5 Manfaat Berpikir Kritis Dalam Dunia Kerja, Wajib Tahu!

5 Manfaat Berpikir Kritis Dalam Dunia Kerja, Wajib Tahu!

font size A Ǎ

Mampu berpikir kritis dalam menyikapi berbagai kondisi di dunia kerja, termasuk soal masalah dan tantangan pekerjaan memang menjadi hal yang penting, lho. Tak percaya? Kemampuan yang satu ini kerap kali dianggap sepele, namun nyatanya bisa membantu jenjang karir.

Ketika dituntut untuk berpikir kritis, berarti kamu diharuskan untuk bisa menganalisis sebuah topik, maupun permasalahan secara objektif. Dengan demikian, hasil yang bakal kamu peroleh pun sudah didasari oleh fakta yang ada.

Nah, berbicara soal berpikir kritis yang dapat membantumu dalam dunia kerja, setidaknya ada 5 manfaat yang wajib diketahui. Sudah penasaran apa saja dampak baik yang dapat diperoleh dari kemampuan ini?

Pastikan kamu menyimak ulasannya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Menguatkan Kerja Tim

5 Manfaat Berpikir Kritis Dalam Dunia Kerja, Wajib Tahu!

Credit Image - eatbgroup.com

Berpikir kritis merupakan budaya di setiap lapisan kerja, bukan diterapkan oleh top management saja. Bayangkan jika perusahaan dengan ratusan bahkan ribuan karyawan dipimpin oleh direksi yang berpikir praktis tapi tidak didukung dengan karyawan yang punya gaya berpikir serupa – tentu tidak akan ada hasil maksimal yang dicapai perusahaan dalam penjualan atau produksi yang dilakukan, ya?

Semakin banyak orang yang berpikir kritis dalam sebuah tim kerja, maka kemungkinan tim tersebut berfungsi efektif akan semakin besar, lho. Intinya, cobalah belajar agar pemikiran kritismu bisa menguntungkan tim, bukan malah menjadikan permasalahan.

Salah satu cara yang bisa diterapkan agar berpikir kritis berjalan dengan baik, yaitu mengumpulkan dahulu informasi sebanyak-banyaknya agar kamu punya alasan kuat ketika menyampaikan pemikiran tersebut.

 

#2 – Membuka Kesempatan Bekerja Sama

Seseorang yang punya pola berpikir kritis biasanya akan memperhatikan detail – serta relevansi antara satu hal dengan lainnya. Setuju, kan? Inilah yang menyebabkan pemikir kritis akan berhubungan dengan banyak orang di kantornya, karena ada banyak pihak dengan tanggung jawab yang berbeda-beda.

Contohnya, seperti bagian finance yang tidak akan mungkin lepas dari semua divisi lainnya di perusahaan terkait dengan pembayaran segala bentuk tagihan. Jika kamu terbiasa berpikir kritis, dengan segala keterbatasan waktu dan deadline pembayaran yang juga banyak sudah seharusnya, kamu akan lebih sering berbicara dengan tim finance untuk memastikan proses pembayaran tersebut tidak mandek di tengah jalan.

Jadi, berpikir kritis akan mengatarkanmu ke level kerja sama yang dewasa, bukan lagi berdasarkan suka – atau tidak suka!

 

#3 – Produk yang Dihasilkan Pun Berkualitas

5 Manfaat Berpikir Kritis Dalam Dunia Kerja, Wajib Tahu!

Credit Image - intouch-quality.com

Orang yang punya pola berpikir kritis juga dibutuhkan dalam memeriksa, serta memastikan kembali hasil akhir sebuah produk – sebelum akhirnya dijual di pasaran, baik itu barang siap pakai, kebijakan, bahkan laporan sekalipun.

Sebagai contoh, kalau kamu punya usaha online shop, diperlukan kemampuan berpikir kritis untuk melihat lagi desain baju yang akan kamu produksi sudah sesuai dengan target pasar atau masih perlu riset lagi dengan selera para pembeli.

Begitu juga di kantor, dalam membuat laporan, pastinya kamu mesti lebih teliti lagi sebelum akhirnya diserahkan ke pimpinan. Yang penting, kamu hanya perlu membiasakan diri untuk mau mau double check – lalu, bayangkan juga kalau kamu jadi orang yang diberikan hasil kerja tersebut, akankah kamu puas atau malah kecewa? Nah, pikirkan baik-baik hal tersebut, ya.

 

#4 – Membuatmu Lebih Produktif

Generasi muda memang diharapkan menjadi sosok yang lebih produktif – dan juga peka dengan situasi di sekelilingnya. Kalau kamu sudah punya pola berpikir kritis, maka akan ada banyak hal yang bisa dieksplor, termasuk kesempatan dan momen yang dapat diubah menjadi sebuah keuntungan.

Seperti bisnis startup yang sedang ramai di Indonesia pun merupakan hasil pola pikir anak muda yang mau menciptakan lapangan kerja sendiri ditambah lagi dengan ide dan inovasi, lho. Faktanya, ide di luar yang umum inilah yang menghasilkan keuntungan dan membuka banyak pintu peluang buat anak muda berkarya.

 

#5 – Memecahkan Masalah Dengan Baik

5 Manfaat Berpikir Kritis Dalam Dunia Kerja, Wajib Tahu!

Credit Image - bookboon.com

Manfaat utama dari berpikir kritis dapat membantumu dalam menghadapi konflik kerja, serta menyelesaikannya dengan baik. Perlu diketahui, kamu akan lebih sulit menyelesaikan suatu permasalahan kalau tak bisa membangun komunikasi dengan rekan kerja, ya. Lewat komunikasi, cara berpikir kritis pun bakal tersampaika ke pihak lainnya, sehingga bisa menemukan solusi dari masalah.

Syarat untuk bisa berpikir kritis di tengah masalah kerja, yakni mengesampingkan ego, sehingga kamu juga bisa berpikir dengan jernih untuk tiap keputusan yang diambil. Secara bisnis, kamu memang harus berpikir kritis untuk keuntungan perusahaan, tapi jangan sampai merusak hubungan dengan kolega atau rekan satu tim. Maka berpikir kritis juga harus diimbangi kebijaksaan dalam diri agar bisa memecah kebuntuan masalah.

Wah, berpikir kritis memang punya beragam manfaat baik dalam dunia kerja, dan pastinya bakal menunjang jenjang karirmu, ya. Namun, yang tak boleh dilupakan, pastikan kamu sudah punya energi yang cukup dalam melakukan kegiatan tersebut, ya.

Biar kamu makin aktif dan produktif, direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang punya berbagai kandungan vitamin lengkap – dan pastinya baik untuk kesehatan tubuhmu.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Bagaimana, nih? Dari penjelasan di atas, kemampuan berpikir kritis di tempat kerja punya beragam manfaat yang baik, lho. Untuk itu, yuk segera tingkatkan pola pikir tersebut!

 

 

Featured Image – amprojectpartners.com.au


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!