Daya Tahan Adalah Hal Penting Lho, Ini 4 Latihan Fisik Untuk Meningkatkannya

Daya Tahan Adalah Hal Penting Lho, Ini 4 Latihan Fisik Untuk Meningkatkannya

font size A Ǎ

Mempertahankan energi tubuh agar tidak mudah lelah memang penting dilakukan, salah satunya dengan menjaga daya tahan. Endurance – alias daya tahan adalah faktor penting dalam melakukan aktivitas sehari-hari, lho. Kamu bakal bisa berkegiatan dengan lancar, asalkan tubuh punya daya tahan yang baik.

Sebenarnya, daya tahan adalah istilah yang sering digunakan dalam kebugaran jasmani untuk menyebutkan ketahanan seseorang. Secara umum, hal tersebut merupakan kemampuan organisme untuk mengerahkan dirinya sendiri – dan tetap aktif untuk jangka waktu yang lama.

Daya tahan juga berkaitan dengan ketahanan tubuh, yakni untuk melawan, bertahan, serta pulih dari rasa lelah yang dialami. Jadi, daya tahan adalah kemampuanmu dalam menggerakkan seluruh tubuh dalam waktu yang relatif lama.

Nah, hal yang satu ini dapat kamu pertahankan, sekaligus ditingkatkan dengan melakukan berbagai aktivitas fisik, lho. Penasaran, apa saja latihan yang bisa dilakukan?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini, Enervoners!

 

 

Macam-Macam Endurance

Daya Tahan Adalah Hal Penting Lho, Ini 4 Latihan Fisik Untuk Meningkatkannya

Credit Image - worldsmarathons.com

Seperti yang sudah disebutkan, daya tahan adalah sesuatu yang dapat membantumu dalam melakukan kegiatan sehari-hari, ya. Nah, mengutip dari Sportlyzer, endurance – atau daya tahan pun di bagi menjadi dua macam, yaitu general endurance dan daya tahan spesial, yang juga sering disebut sebagai sprinting endurance.

General endurance merupakan kemampuan seseorang untuk melawan kelelahan yang muncul akibat beban latihan dengan intensitas rendah dan menengah. Semakin baik daya tahan yang satu ini, maka semakin lama pula kamu bisa bertahan lebih lama dalam beraktivitas. Biasanya, para atlet diharuskan memiliki general endurance yang optimal, lho.

Sementara itu, sprinting endurance – atau daya tahan spesial adalah kemampuan seseorang untuk melawan lelah akibat beban latihan dengan intensitas maksimal. Sama seperti jenis daya tahan lainnya, endurance ini juga penting dimiliki oleh atlet.

 

Jenis Latihan Fisik Untuk Meningkatkan Daya Tahan

Daya Tahan Adalah Hal Penting Lho, Ini 4 Latihan Fisik Untuk Meningkatkannya

Credit Image - republika.co.id

Memang, daya tahan adalah hal yang penting, sehingga kamu mampu menjalani aktivitas dengan lancar. Hal ini pun juga dapat menjaga energi agar tidak mudah lelah, lho. Biar daya tahan makin maksimal, kamu bisa melakukan berbagai latihan fisik untuk meningkatkannya.

Ada pun latihan fisik yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Latihan otot

Latihan fisik untuk meningkatkan daya tahan pertama yang bisa dilakukan adalah latihan otot. Contoh aktivitas fisik tersebut pun bermacam-macam, mulai dari push-up, sit-up, plank, dan squat. Sejumlah gerakan ini dapat kamu lakukan di rumah secara teratur, ya.

 

2. Jogging atau lari

Kedua, ada pula jenis olahraga ringan seperti jogging – maupun lari selama 15 sampai 30 menit. Latihan singkat ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, lho. Sementara itu, lari jarak jauh dengan tempo lambat bermanfaat untuk menjaga kebugaran kardiovaskular, serta membantu meningkatkan daya tahan.

Misalnya, kamu bisa berlari dengan jarak 2,4 kilometer yang dapat meningkatkan daya tahan. Namun, biar hasilnya maksimal, pastikan latihan ini dilakukan secara rutin!

 

3. Bersepeda

Tak bisa dipungkiri, bersepeda merupakan salah satu aktivitas fisik yang tengah menjadi tren. dapun, bersepeda sangat baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Bersepeda memiliki manfaat untuk melatih otot kaki. Selain itu, bersepeda juga bisa melatih stamina dan kekuatan jantung.

 

4. Aerobik

Dan, kamu juga dapat meningkatkan daya tahan dengan melakukan latihan aerobik, lho. Senam aerobik dengan intensitas tinggi berguna untuk melatih otot jantung dan stamina. Sebab, saat melakukan gerakan senam aerobik, hampir semua otot tubuh ikut bergerak.

 

Maksimalkan Energi Tubuh, Penuhi Kebutuhan Vitamin B kompleks!

Daya Tahan Adalah Hal Penting Lho, Ini 4 Latihan Fisik Untuk Meningkatkannya

Credit Image - republika.co.id

Perlu diketahui bahwa vitamin B kompleks merupakan salah satu vitamin yang berperan penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Sejumlah jenis vitamin B kompleks – berfungsi untuk memproses karbohidrat, kemudian memecahnya menjadi glukosa dan diubah menjadi energi untuk tubuh.

Lalu, bagaimana caranya memenuhi kebutuhan vitamin tersebut? Vitamin B kompleks dapat diperoleh dari sumber makanan, seperti daging sapi, susu dan produk olahannya, telur, bayam, tempe, sayuran berdaun hijau, kerang, dan hati.

Selain dari makanan, vitamin B kompleks juga bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C – yang mengandung Vitamin C, Vitamin B kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk optimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi bagi tubuh.

Dan, pastinya kandungan Vitamin C dalam Enervon-C dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit ya.

Konsumsi Enervon-C baik dalam bentuk tablet – yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat berikan perlindungan ekstra.

Untuk kamu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk bantu menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah – dan tentunya, dapat bantu mengoptimalkan sistem imun.

Untuk mendapatkan sejumlah produk Enervon, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Selain itu, multivitamin Enervon juga bisa didapatkan di drug store maupun apotek terdekat di daerahmu.

 

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa daya tahan adalah hal yang penting untuk dijaga, sekaligus ditingkatkan, ya. Mulai sekarang, yuk rajin lakukan latihan fisik yang direkomendasikan agar energi tubuh tetap terjaga – dan pastinya kamu jadi tak gampang lelah!

 

 

Featured Image – on-running.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!