Catat! Ini 6 Manfaat Vitamin B12, Bantu Tingkatkan Imun dan Metabolisme

Catat! Ini 6 Manfaat Vitamin B12, Bantu Tingkatkan Imun dan Metabolisme

Agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik, maka diperlukan beragam asupan vitamin dan mineral yang cukup. Pastinya, kamu pun sudah mengetahui hal tersebut, kan? Nah, salah satu vitamin yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, yaitu vitamin B12.

Vitamin B12 merupakan termasuk dalam kelompok vitamin B kompkeks yang asupannya bisa diperoleh dari beragam sumber makanan – maupun suplemen. Jangan salah, manfaat vitamin yang satu juga beragam, lho.

Manfaat vitamin B12 dapat dirasakan untuk mendukung fungsi normal sel saraf, produksi sel darah merah, sampai pembentukan DNA. Lebih dari itu, masih ada 6 manfaat vitamin B12 lainnya yang perlu diketahui.

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

 

 

#1 – Menambah Energi Tubuh

Catat! Ini 6 Manfaat Vitamin B12, Bantu Tingkatkan Imun dan Metabolisme

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Manfaat vitamin B12 yang paling utama, yaitu berperan untuk meningkatkan energi tubuh. Dikenal juga sebagai sebutan kobalamin, vitamin yang satu ini memang tak memberikan energi secara langsung, namun sangat diperlukan dalam proses pembentukan energi dari karbohidrat. Berkaitan dengan manfaat vitamin ini, salah satu ciri utama kekurangan kobalamin adalah tubuh gampang lemas dan kurang tenaga.

Agar manfaat vitamin yang satu ini semakin terasa, kamu juga dapat mengonsumsi suplemen multivitamin yang mengandung vitamin B12, lho. Dengan demikian, kamu akan mengalami peningkatan energi yang cukup signifikan.

 

#2 – Dapat Mencegah Anemia

Tubuh juga memerlukan vitamin B12 untuk memaksimalkan proses pembentukan sel darah merah yang sehat, nih. Ketika kekurangan asupan kobalamin, sel darah merah yang semestinya berbentuk bundar dan kecil justru menjadi lonjong dan besar – alias tidak normal.

Nantinya, sel darah merah dengan bentuk tersebut tidak bisa memasuki aliran darah dalam jumlah yang tepat. Dampaknya, kamu akan mengalami kondisi anemia megaloblastik – yang bisa ditandai dengan gejala berupa lesu, kulit pucat, dan lunglai.

 

#3 – Menjaga Kesehatan Jantung

Catat! Ini 6 Manfaat Vitamin B12, Bantu Tingkatkan Imun dan Metabolisme

Credit Image - suara.com

Manfaat vitamin B12 berikutnya yang perlu diketahui adalah membantu melindungi kesehatan jantung dengan mengurangi jumlah homosisten – yang merupakan asam amino penting, namun kalau dimiliki dalam jumlah yang besar, homosisten justru bakal meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, lho.

Beberapa penelitian pun menyebutkan bahwa vitamin B12 dapat membantu mengontrol kolestrol dan tekanan darah tinggi. Selain itu, asupan kobalamin yang cukup diyakni bisa membantu mengurangi risiko penumpukan plak dalam pembuluh darah.

 

#4 – Mengurangi Risiko Osteoprosis

Diketahui, tulang akan selalu mengalami siklus perombakan dan pembentukan kembali. Jika laju perombakan lebih cepat daripada pembentukan, tulang lambat laun akan kehilangan massanya. Dengan kata lain, tulang menjadi rapuh karena kepadatannya berkurang.

Nah, manfaat vitamin B12 dalam hal ini dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis. Menurut ahli, proses perombakan tulang menjadi lebih cepat pada orang yang kekurangan asupan kobalamin. Untuk itu, kamu Anda perlu memenuhi kebutuhan vitamin ini agar tulang tidak mudah rapuh dan mencegah osteoporosis.

 

#5 – Menurunkan Kemungkinan Demensia

Catat! Ini 6 Manfaat Vitamin B12, Bantu Tingkatkan Imun dan Metabolisme

Credit Image - cnnindonesia.com

Vitamin B12 merupakan salah satu jenis nutrisi yang penting dalam menjaga kesehatan saraf. Namun nyatanya, lebih dari hal itu, manfaat vitamin B12 dapat mencegah terjadinya penyusutan otak akibat kematian sel saraf. Semakin sehat, banyak, dan kuat koneksi antarsel saraf otak, semakin rendah pula risiko kamu mengalami kehilangan ingatan akibat demensia.

Sebuah penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition juga menunjukkan bahwa kurangnya asupan vitamin B12 bisa memperburuk memori. Sebaliknya, asupan kobalamin yang cukup dapat meningkatkan kemampuan ingatan seseorang.

 

#6 – Meringankan Gejala Depresi

Yang terakhir, manfaat vitamin B12 juga dapat membantu proses pembentukan serotonin – yakni, zat kimia dalam otak untuk menstabilkan emosi serta memberikan rasa bahagia. Inilah sebabnya seseorang yang kekurangan vitamin B12 cenderung mengalami mood swing, bahkan lebih rentah mengalami depresi, lho.

Menurut penelitian lainnya, konsumsi obat antidepresan diiringi suplemen vitamin yang mengandung kobalamin juga lebih ampuh meringankan gejala depresi dibandingkan pengobatan yang hanya menggunakan obat antidepresan saja.

Kini, kamu sudah mengenali beragam manfaat vitamin B12 yang dapat mendukung fungsi tubuh, ya. Untuk itu, sudah saatnya kamu memenuhi kebutuhan vitamin yang satu ini secara rutin. Nah, kamu bisa mendapat asupan vitamin B12 dari sumber makanan, maupun mengonsumsi multivitamin, lho.

Untuk makanan, vitamin B12 bisa ditemukan pada daging merah, telur, susu, atau kacang-kacangan. Pastinya, sejumlah sumber makanan tersebut mudah ditemukan, kan?

Sementara itu, buat kamu yang ingin mendapat asupan vitamin B12 melalui konsumsi suplemen multivitamin, direkomendasikan untuk minum Enervon-C atau Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu, nih.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya, lho.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Jadi, bagaimana? Dari penjelasan di atas memang ada banyak manfaat vitamin B12 yang bisa kamu peroleh, asalkan sudah rutin mendapat asupan nutrisi tersebut, ya. Yuk, pastikan kamu sudah rajin mengonsumsi makanan kaya akan kobalamin – dan maksimalkan dengan mengonsumsi multivitamin dari Enervon setiap hari!

 

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!