Pneumonia, atau yang lebih dikenal sebagai paru-paru basah merupakan salah satu kondisi kesehatan yang termasuk penyakit serius. Tak boleh disepelekan, penyakit tersebut dapat mendatangkan risiko buruk, hingga kematian, lho.

Kondisi pneumonia terjadi ketika alveoli – atau kantung udara paru-paru meradang ketika dipenuhi cairan. Umumnya, pneumonia sering diderita oleh balita, bahkan terbilang cukup sulit untuk disembuhkan.

Adapun gejala yang ditimbulkan, yaitu batuk-batuk, demam, sakit di bagian dada, hingga napas yang terasa sesak. Ketika indikasi pneumonia dialami, tentunya harus ditangani dengan prosedur medis, serta pengobatan tepat dari petugas kesehatan.

Meski demikian, ada beberapa cara alami yang dapat membantu meredakan gejala pneumonia. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Kumur Air Garam

Credit Image - halodoc.com

Cara pertama yang bisa membantu meredakan gejala pneumonia, yaitu berkumur dengan air garam. Hal ini pun bisa meredakan batuk berdahak yang disebabkan oleh penyakit tersebut, lho. Untuk melakukannya, kamu cukup mencampurkan seperempat atau setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

Setelah tercampur, gunakan air tersebut untuk berkumur minimal 30 detik lalu keluarkan. Pastikan cairan tersebut mengenai dinding tenggorokanmu, ya.  Dengan begitu, lendir yang menumpuk lebih mudah untuk keluar. Kamu bisa melakukan cara ini minimal tiga kali sehari.

 

#2 – Konsumsi Madu dan Lemon

Berikutnya, mengurangi gejala pneumonia pun bisa dilakukan dengan mengonsumsi madu dan lemon. Sudah pasti, kedua bahan tersebut mudah ditemukan, ya? Untuk membuatnya, cukup campurkan madu dan lemon ke dalam air hangat. Singkatnya, campuran keduanya ampuh dalam meredakan batuk.

Dilansir Mayo Clinic, madu mengandung dextromethorphan yang berfungsi mengurangi intensitas gejala tersebut. Nah, begitu pula dengan lemon yang memiliki efek yang sama. Jadi, cara yang satu ini perlu dicoba, ya!

 

#3 – Jika Merasa Sakit di Bagian Dada, Konsumsi Kunyit dan Jahe

Credit Image - jawapos.com

Diketahui, pneumonia dapat menimbulkan gejala rasa sakit di bagian dada. Ini merupakan kondisi yang dapat membuat pasien merasa tidak nyaman, bahkan sampai sulit tidur. Untuk itu, penting bagimu buat mengetahui cara meredakannya.

Dilansir Medical News Today, baik jahe maupun kunyit, keduanya sama-sama dilengkapi dengan sifat antiinflamasi. Jadi bahan herbal tersebut dapat meredakan sakit dan nyeri yang dirasakan. Cukup campurkan jahe atau kunyit dengan teh hangat. Agar rasa tidak terlalu menyengat, kamu bisa menambahkan madu.

 

#4 – Kalau Demam, Perbanyak Minum Air Hangat Ya

Selain rasa nyeri di bagian dada, demam juga termasuk salah satu gejala yang kerap dialami penderita pneumonia. Ketika mengalami kondisi tersebut, pastikan memperbanyak konsumsi air hangat, sehingga risiko dehidrasi dapat dihindari.

Sebab, cairan mampu mengatur suhu tubuh, memerangi virus dan bakteri, serta mencegah dehidrasi yang sering terjadi ketika demam. Namun jika sulit meminum air, kamu bisa mengonsumsi sup hangat sebagai alternatifnya.

 

#5 – Konsumsi Teh Juga Bisa Membantu

Credit Image - healthline.com

Terdapat berbagai teh herbal yang bisa meredakan batuk karena pneumonia. Contohnya teh peppermint dan eukaliptus. Dilansir Healthline, keduanya bisa berperan sebagai dekongestan dan memecahkan lendir yang menyangkut. 

Untuk mengonsumsinya, cukup seduh teh peppermint atau teh biasa dengan daun min di air panas. Selain itu, kamu juga bisa menghirup uapnya, sehingga lendir di area hidung bisa melunak – dan akhirnya keluar.

Sejumlah hal di atas memang dapat membantu mengatasi pneumonia, ya. Namun, alangkah baiknya kalau kamu memang mencegah penyakit yang satu ini sejak awal, lho. Mencegah lebih baik dibanding harus mengobati, benar, kan?

Untuk menjaga kesehatan paru-paru, kamu direkomendasikan rutin mendapat asupan vitamin C yang berperan penting dalam menghindari risiko pneumonia, termasuk yang disebabkan oleh virus corona. Selain itu, fungsi vitamin C juga diyakini dapat mencegah – dan mengendalikan gejala asma. Wah, pastikan kamu sudah rutin mendapat asupan vitamin ini agar manfaatnya dapat dirasakan, ya.

Selain itu, kamu juga disarankan memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks yang juga tidak kalah pentingnya dalam menjaga kesehatan organ paru-paru, nih. Ini berkaitan dengan vitamin B9 – atau asam folat yang dapat membantu melindungi paru-paru dari berbagai penyakit, seperti emfisema, bronkitis kronis, beberapa bentuk asma, dan juga pneumonia – termasuk yang disebabkan oleh virus corona.

Lalu, ada pula fungsi vitamin B6 yang juga sering dikaitkan dengan perannya untuk membantu fungsi paru-paru menjadi lebih baik secara keseluruhan, sekaligus memberikan perlindungan sehingga risiko kanker paru bisa diminimalisir.

Nah, kedua asupan vitamin tersebut bisa diperoleh dari rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C maupun Enervon Active yang punya kandungan lengkap.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra – terutama buatmu yang harus bekerja di luar rumah.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Yang pasti, fungsi vitamin dalam kedua multivitamin tersebut bakal membantu menjaga kesehatan paru-paru kamu. Jadi, tak perlu ragu untuk mengonsumsi suplemen Enervon Active, ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah kelima cara yang dapat membantu meredakan gejala pneumonia, termasuk akibat Covid-19 yang dapat dilakukan di rumah!

 

 

Featured Image – honestdocs.id

Source – idntimes.com