Setiap orang pasti punya cara sendiri untuk meningkatkan motivasi dalam pekerjaan yang ia lakukan. Meskipun, tidak mudah untuk membuat diri termotivasi, namun sebenarnya banyak hal yang bisa meningkatkan motivasi kerja kamu.

Apa saja hal yang dapat meningkatkan motivasi kerjamu? Berikut penjelasannya.

1. Imbalan tidak boleh selalu dijadikan patokan

Credit: bp-guide.id

Dalam banyak kasus, imbalan atau reward seringkali dijadikan motivasi untuk melakukan berbagai macam pekerjaan. Karena nantinya setiap pekerjaan yang kamu lakukan harus didasarkan oleh imbalan.

Imbalan merupakan hal yang cukup efektif untuk meningkatkan motivasi kerja seseorang. Tetapi, hal tersebut tidak baik untuk dijadikan alasan dalam setiap motivasimu. Jangan sampai kamu ketergantungan dengan suatu imbalan tertentu, karena ini tidak akan membuat dirimu berkembang.

2. Coba untuk menantang diri kamu

Credit: Hipwee

Tantangan bisa jadi salah satu hal yang dapat meningkatkan motivasimu dalam bekerja. Saat kamu menghadapi sebuah tugas yang mudah dan sudah pernah kamu kerjakan berulang kali, kamu tidak akan menemukan kesulitan saat melakukannya. Bila kamu tidak menemukan rintangan apapun dalam pekerjaanmu, cobalah untuk keluar dari zona nyaman dan temukan motivasi baru agar kamu bisa mendapatkan pengalaman serta hasil baru, yang mungkin akan kamu sukai nantinya.

3. Jangan hanya membayangkan kesuksesan saja

Credit: Okezone Ekonomi

Terlalu sering membayangkan tentang kesuksesan di masa depan justru cenderung menghasilkan pencapaian yang buruk. Hal ini disebabkan karena secara tidak sadar, kamu telah mengeluarkan segala energi yang ada ketika kamu membayangkan apa yang ada didapatkan nantinya. Sehingga kamu tidak memiliki energi untuk memikirkan cara bagaimana kamu dapat mencapai target.

Daripada kamu sibuk membayangkan kesuksesan di masa depan, sebaiknya gunakan waktu, tenaga, dan pikiranmu untuk menyusun strategi serta membuat rencana untuk mencapai target yang kamu inginkan.

4. Fokus pada proses, jangan terlalu terpaku pada hasil yang didapatkan

Credit: Wolipop

Seseorang yang terlalu fokus hanya pada targetnya, tanpa memikirkan bagaimana proses yang baik, justru cenderung memiliki pemikiran yang sempit. Mereka biasanya tidak bisa berkembang untuk menemukan cara- cara baru dalam mencapai target yang ingin dicapai. Dan pada akhirnya, hal ini bisa menimbulkan kegagalan.

Sebaiknya, hindari memiliki pemikiran yang seperti ini. Kamu bisa mempelajari bagaimana mencapai suatu target. Dan dengan begitu, kamu juga bisa mengetahui mana cara yang lebih baik serta efektif untuk mewujudkan impianmu.

 

Featured Image - Redbooth