Olahraga Termasuk Cara Menjaga Imunitas Tubuh yang Penting, Kok Bisa?

Olahraga Termasuk Cara Menjaga Imunitas Tubuh yang Penting, Kok Bisa?

font size A Ǎ

Memang, sudah bukan rahasia kalau salah satu cara menjaga imunitas tubuh yang sangat direkomendasikan, yaitu rutin melakukan aktivitas fisik – alias berolahraga. Kalau kamu rutin melakukan kebiasaan tersebut, maka kesehatan jantung meningkat, tekanan darah akan stabil, mengontrol berat badan, sekaligus melindungimu dari berbagai macam penyakit.

Selain menjaga pola makan yang sehat, olahraga berkontribusi besar dalam kesehatan yang baik, sehingga membuat sistem kekebalan lebih kuat. Kegiatan ini juga berperan dalam meningkatkan sirkulasi yang baik, kemudian memungkinkan sel – dan zat dari sistem kekebalan untuk bergerak melalui tubuh dengan bebas, sehingga bisa melakukan tugasnya secara efisien.

Lantas, apa kaitan cara menjaga imunitas tubuh dengan rajin berolahraga? Dan, apa saja jenis aktivitas fisik yang dapat membantu meningkatkannya?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

 

Kaitan Olahraga dan Imunitas Tubuh

Olahraga Termasuk Cara Menjaga Imunitas Tubuh yang Penting, Kok Bisa?

Credit Image - nationalgeographic.grid.id

Selama pandemi, bahkan ketika kamu lebih sering di rumah saja, namun otoritas kesehatan, seperti seperti Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan World Health Organization (WHO), masih mendorong semua orang untuk olahraga teratur.

Bukan hanya dapat meningkatkan kesehatan mental, namun menurut studi yang dilakukan di tahun 2019 – dan dipublikasikan dalam Journal of Sport and Health Science, menemukan bahwa olahraga merupakan salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh, menurunkan risiko penyakit, dan mengurangi peradangan.

Biasanya seseorang hanya memiliki sejumlah kecil sel kekebalan yang beredar di seluruh tubuh. Sel-sel itu lebih suka berkumpul di jaringan dan organ limfoid, seperti limfa – yang merupakan tempat tubuh membunuh virus, bakteri, dan mikroorganisme lain yang menyebabkan penyakit.

Karena olahraga dapat meningkatkan aliran darah dan getah bening ketika otot berkontraksi, serta meningkatkan sel kekebalan – nantinya hal ini akan membuatnya menjelajah tubuh dengan kecepatan lebih tinggi, sekaligus jumlah yang lebih besar pula.

Secara khusus, olahraga membantu merekrut sel kekebalan yang sangat terspesialisasi, seperti sel pembunuh alami dan sel T dalam menemukan patogen, termasuk virus, lalu menghapusnya. Selain itu, seseorang yang berjalan cepat selama 45 menit saja mampu mengalami peningkatan sel kekebalan yang bekerja di sekitar tubuh, hingga tiga jam setelah berjalan. 

Memang, tubuh bisa mendapatkan respons langsung dari sistem kekebalan ketika berolahraga, tetapi untuk mempertahankan hal tersebut, pastikan kamu berolahraga secara konsisten, ya!

 

Jenis Olahraga Untuk Tingkatkan Kekebalan

Olahraga Termasuk Cara Menjaga Imunitas Tubuh yang Penting, Kok Bisa?

Credit Image - alodokter.com

Kalau kamu sudah mengetahui mengapa olahraga disebut sebagai salah satu cara menjaga imunitas tubuh, kini kamu perlu melakukan sejumlah aktivitas fisik yang diklaim dapat membantu meningkatkannya.

Sebagian besar penelitian mengamati aktivitas aerobik, misalnya berjalan kaki, berlari, maupun bersepeda. Untuk memperoleh manfaatnya, kamu bisa meningkatkan kecepatan sedikit demi sedikit, terutama ketika melakukan olahraga jalan kaki, ya.

Cara tersebut cukup mampu menstimulasi sel kekebalan masuk ke dalam sirkulasi. Untuk bentuk olahraga lainnya, usahakan untuk mencapai sekitar 60 persen dari VO2max atau sekitar 70 persen dari detak jantung maksimal. Salah satu jenis olahraga lain yang cukup baik untuk tingkatkan kekebalan tubuh adalah latihan interval intensitas tinggi – atau disebut sebagai HIIT.

Nah, meski dibilang sehat – dan termasuk cara meningkatkan imunitas tubuh, tetapi hindari olahraga berlebihan, ya. Pasalnya, hal tersebut justru dapat mengganggu kesehatan, lho. Mendorong diri sendiri terlalu keras untuk waktu yang terlalu lama saat berolahraga sebenarnya dapat menempatkan kamu pada risiko infeksi yang lebih tinggi.

Intinya, olahraga ringan dapat meningkatkan kekebalan, tetapi jangan sampai berlebihan!

 

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Lainnya, Juga Perlu Diterapkan!

Olahraga Termasuk Cara Menjaga Imunitas Tubuh yang Penting, Kok Bisa?

Credit Image - halodoc.com

Rajin berolahraga memang merupakan kegiatan yang penting diterapkan guna menjaga sistem kekebalan tubuh. Tetapi, jangan lupakan berbagai kebiasaan sehat lainnya yang juga dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan, ya.

Ada pun berbagai hal lainnya yang juga penting dijadikan sebagai kebiasaan, yaitu mengonsumsi asupan makanan bergizi seimbang, memperoleh waktu istirahat yang berkualitas, cukupi kebutuhan cairan tubuh, serta mengelola stres dengan baik – pasalnya, stres juga dapat melemahkan kekebalan tubuh.

Selain itu, lengkapi pula hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, maupun zinc. Kombinasi vitamin dan mineral tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Untuk multivitamin yang direkomendasikan, kamu dapat mengonsumsi  Enervon-C atau Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya. Dengan manfaat ini, tubuh pun bisa lebih produktif dalam menjalani rutinitas harian.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C dan Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu!

 

Bisa disimpulkan bahwa olahraga merupakan salah satu cara menjaga imunitas tubuh yang penting diterapkan secara rutin. Namun, pastikan kamu sudah menjalani kebiasaan sehat lainnya agar kesehatan semakin terjaga dengan maksimal.

 

 

Featured Image – health.detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!