiapan

Pemula! Ini 6 Tips Olahraga Biar Rutin dan Konsisten

Credit Image - chatelaine.com

Hal pertama yang dapat kamu terapkan, yaitu melakukan persiapan secara matang. Berolahraga tanpa persiapan yang matang adalah hal terburuk untuk dilakukan. Bukannya sehat, olahraga tanpa persiapan justru membuat kamu sakit.

Sebagai contoh, ketika kamu berolahraga, perutmu kosong karena kurang asupan dan tubuhmu dehidrasi karena kekurangan air mineral, itu sama saja membuatmu "bunuh diri". Ketika tubuh kekurangan air sebelum berolahraga, bisa membuat tubuhmu mengalami kram otot, penghilatan kabur, atau bahkan pingsan saat berolahraga.

 

#2 – Tentukan Target Kecil Dulu

Saat memulai olahraga rutin, kamu pasti berharap mencapai tujuan tertentu dalam waktu yang cepat. Hal ini bisa berdampak jika kamu memiliki pengetahuan tentang batas kemampuan tubuhmu. Namun, jika kamu belum mengetahui batas kemampuan tubuhmu, menentukan target seperti itu adalah pilihan yang tidak bijak untuk diterapkan.

Misalnya, kalau kamu mengalami kelebihan berat badan dan melakukan lari pagi secara rutin selama seminggu untuk membakar lemak, kamu sudah menargetkan penurunan berat badan beberapa kilogram selama satu bulan ke depan.

Target menang penting, tetapi terlebih dahulu pastikan tubuhmu untuk beradaptasi dengan kegiatan rutin yang baru ini. Setelah tubuh beradaptasi, barulah kamu dapat membuat target-target kecil ketika berolahraga. Dengan target yang kecil, kamu akan menikmati olahraga rutin dan tak terhindar dari stres akibat terbebani oleh target yang begitu besar.

 

#3 – Hindari Zona Nyaman

Pemula! Ini 6 Tips Olahraga Biar Rutin dan Konsisten

Credit Image - banksinarmas.com

Pengulangan pola latihan setiap hari akan membuat tubuhmu nyaman saja, lho. Meski terdengar baik, namun untuk olahraga, kenyamanan merupakan sesuatu yang harus dihindari. Saat kamu berada dalam fase ini, cobalah untuk meningkatkan intensitas latihan yang sesuai dengan batas kemampuan tubuh.

Sebagai contoh, ketika kamu mulai terbiasa untuk lari selama sepuluh menit, kemudian coba tingkatkan menjadi setengah jam secara bertahap agar tubuhmu kembali beradaptasi untuk menambah kebugaran tubuh.

 

#4 – Gunakan Pakaian yang Tepat

Ingatlah bahwa ketika melakukan aktivitas bukanlah tentang kamu menjadi pusat perhatian karena menggunakan pakaian olahraga yang mencolok – atau bahkan bermerek, lho. Namun, ini soal memakai pakaian yang sesuai untuk membantu kamu berolahraga secara efektif dan efisien.

Jika kamu belum punya setelan untuk berolahraga, carilah informasi atau mintalah rujukan kepada seseorang yang mengetahui tentang pakaian apa yang baik untuk jenis olahraga tertentu. Sebagai contoh, ketika kamu lari, cobalah untuk mengenakan sepatu lari agar kakimu nyaman.

 

#5 – Kreativitas Juga Perlu, Lho

Pemula! Ini 6 Tips Olahraga Biar Rutin dan Konsisten

Credit Image - ngobrolin.id

Olahraga yang monoton, sekaligus cenderung tidak berubah dari waktu ke waktu hanya akan membuat kamu cepat merasa bosan saja, ya. Tingkat kejenuhan yang tinggi pun cenderung menyebabkanmu malas berolahraga.

Untuk itu, cobalah cari referensi, tutorial, maupun tempat baru untuk memulai olahraga. Kreativitas dan inovasi sangat diperlukan dalam aktivitas fisik satu ini. Jika kamu melakukan inovasi untuk menggunakan pola latihan yang baru, sebaiknya konsultasikan hal tersebut terlebih dahulu kepada trainer.

 

#6 – Konsumsi Makanan Kaya Akan Nutrisi

Olahraga akan membakar kalori dengan begitu banyak. Hal ini pastinya akan membutuhkan suplai energi dalam jumlah yang tak sedikit. Dengan asupan makanan yang tepat, dapat membuat tubuh menghasilkan energi. Pola makan sehat adalah kunci utama agar dapat merasakan dampak positif dari berolahraga.

Saat berolahraga, pastikan makanan yang tak terlalu berat, tetapi kayak akan nutrisi selalu berada di dekatmu. Minumlah jus buah atau yoghurt ketika kamu mulai lelah. Selesai berolahraga, kamu juga harus memakan makanan tinggi protein untuk memperbaiki kerusakan jaringan otot atau bahkan meningkatkan massa otot.

Nah, agar kegiatan kegiatan olahraga semakin maksimal, pastinya kamu mesti menjaga stamina dan energi tubuh – sehingga, aktivitas fisik bisa dilakukan dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan memenuhi kebutuhan vitamin harian, lho.

Tak hanya dari sumber makanan, vitamin juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu ya!

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Nah, itulah keenam tips yang bisa kamu terapkan agar dapat berolahraga secara rutin. Selamat mencoba, Enervoners!

 

 

Featured Image – axe.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!