5 Peran Ayah Dalam Keluarga yang Berkaitan Dengan Mendidik Anak

5 Peran Ayah Dalam Keluarga yang Berkaitan Dengan Mendidik Anak

font size A Ǎ

Tahukah kamu bahwa selama empat dekade, ratusan studi sudah membuktikan bahwa peran ayah dalam keluarga tak kalah pentingnya dengan sosok ibu. Hal ini pun juga menyangkut perannya dalam mendidik Si Kecil, lho.

Bisa dikatakan bahwa semakin terlibat sang ayah dalam proses perkembangan anak, maka semakin tinggi pula kemungkinan anak untuk sukses di masa mendatang. Perlu diketahui, peran ayah dalam keluarga juga berkaitan dengan kehidupan sosial, nilai akademis, hingga masa depan anak.

Lantas, apa saja sih peran ayah dalam keluarga yang berhubungan dengan pendidikan Si Kecil? Berikut ini 5 di antaranya yang mesti moms diketahui. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

#1 – Memengaruhi Kesuksesan Anak

5 Peran Ayah Dalam Keluarga yang Berkaitan Dengan Mendidik Anak

Credit Image - klikdokter.com

Pertama, peran ayah dalam keluarga yang berkaitan dengan pendidikan anak memiliki hubungan erat terhadap kesuksesan Si Kecil di masa mendatang, lho. Mengapa demikian?

Di sekolah, anak-anak yang ayahnya terlibat dalam perkembangannya, memiliki nilai akademis yang baik dan tidak tinggal kelas. Anak-anak tersebut juga memiliki perilaku yang baik di sekolah dan jarang mengalami depresi.

Father Involvement Research Alliance, institusi yang menggalakan keterlibatan ayah saat membesarkan anak, menemukan fakta bahwa anak perempuan yang dekat dengan ayahnya memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Sementara, anak laki-laki menjadi lebih terarah. Anak pun bisa memiliki pendidikan yang tinggi dan sukses pada kariernya.

 

#2 – Menjadi Teman Bermain

Selanjutnya, peran ayah dalam keluarga juga berhubungan sebagai teman bermain anak. Seorang psikolog Ross Parke menemukan fakta bahwa ayah lebih sering melakukan permainan fisik – yang umumnya ditandai dengan rasa semangat serta kegembiraan.

Menurut U.S Children’s Bureau, dengan interaksi ini, anak belajar mengatur perasaan dan tingkah laku Si Kecil. Sebagai contoh, bermain dengan ayah mengajarkan anak untuk menghadapi impuls agresif dan kontak fisik tanpa kehilangan kendali atas emosinya.

 

#3 – Mengajari Berani Dalam Mengambil Risiko

5 Peran Ayah Dalam Keluarga yang Berkaitan Dengan Mendidik Anak

Credit Image - yoursay.suara.com

Biasanya, para ibu cenderung khawatir mengenai keamanan, sekaligus kesejahteraan sang buah hatinya. Apakah kamu setuju moms? Nah, dalam hal ini peran ayah dalam keluarga justru dapat menyemangati anak agar berani mengambil risiko, lho.

Penelitian yang dilakukan oleh psikolog Daniel Paquette menemukan fakta bahwa para ayah senang jika anaknya berani menghadapi tantangan, mendorong anaknya untuk berbicara dengan orang asing dan meminta buah hati untuk menyelam lebih dalam saat pelajaran renang.

 

#4 – Melindungi Si Kecil

Tak bisa dipungkiri, peran ayah dalam keluarga ini cukup penting, ya. Ayah cenderung memiliki kemampuan yang lebih baik dalam melindungi anak, baik dari lingkungan yang buruk, maupun pergaulan yang kurang sehat.

Ketika ayah terlibat dalam perkembangan anaknya sejak usia dini, maka sang ayah pun bisa memantau apa yang terjadi pada kehidupan anak. Hal ini termasuk interaksi Si Kecil dengan sebaya maupun orang dewasa.

 

#5 – Mendisiplinkan Anak

5 Peran Ayah Dalam Keluarga yang Berkaitan Dengan Mendidik Anak

Credit Image - liputan6.com

Lalu, ada pula peran ayah dalam keluarga yang berkaitan dengan mendidik kedisiplinan anak. Tentunya, hal ini penting diterapkan sejak Si Kecil berusia dini – dan belajar disiplin pun dikenal sebagai sesuatu hal yang akan membantunya meraih kesuksesan di masa mendatang.

Dalam buku Partnership Parenting, Drs. Kyle Pruett dan Marsha Kline Pruett menuliskan bahwa ayah cenderung menerapkan disiplin yang lebih tegas dibanding ibu, meskipun terkadang hal tersebut meninggalkan kesan kalau ayah lebih berkuasa, namun hal ini bisa bermanfaat baik untuk Si Kecil.

Tak bisa dipungkiri, peran ayah dalam keluarga memang sangat penting, termasuk dalam pendidikan Si Kecil, ya. Namun, agar pertumbuhan Si Kecil makin maksimal, pastikan pula moms sudah memberikan asupan vitamin yang cukup.

Selain dari buah dan sayuran, kebutuhan vitamin juga dapat dipenuhi dengan memberikan multivitamin anak yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak, lho. Selain itu, Enervon-C Plus Sirup juga dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C Plus Sirup, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, bagaimana? Sekarang moms sudah memahami ya beragam peran ayah dalam keluarga yang berkaitan dengan pendidikan Si Kecil. Memang, dalam kehidupan berumah tangga, baik ayah maupun ibu punya peran yang sama pentingnya dalam proses pertumbuhan sang buah hati.

 

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!