Banyak yang sudah tahu bahwa mengonsumsi makanan berlemak dapat merusak kesehatan. Namun, ada beberapa kebiasaan lain yang tanpa kamu sadari juga dapat merusak kesehatan tubuh.

Apa saja kebiasaan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Terlalu sering menonton TV atau bermain laptop dan handphone

Credit: Lifestyle Kompas

Meski bisa dibilang sebagai kegiatan bersantai, tapi terlalu sering menonton TV atau main laptop dapat merusak kesehatan tubuh. terlalu lama menonton atau menggunakan gadget dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan emboli paru.

2. Terlambat makan

Credit: Medium

Jika kamu beranggapan bahwa menunda makan dapat menurunkan berat badan, hal ini salah. Menunda makan justru akan meningkatkan nafsu makan dan membuat porsi makanmu jadi lebih banyak. Menunda makan juga dapat melambatkan metabolisme sehingga tubuh akan terasa lemas. Selain itu, menunda makan juga bisa menyebabkan asam lambung naik, dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes.

3. Makan di saat tidak lapar

Credit: Liputan6

Memakan camilan terlalu sering akan menimbulkan kelebihan kalori bagi tubuhmu. Kemudian, berat badanmu akan naik dan akhirnya dapat terjadi obesitas. Obesitas dapat meningkatkan penyakit diabetes, stroke, dan berbagai penyakit lainnya.

4. Terlalu lama duduk

Credit: Qerja.com

Menghabiskan waktu lama untuk duduk dapat memperburuk kesehatan tubuhmu, karena hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular. Karena, ketika duduk kamu tidak melakukan aktivitas atau gerak yang bisa membakar kalori dalam jumlah banyak.

5. Begadang

Credit: Beritagar.id

Terjaga pada malam hari kemudian baru tidur di pagi harinya merupakan salah satu kebiasaan yang tidak baik dan bisa merusak kesehatan tubuh. Orang yang begadang cenderung tidak melakukan aktivitas pada keesokan harinya. Selain itu, begadang juga dapat mengganggu waktu makanmu.

6. Menahan marah

Credit: Merdeka

Ketika kamu sedang marah, lebih baik untuk melampiaskannya. Jika dipendam, maka hal ini bisa mengakibatkan stress dan jika kamu meluapkannya ketika amarahmu sudah memuncak, hal ini dapat membahayakan kesehatan. Jika kamu terlalu lama menaham emosi dan mengalami ledakan kemarahan secara tiba- tiba, kamu jadi lebih rentan terhadap penyakit jantung.

7. Meremehkan bahaya polusi udara

Credit: bbc.com

Saat kamu berpergian keluar, terutama melewati jalan raya, terkadang kamu lupa mengenakan masker. Padahal, udara yang sedang kamu hirup saat di jalan, mengandung berbagai macam bahan kimia dan zat yang tidak dikenal. Jika kamu terus menerus melakukan hal ini, maka bisa menimbulkan masalah serius bagi kesehatan tubuh kamu, terutama kesehatan paru- paru dan jantung.

 

Featured Image - Hello Sehat