5 Kesalahan Dalam Membuat Resume, Yuk Dihindari Ya!

5 Kesalahan Dalam Membuat Resume, Yuk Dihindari Ya!

font size A Ǎ

Tak bisa dipungkiri, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apakah kamu setuju? Dalam hal ini, ada beragam cara melamar kerja yang perlu diperhatikan, termasuk kesalahan ketika menulis surat lamaran – atau resume.

Sayangnya, kebanyakan surat lamaran kerja yang kamu kirimkan mungkin sering gagal menggaet perhatian para rekruter, nih. Dalam hal ini, kamu kurang berhasil meninggalkan kesan yang baik di mata perusahaan yang dituju tersebut.

Padahal, cara melamar kerja juga berkaitan erat dengan surat lamaran, lho. Nah, biar kamu dapat berhasil mencari – sekaligus melamar pekerjaan, ada 5 kesalahan yang perlu dihindari dalam membuat surat lamaran kerja. Apa saja?

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Melupakan Beberapa Aspek Penting

5 Kesalahan Dalam Membuat Resume, Yuk Dihindari Ya!

Credit Image - roberthalf.com

Ketika pertama kali menulis surat lamaran kerja, pastinya kamu akan mengikuti contoh yang sudah ada, kan? Sebetulnya, hal tersebut tidaklah salah, kok. Namun, kebanyakan contoh surat lamaran hanya terfokus pada tata cara penulisannya yang benar.

Hasilnya, kamu pun kerap melakukan kesalahan yang cukup sepele, yakni melupakan berbagai aspek penting yang sebenarnya harus dicantumkan dalam surat lamaran kerja. Menurut Indeed, biasanya banyak yang lupa menuliskan tanggal pembuatan surat, informasi pribadi, hingga penjelasan pengalaman kerja.

Nah, semua hal di atas sifatnya penting untuk diketahui rekruter agar mereka bisa menilai kepribadian dan kualitas kerjamu. Jadi, pastikan kamu sudah menerapkan cara melamar kerja yang satu ini, ya.

 

2. Kesalahan Dalam Deskripsi Kemampuan

Merasa takut dianggap sombong atau pamer kemampuan merupakan sebuah hal yang sangat wajar, lho. Tetapi, jangan sampai cara kamu menerangkan kemampuan diri di surat lamaran kerja terlihat ragu-ragu.

Pasalnya, penjelasan mengenai kemampuan yang kamu miliki mesti dibentuk se-kuat mungkin agar rekruter pun dapat melihatmu sebagai seorang profesional – dengan skill mumpuni dan rasa kepercayaan diri.

Di sisi lainnya, kesalahan yang ditemukan dalam surat lamaran kerja adalah penjelasan kemampuan diri yang ditulis secara berlebihan. Hal ini akan membuatmu terlihat sombong atau bahkan seperti mengarang di mata rekruter.

Menurut Top Resume, sesungguhnya kemampuan kamu akan dinilai ketika wawancara kerja – maupun tes kemampuan bukan berdasarkan penjelasan dalam surat lamaran kerja.

 

3. Penulisan Kurang Rapi

5 Kesalahan Dalam Membuat Resume, Yuk Dihindari Ya!

Credit Image - content.mycareersfuture.gov.sg

Dalam cara melamar kerja yang baik, penulisan kurang rapi dalam surat lamaran kerja akan memberikanmu kesan yang buruk, baik kamu melamar pekerjaan sebagai jurnalisme, akuntansi, maupun pekerjaan di bidang lainnya.

Mungkin kesalahan ini terlihat sepele, ya? Akan tetapi, menurut Top Universities, penulisan yang kurang rapi, seperti typo hanya akan membuatmu terkesan sebagai seseorang yang ceroboh dan tidak teliti, lho. Untuk itu, usai menulis surat lamaran kerja, jangan lupa untuk periksa hasil draft untuk menemukan kesalahan penulisan.

Agar lebih yakin, kamu juga bisa meminta bantuan orang terdekat untuk memeriksa hasil surat lamaranmu.

 

4. Surat Lamaran Kerja yang Sama Untuk Semua Jenis Pekerjaan

Siapa di sini yang masih sering mengirimkan surat lamaran yang sama buat semua jenis pekerjaan? Wah, kesalahan dalam cara melamar kerja yang satu ini mesti segera kamu hentikan, ya. Sejatinya, saat kamu hendak melamar pekerjaan yang berbeda, surat lamaran kerja yang dikirim sebaiknya sudah disesuaikan. Artinya, kamu harus punya satu lamaran kerja untuk satu lowongan kerja.

Mengutip laman Career One, hal ini penting dilakukan karena surat lamaran seharusnya menampilkan kemampuanmu yang sesuai dengan lowongan kerja. Sebagai contoh, penjelasan dalam surat lamaran content writer dan copywriter seharusnya berbeda.

Dalam surat lamaran content writer, kamu bisa jelaskan kemampuan riset dan SEO yang andal. Sementara, dalam surat lamaran copywriter, terangkan kemampuan penulisan kreatif kamu yang cukup tinggi.

Hal tersebut tak hanya membuatmu lebih unggul dibanding pelamar lainnya, namun penjelasan kemampuan yang spesifik juga akan menemparkan surat lamaran kerja di folder prioritas rekruter.

 

5. Terlihat Seakan Mengemis Juga Mesti Dihindari!

5 Kesalahan Dalam Membuat Resume, Yuk Dihindari Ya!

Credit Image - businessnewsdaily.com

Banyak alasan seseorang membutuhkan pekerjaan. Mungkin, saat ini kamu merasa bertanggung jawab untuk ikut menafkahi keluargamu – atau beragam alasan lainnya. Namun, penting sekali agar tidak terlihat mengemis dalam surat lamaran kerja. Pasalnya, penulisan yang seakan terlalu mengemis takkan membantu untuk mendapatkan posisi yang diincar, lho.

Sebaliknya, justru akan timbul dibenak rekruter bahwa kamu tidak serius dengan posisi yang dilamar tersebut. Oleh karena itu, hindari kesalahan membuat surat lamaran kerja yang sifatnya terlalu mengemis.

Yang seharusnya kamu lakukan adalah untuk menunjukkan kepada rekruter bahwa kamu semangat dan tertarik dengan posisi di perusahaan tersebut, seperti mencantumkan portofolio, sampaikan ucapan terima kasih secara tertulis atas waktu rekruter, dan jelaskan mengapa kamu merupakan kandidat yang cocok untuk posisi tersebut.

Nah, menghindari deretan kesalahan di atas dalam cara melamar kerja memang penting untuk kamu terapkan, ya. Tak hanya itu, agar proses mencari pekerjaan dapat berjalan dengan maksimal, pastikan juga kamu sudah memiliki energi yang cukup.

Kamu tak ingin proses mencari kerja jadi terhambat akibat tubuh yang kurang fit, kan?

Agar hal itu tidak terjadi, kamu juga disarankan untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active, nih. Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah kelima kesalahan dalam cara melamar kerja yang berkaitan dengan penulisan surat lamaran kerja – maupun CV. Jangan lupa untuk hindari sejumlah hal di atas, Enervoners!

 

 

Featured Image – debt.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!