Deretan Tips Meningkatkan Kreativitas di Dunia Kerja, Diterapkan Yuk!

Deretan Tips Meningkatkan Kreativitas di Dunia Kerja, Diterapkan Yuk!

font size A Ǎ

Belakangan waktu terakhir, apakah kamu merasa kreativitas tengah menurun? Tak perlu berkecil hati, hal tersebut wajar saja dialami, apalagi kalau sedang stres – atau terlalu lelah terhadap pekerjaan yang kamu jalani.

Memang, tidak bisa dipungkiri, setiap karyawan dituntut agar dapat berpikir kreatif dalam dunia kerja. Menjadi sosok dengan kreativitas tinggi dapat membuat kamu melihat sesuatu dari kacamata – atau perspektif yang berbeda, lho.

Namun sebenarnya, apa itu kreatif? Hal ini dapat dikatakan sebagai beberapa bentuk, termasuk ide yang merupakan hasil dari suatu pemikiran, kemudian dapat membantu menciptakan solusi dari sebuah masalah yang sedang terjadi.

Nah, kalau dirimu tengah mengalami penurunan kreativitas, jangan berkecil hati dahulu, ya. Sebab, ada 5 tips yang dapat membantu meningkatkannya kembali, nih. Yuk, simak informasinya berikut ini!

 

 

1. Selalu Ingin Tahu

Deretan Tips Meningkatkan Kreativitas di Dunia Kerja, Diterapkan Yuk!

Credit Image - tribunnews.com

Buat kamu yang punya sikap ‘kepo’ – alias suka ingin tahu, ternyata sikap ini tidak selalu buruk, lho. Justru, selalu ingin tahu akan menstimulasi kerja otak untuk selalu berimajinasi dan bekerja mencari hal-hal baru yang menarik.

Dengan stimulasi yang diberikan, otak akan fokus untuk mengeksplorasi sesuatu dari sudut pandang yang berbeda sehingga kamu tidak hanya kreatif, tapi juga dapat meningkatkan problem solving skill. Nah, untuk itu, cobalah gunakan rasa ingin tahu tersebut untuk mengeksplor mengapa suatu hal dapat terjadi, bagaimana cara kerja sesuatu hal, atau sebab-akibat yang ditimbulkan.

Selain itu, hindari merasa sungkan untuk bertanya, karena pertanyaan-pertanyaan yang kamu lontarkan, semakin juga jawaban-jawaban yang akan membentuk sudut pandang baru. Ada banyak sumber yang dapat meningkatkan kreativitas selama kamu selalu ingin tahu, seperti banyak membaca buku, menonton film, browsing internet, sampai kursus sekalipun!

 

2. Hindari Perasaan Takut Gagal

Mengerjakan sesuatu tanpa ingin mencoba dengan alasan ‘aman’ ternyata tidak berdampak baik dengan kreativitas. Mengulang pekerjaan yang bersifat templates secara tidak langsung kamu menyuruh otak untuk bekerja dengan pola yang sama – dan akhirnya membuat otak malas berpikir dan mengeksplorasi hal baru.

Jangan takut untuk mencoba hal baru, lalu buang semua rasa takut untuk gagal, ya. Ingatlah, kegagalan merupakan pelajaran yang berharga, lho. Tanpa adanya gagal, kamu tidak akan pernah belajar dari pengalaman, justru kamu akan stagnan.

Konsep trial and error atau learning by doing bisa kamu terapkan saat kamu bekerja khususnya jika kamu adalah seorang pekerja kreatif yang membutuhkan ide-ide segar. Meningkatkan kreativitas bisa didapatkan dari berbagai sumber termasuk sebuah kegagalan.

 

3. Membangun Emosi Positif

Deretan Tips Meningkatkan Kreativitas di Dunia Kerja, Diterapkan Yuk!

Credit Image - hot.liputan6.com

Setiap orang memiliki emosi di dalam dirinya, namun emosi tidak harus melulu soal kemarahan yang berapi-api, kok. Masih ada bentuk emosi positif yang dapat berupa rasa syukur, kasih sayang, suka cita, dan inspirasi.

Emosi positif inilah yang dapat membangun kapasitas kamu untuk melihat segala kemungkinan-kemungkinan yang terjadi, sekaligus juga meningkatkan kreativitas kita dalam berpikir. Emosi tersebut dapat dibangun dari hubungan bersama teman-teman, melakukan kebaikan, serta bergaul dalam lingkungan yang baik, ya.

Atau, kamu dapat melakukan kegiatan yang membuat dirimu enjoy, seperti melakukan hobi, atau kegiatan relaksasi. Nah, kalau kamu sudah merasa senang, otak pun bakal lebih kreatif, kan?

 

4. Biasakan Untuk Mencatat

Sudahkah kamu membiasakan untuk mencatat semua yang ada dipikiranmu? Hal-hal kecil tersebut bisa menjadi sebuah inspirasi untuk mengasah kreativitasmu ke depannya, lho. Jadi, jangan sampai setiap hal menarik justru terlewatkan begitu saja – dan terbuang sia-sia.

Untuk yang masih suka untuk menulis di kertas, sudah saatnya kamu membeli planner ataupun notepad mini yang bisa dibawa kemana-mana. Jika kamu ingin lebih ringkes, mencatat di smartphone pun juga tidak masalah, kok.

Menulis catatan ini tidak hanya sekadar menulis yang kamu temukan saja, kamu juga bisa mencatat pemikiran random yang muncul secara tiba-tiba. Ide random yang muncul bisa menjadi sesuatu yang berharga ke depannya!

 

5. Tidur Sekejap

Deretan Tips Meningkatkan Kreativitas di Dunia Kerja, Diterapkan Yuk!

Credit Image - usatoday.com

Pernah merasakan mumet di kantor dan akhirnya tidak dapat berpikir jernih? Tenang, kamu bisa mengatasinya dengan memejamkan mata sejekap – alias power nap. Kegiatan ini punya manfaat baik, seperti memberikan tenaga dan menyegarkan pikiran, sehingga kamu bisa bekerja lebih maksimal.

Power nap dipercaya dapat meningkatkan kreativitas karena saat tidur otak akan menghapus ingatan-ingatan lama yang dianggap tidak begitu penting. Jadi, saat bangun otak kita memiliki ruang kosong untuk diisi dengan ide-ide baru yang mungkin saja belum terpikirkan sebelumnya.

Untuk memaksimalkan peningkatan kreativitas, kamu juga dianjurkan mengonsumsi asupan vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga stamina tubuh, lho. Kalau stamina sudah terjaga, pastinya berbagai pekerjaan pun bakal lebih mudah dilakukan, ya?

Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tersebut, kamu direkomendasikan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active, nih.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah kelima tips mudah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kreativitas di dunia kerja. Selamat mencoba, Enervoners!

 

 

Featured Image – qubisa.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!