Tidur yang Cukup Punya 4 Manfaat Baik, Lho, Apa Saja?

Tidur yang Cukup Punya 4 Manfaat Baik, Lho, Apa Saja?

font size A Ǎ

Mendapatkan waktu istirahat yang cukup memang kebutuhan penting untuk tubuh. Namun, terkadang ada kondisi tertentu yang membuatmu perlu begadang – atau tidur larut malam. Kalau hal tersebut dilakukan sesekali saja, mungkin tak menjadi masalah. Yang penting, hindari menjadikan begadang sebagai suatu kebiasaan, ya.

Kekurangan tidur dapat memicu beragam, dampak buruk bagi kesehatan, termasuk memperlambat proses pemulihan ketika sedang sakit, lho. Begitu sebaliknya, kalau kamu sudah mencukupi waktu tidur, setidaknya ada 4 manfaat utama yang dapat diperoleh.

Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Manfaat Istirahat yang Cukup Buat Kesehatan

Tidur yang Cukup Punya 4 Manfaat Baik, Lho, Apa Saja?

Credit Image - halodoc.com

Apakah kamu masih suka begadang? Yuk, coba hentikan kebiasaan tersebut sesegera mungkin, ya. Kalau waktu istirahat sudah terpenuhi, maka ada tiga manfaat baik yang dapat kamu peroleh, lho. Berikut ini sejumlah dampak baiknya.

1. Menguatkan sistem imun

Hindari menyepelekan jam tidur, karena kalau kurang istirahat, maka kamu rentan terkena berbagai penyakit infeksi. Contohnya, saat merasa kelelahan akibat aktivitas padat dan tidak dibarengi dengan tidur yang cukup. Biasanya jika sudah begitu dalam beberapa waktu kemudian kamu malah kena flu, batuk, atau pilek akibat infeksi.

Hal tersebut bukan sekedar omongan belaka, lho. Bahkan, sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian, salah satunya riset yang diterbitkan pada The Journal of Experimental Medicine.

Dalam riset tersebut, para peneliti telah membuktikan berbagai manfaat istirahat yang cukup, salah satunya mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi penyakit. Dalam penelitian tersebut, tim perisetmenemukan bahwa tidur cukup bisa memperbaiki kinerja sel imun, khususnya sel limfosit T yang berperan dalam melawan infeksi penyakit.

Mekanismenya seperti, ketika sel limfosit T mengenali adanya infeksi penyakit yang masuk ke dalam tubuh, integrin akan diaktifkan. Integrin adalah sejenis protein lengket yang memungkinkan sel limfosit T menempel dan membunuh sel-sel yang terinfeksi.

 

2. Menjaga berat badan

Tahukah kamu bahwa istirahat yang cukup dapat membantu mengendalikan berat badan? Kedua hal tersebut punya kaitan erat, yakni dalam mengendalikan napsu makan. Ketika kamu kurang tidur, produksi hormon ghrelin akan meningkat. Hormon ini bertugas untuk meningkatkan rasa lapar agar Anda makan dan tubuh tidak kekurangan energi.

Sementara itu, hormon leptin – yang bertuga menekan rasa lapar akan menurun produksinya. Itu artinya, kurang tidur bisa membuat kamu makan lebih banyak, terutama pada makanan tinggi kalori.

Tak hanya itu saja, kurang tidur juga bisa menyebabkan tubuh kelelahan. Kondisi ini membuatmu enggan untuk banyak beraktivitas. Kedua efek kurang tidur inilah yang bisa membuat berat badan jadi naik. Jadi, dengan istirahat yang cukup, kamu juga menjaga berat badan tetap ideal.

 

3. Menjaga kesehatan mental

Tidak cukup tidur bisa membuatmu bangun dengan suasana hati yang buruk. Kamu akan mudah tersinggung dan cepat marah. Tidak mengherankan jika kondisi ini terus berlanjut, dapat meningkatkan risiko gangguan suasana hati seperti depresi, bisa terjadi.

Di lain sisi, kurang tidur juga cenderung membuatmu berpikir negatif dan hal ini juga bisa meningkatkan risiko gangguan kecemasan jika terjadi dalam jangka panjang. Oleh karena itulah, sangat penting bagi kamu untuk istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan mental.

 

4. Menurunkan risiko penyakit kronis

Tidak hanya mencegah penyakit mental, tidur cukup juga menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. Pasalnya, kurang tidur mengubah cara tubuh dalam memproses glukosa – atau gula dalam darah yang digunakan sebagai energi.

Kekurangan tidur juga bisa meningkatkan detak jantung, menaikkan tekanan darah, dan meningkatkan bahan kimia tertentu yang menyebabkan peradangan. Kesemua efeknya ini membuat jantung bekerja sangat keras dalam memompa darah dan pada akhirnya kesehatan jantung akan memburuk.

 

Tips Penuhi Waktu Tidur yang Berkualitas

Tidur yang Cukup Punya 4 Manfaat Baik, Lho, Apa Saja?

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas tidur tetap baik, sehingga sistem imun tubuh semakin terjaga. Apa saja? Yang pertama, dianjurkan untuk pergi tidur sebelum pukul 23.00.

Selain itu, direkomendasikan pula untuk bangun sebelum jam 05.00 – atau setidaknya jam 5 pagi tersebut. Dengan cara ini, tubuh pun dapat memperoleh tidur yang cukup, yaitu 7 jam per hari seperti yang sudah dianjurkan berbagai pihak.

Pergi tidur jam 11 malam – dapat membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan mempertahankan fungsi organ secara maksimal. Sementara, bangun sebelum – atau pukul 5 pagi akan memancing nitrit yang membuat pembuluh darah menjadi elastis.

Agar kualitas tidur dapat terjaga dengan baik, jangan lupa untuk memerhatikan asupan makanan, seperti menghindari makan terlalu berat di malam hari, menghindari makanan tinggi gula – yang bisa memicu adrenalin, membatasi asupan kafein, serta tidak makan makanan yang asam maupun pedas.

Namun, kalau mengalami masalah susah tidur – atau disebut juga sebagai insomnia, ada baiknya lakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Mendapatkan paparan sinar matahari – yang dapat memberikan tubuh jam biologis, misalnya memberi kode kapan harus bangun dan pergi tidur. Sinar matahari juga dapat membuat tubuh terasa lebih rileks di malam hari.
  • Kurangi paparan sinar biru dari gadget yang dapat mengganggu siklus tidur.
  • Perhatikan asupan makanan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hindari makan terlalu berat di malam hari, sebab hal ini bisa menyebabkan tubuh lebih sering terbangun.
  • Mandi sebelum tidur.
  • Membuat suasana kamar menjadi lebih nyaman.

 

Pertahankan Kesehatan, Lakukan Pula Kebiasaan Sehat Ini, Ya!

Tidur yang Cukup Punya 4 Manfaat Baik, Lho, Apa Saja?

Credit Image - malbekasi.com

Mendapatkan waktu tidur yang cukup memang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Tetapi, jangan lupakan berbagai kebiasaan sehat lainnya yang juga dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan, ya.

Ada pun berbagai hal lainnya yang juga penting dijadikan sebagai kebiasaan, yaitu mengonsumsi asupan makanan bergizi seimbang, rutin melakukan olahraga, cukupi kebutuhan cairan tubuh, serta mengelola stres dengan baik – pasalnya, stres juga dapat melemahkan kekebalan tubuh.

Selain itu, lengkapi pula hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, maupun zinc. Kombinasi vitamin dan mineral tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Untuk multivitamin yang direkomendasikan, kamu dapat mengonsumsi  Enervon-C atau Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya. Dengan manfaat ini, tubuh pun bisa lebih produktif dalam menjalani rutinitas harian.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C dan Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu!

 

Nah, itulah keempat manfaat baik mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Jadi, pastikan kamu menjalani kebiasaan sehat yang satu ini secara rutin, ya.

 

 

Featured Image – harianhaluan.com

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!