Banyak yang mengatakan bahwa keju merupakan sumber kalsium yang baik dan mengandung banyak protein. Selain itu, keju juga memiliki sejumlah vitamin dan mineral penting.

Anak- anak cenderung memilih dan lebih menyukai makanan yang berasa gurih. Salah satu solusinya adalah membuat camilan sehat dengan memperhatikan kandungan nutrisi dan juga memiliki rasa gurih pada makanan tersebut. Penggunaan keju sebagai bahan dasar makanan terbilang baik untuk pertumbuhan anak. Berikut 5 manfaat keju yang penting dalam proses tumbuh kembang anak:

1. Menunjang perkembangan otak anak

Credit: Nakita,grid

Produk susu seperti keju bisa menjadi sumber antioksidan yang baik untuk anak. Sifat antioksidan ini penting untuk kesehatan otak dalam mencegah degenerasi. Selain itu, keju juga mengandung lemak baik seperti omega-3 yang berguna untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

2. Menunjang pertumbuhan anak

Credit: Klikdokter

Banyak orangtua yang mengkhawatirkan anaknya menjadi gemuk jika mengonsumsi keju. Padahal, keju mengandung lemak baik seperti asam lemak omega-3 dan asam linoleat, sehingga tidak menyebabkan kegemukan atau obesitas. Selama keju dikonsumsi dengan porsi yang seimbang, lemak pada makanan ini tidak akan berpotensi meningkatkan risiko anak menjadi obesitas atau menimbulkan gangguan kesehatan lainnya.

3. Memperkuat tulang dan gigi anak

Credit: Klikdokter

Sudah sering dikatakan bahwa kalsium merupakan kandungan yang penting bagi anak dalam membantu pertumbuhan tulangnya. Oleh karenanya, keju atau produk susu lainnya adalah sumber mineral terbaik.

Keju mengandung banyak kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan anak untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Selain itu, keju juga mengandung magnesium, potassium, fosfor, dan juga zat besi yang dapat mencegah risiko osteoporosis serta menguatkan otot tubuh anak.

4. Pencegah stress

Credit: Tribunnews

Jika anak kekurangan kandungan gizi, kemungkinan dapat menyebabkan pertumbuhannya tidak optimal dan suplai gizi yang diperlukan tubuh pun menjadi tidak cukup. Hal ini bisa mengakibatkan stress pada usia dini. Kamu dapat memberikan anak keju yang mengandung tryptophan, yaitu senyawa alami yang mampu meningkatkan kualitas tidur dan meminimalkan stress pada anak.

5. Sumber energi anak

Credit: Parents.com

Penelitian menyebutkan bahwa keju diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak. Bakteri baik dalam keju mampu meningkatkan kesehatan usus untuk melawan infeksi.

Kamu bisa memberikan satu lembar roti tawar yang disajikan dengan keju untuk anak. Makanan ini ternyata mengandung banyak kalori dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan energi anak setiap hatinya. Saat anak memiliki energi yang cukup, maka ia bisa menjalani harinya dengan semangat dan jadi tidak mudah lemas saat beraktivitas.

Itulah kelima manfaat keju untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Dengan mengetahui manfaat keju terutama untuk anak, kamu sekarang bisa membuat kreasi makanan berbahan dasar keju, yang dapat membantu meningkatkan selera makan si kecil.

 

Featured Image - Medium