3 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Akibat Corona, Wajib Diketahui!

3 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Akibat Corona, Wajib Diketahui!

font size A Ǎ

Sepertinya hampir setiap individu pernah mengalami masalah hidung tersumbat. Rupanya kondisi tersebut pun turut dialami oleh pasien Covid-19 – bukan hanya disebabkan oleh pilek atau flu saja, lho. Lalu, bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat yang disebabkan oleh infeksi virus corona?

Diketahui, virus yang satu ini dapat menyebabkan beragam jenis gejala, termasuk hidung tersumbat yang disertai dengan batuk kering. Hal tersebut pastinya menyebabkan rasa tidak nyaman, ya. Tapi, ada sejumlah cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa kamu lakukan di rumah dalam waktu singkat, lho.

Secara alami, cara mengatasi hidung tersumbat bisa dilakukan dengan meminum banyak air dan banyak beristirahat. Selain itu, masih ada tiga cara praktis lainnya yang dapat kamu terapkan. Apa saja?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Akibat Corona

3 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Akibat Corona, Wajib Diketahui!

Credit Image - kumparan.com

Setidaknya ada tiga cara sederhana untuk mengatasi keluhan hidung tersumbat akibat paparan virus, berikut ini di antaranya:

1. Menghirup uap

Cara mengatasi hidung tersumbat akibat Covid-19 yang bisa dilakukan, yaitu menghirup uap. Cara melakukannya pun terbilang mudah, lho. Cukup mengisi sebuah mangkuk – atau bisa juga baskom dengan air panas, kemudian posisikan wajahmu di atas wadah tersebut.

Nah, rasa hangat dan kelembapan dari air panas dapat membantu menenangkan selaput, serta membantu lendir mengalir lebih baik. Kamu juga dapat menambahkan minyak chamomile dan peppermint ke dalam campuran air panas, ya.

 

2. Kompres hangat

Berikutnya, menggunakan kompres hangat juga termasuk cara mengatasi hidung tersumbat karena virus corona – yang sederhana, namun tetap ampuh, lho. Handuk hangat yang dikompreskan ke wajah akan membantu meredakan pembengkakan dan peradangan yang disebabkan oleh hidung tersumbat.

Selain itu, cara yang satu ini juga dapat membantu menjaga selaput lendir tetap lembab – nantinya, hal tersebut akan membuat pernapasan berfungsi lebih baik. Untuk melakukannya, cukup rendam handuk atau kain dalam air hangat – peras, kemudian tempelkan ke wajah.

 

3. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

Cara mengatasi hidung tersumbat karena Covid-19 yang juga bisa dilakukan, yakni mengubah posisi tidurmu. Tidur dalam posisi kepala lebih tinggi akan membantu melegakan lubang hidung, serta sinus yang tersumbat, ya.

Pasalnya, tidur dalam posisi sejajar dengan bahu justru bisa membuat kondisi hidung tersumbat semakin memburuk. Bahkan, hal ini juga bisa menyebabkan lendir bertumpuk semalaman.

 

Penyebab Hidung Tersumbat Selain Infeksi Covid-19

3 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Akibat Corona, Wajib Diketahui!

Credit Image - health.kompas.com

Nah, seperti yang sudah disebutkan bahwa hidung tersumbat tidak hanya bisa disebabkan oleh infeksi virus corona saja, lho. Namun, masih ada beragam faktor lainnya yang dapat mengakibatkan kondisi yang satu ini.

Sebenarnya, hidung tersumbat dapat disebabkan oleh apa saja yang membuat iritasi atau peradangan pada jaringan hidung. Ketika hidung mengalami peradangan, sistem saraf akan tersangsang, sehingga katup pembuluh darah terbuka. Hal ini akhirnya menyebabkan pembengkakan di saluran hidung, kemudian membuatmu jadi sulit bernapas.

Selain infeksi Covid-19, hidung tersumbat juga dapat disebabkan oleh batuk pilek – atau disebut juga sebagai common cold yang sekilas punya gejala mirip dengan flu. Kemudian, hidung mampet pun bisa disebabkan oleh alergi, sinusitis, sampai rhinitis non-alergi.

Cara mengatasi hidung tersumbat yang paling baik, yakni tetap memerhatikan penyebabnya, kemudian lakukan tindakan secara tepat, ya.

 

Hindari Masalah Hidung Tersumbat, Lakukan Hal Ini

3 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Akibat Corona, Wajib Diketahui!

Credit Image - antaranews.com

Untuk menghindari masalah hidung tersumbat, pastikan kamu terus menerapkan gaya hidup bersih dan sehat yang dapat menjaga kesehatan tubuh, termasuk mempertahankan sistem kekebalan. Kalau sudah diterapkan, maka imunitas semakin kuat, dan pastinya kamu bakal terhindar dari risiko terserang berbagai macam penyakit, sehingga masalah hidung tersumbat tidak dialami.

Langkah sederhana yang dapat kamu lakukan dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat, yaitu rutin mencuci tangan, tetap menggunakan masker ketika bepergian – terutama di masa pandemi, menerapkan jaga jarak fisik, lakukan etika batuk dan bersin, serta tetap jaga kebersihan toilet – yang bisa saja menjadi sumber penyakit!

Selain itu, kamu juga sangat dianjurkan untuk memiliki pola makan sehat bergizi seimbang, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan jangan lupa selalu rutin konsumsi suplemen vitamin C – yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat proses pemulihan ketika sakit, lho.

Untuk suplemen multivitamin, kamu direkomendasikan untuk meminum Enervon-C dan Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Wah, itulah cara mengatasi hidung tersumbat akibat infeksi Covid-19 yang bisa dilakukan. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – shopee.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!