5 Cara Melamar Kerja Bagi Fresh Graduate, Yuk Dicoba!

5 Cara Melamar Kerja Bagi Fresh Graduate, Yuk Dicoba!

font size A Ǎ

Apakah kamu seorang fresh graduate yang tengah mencari pekerjaan? Wah, kalau begitu, cara melamar kerja yang satu ini tak boleh dilewatkan, ya. Tak bisa dipungkiri, salah satu kesulitan yang kerap dialami lulusan baru, yaitu saat melamar pekerjaan mengingat masih kurangnya pengalaman untuk bersaing di dunia kerja.

Namun kamu tidak boleh putus asa dahulu, masih ada berbagai cara melamar kerja buat fresh graduate yang bisa dilakukan, lho. Pun sekarang ini sudah banyak sekali perusahaan yang menawarkan lowongan kerja buat lulusan baru – atau entry-level.

Dilansir dari PopBela, berikut ini 5 cara melamar kerja buat para lulusan baru yang patut kamu pertimbangkan. Pastikan kamu menyimak informasinya sampai habis, Enervoners!

 

 

1. Punya Blog Pribadi? Sertakan Dalam Lamaranmu

5 Cara Melamar Kerja Bagi Fresh Graduate, Yuk Dicoba!

Credit Image - us.newschant.com

Cara melamar kerja buat fresh graduate yang pertama, yaitu menyertakan blog pribadi dalam surat lamaran kerja. Apalagi, kalau kamu suka menulis, jangan biarkan kemampuan ini hanya diketahui oleh kamu saja, ya.

Blog pribadi yang menunjukkan minat dan kepribadianmu akan memberikan nilai tambah di mata perusahaan. Terutama jika posisi yang kamu inginkan berhubungan dengan blog tersebut. Entah itu kemampuan membuat dan mengolah konten, entah konten dalam blog itu sendiri, seperti menulis tentang ilmu perkuliahanmu di kampus.

Adanya blog pribadi juga menunjukkan kalau kamu memiliki aktivitas di luar dari perkuliahanmu sendiri. Kamu memanfaatkan waktu senggang untuk mengisi konten dan mengurusnya. Namun kalau belum punya, tidak ada kata terlambat untuk memulainya, kok. Kamu bisa memulainya dari sekarang!

 

2. Mempelajari Deskripsi Pekerjaan

Cara melamar kerja lainnya yang bisa diterapkan adalah memelajari bidang pekerjaan yang akan kamu lamar. Karena, ketika sudah mampu memahami deskripsi pekerjaan serta kebutuhan perusahaan, kamu dapat membuat coverletter dan resume yang dapat meyakinkan perusahaan untuk menerimamu.

Misalnya, jika perusahaan menulis mencari seseorang yang "tahu cara membaca dan mengolah data analitik", kamu akan berusaha menyampaikan kemampuan tersebut dalam setiap dokumen lamaran kerja yang dikirimkan. Bahkan, jika tak memiliki pengalaman 1-5 tahun magang di bidang yang sama, perusahaan akan tahu kalau kamu memiliki kemampuan yang mereka cari.

 

3. Memanfaatkan Networking

5 Cara Melamar Kerja Bagi Fresh Graduate, Yuk Dicoba!

Credit Image - ekrut.com

Menggunakan jalinan pertemanan – atau networking juga termasuk salah satu cara melamar kerja ampuh buat kamu para fresh graduate, lho. Mungkin kamu punya teman yang telah bekerja di perusahaan incaranmu, atau masih menjaga komunikasi dengan atasan di tempat magang sebelumnya.

Nah, tidak ada salahnya untuk menghubungi mereka dan meminta rekomendasi terhadap CV-mu sehingga perusahaan itu mau mempertimbangkan lamaran kerjamu. Perlu diketahui, rekomendasi dari  atasan, teman, atau dosen kampus sangat membantu dalam mendapatkan pekerjaan, Bela. Karena perusahaan selalu mendengarkan rekomendasi dan memprioritaskannya di antara lamaran lainnya.

Namun, pastikan kamu meminta tolong dengan teman – maupun kerabat dengan cara yang sopan, ya!

 

4. Buat Cover Letter Terlihat Menarik

Mudahnya, anggaplah cover letter sebagai versi panjang – dan juga lengkap dari resume kamu yang menjabarkan pengalaman profesional selama beberapa tahun belakang. Dalam surat ini, kamu bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai hal-hal yang kamu cantumkan di CV.

Nantinya, perusahaan akan mempertimbangkan kesempatan jika merasa kamu cocok dengan posisi yang ditawarkan. Jadi, pastikan membuat dan mengemas cover letter dengan kreatif serta menarik. Kamu bahkan bisa membuatnya dengan format yang berbeda, seperti menjadi presentasi atau video. Ini bisa menjadi nilai tambah, lho.

Untuk itu, pastikan kamu selalu menerapkan cara melamar kerja yang satu ini!

 

5. Kelola Sosial Media Dengan Baik

5 Cara Melamar Kerja Bagi Fresh Graduate, Yuk Dicoba!

Credit Image - accurate.id

Yang tidak boleh dilupakan, mengelola sosial media juga termasuk cara melamar kerja yang patut diterapkan, lho. Seiring berkembangnya zaman akan ada banyak HRD perusahaan yang akan mencari profil pelamar kerja dengan melihat sosial medianya. Pastinya, kamu pun sudah tahu mengenai hal ini, ya?

Tak berhenti sampai mencari saja, namun perusahaan juga mempertimbangkan mempertimbangkan kepribadian pelamar kerja dengan melirik media sosial pribadi. Jadi, pastikan kamu mengelola media sosialmu dengan baik. Jika memungkinkan, amati dan ikuti gaya media sosial perusahaan yang diincar. Dengan begitu, kamu terlihat seakan sesuai dengan sosok yang perusahaan cari.

Untuk fresh graduate yang sedang mencari kerja, segera coba sejumlah cara melamar kerja di atas, ya. Tapi, biar tubuh tetap kuat – dan pastinya bertenaga ketika mencari pekerjaan, kamu juga disarankan untuk tetap menjaga kesehatan. Kamu tak ingin proses mencari kerja jadi terhambat akibat tubuh yang kurang fit, kan?

Agar hal itu tidak terjadi, kamu juga disarankan untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active, nih. Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Bagaimana? Itulah kelima cara melamar kerja yang bisa diterapkan buat kamu para lulusan baru. Selamat mencoba, ya!

 

 

Featured Image – jobstreet.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!