Saat ini banyak sekali orang yang bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan dan menghabiskan waktu mereka untuk bekerja seharian penuh. Namun, terkadang tidak semua orang menyukai rutinitas seperti ini, ditambah lagi jika pendapatan terbatas setiap bulannya. Sehingga, sebagian orang banyak yang mencari kesibukan lain di luar pekerjaan utama mereka, salah satunya dengan kerja atau berbisnis sampingan.

Ada beberapa alasan mengapa memiliki kerja sampingan sangat menguntungkan untuk dilakukan. Berikut penjelasannya.

1. Melakukan apa yang disukai

Credit: Independent.co.uk

Memiliki pekerjaan atau bisnis sampingan memungkinkan kamu untuk melakukan hal yang disukai. Kamu bisa memulai dari hobi kamu sendiri seperti membangun bisnis makanan ringan atau kuliner, mendesain brosur, atau pekerjaan yang lainnya. Saat kamu melakukan hal yang disukai, maka kamu tidak akan melihat pekerjaan ini sebagai hal yang membosankan. Karena, kamu melakukannya dengan senang hati.

2. Memiliki potensi untuk bertemu orang baru

Credit: Timelesstime.co.uk

Jika kamu bekerja di kantor, maka orang yang akan kamu akan menemui orang yang sama setiap harinya. Kamu juga akan melakukan hal yang sama juga. Hal ini sangat berbeda saat kamu memiliki pekerjaan sampingan, dimana kamu bisa bertemu dengan pelanggan baru, supplier baru, maupun klien baru. Dengan begitu, kamu dapat semakin mengasa kemampuan social serta komunikasi.

3. Membuat lebih Bahagia

Credit: Dreamstime.com

Masalah keuangan merupakan salah satu tekanan besar yang dialami oleh sebagian besar orang. Jumlah pendapatan yang terbatas membuat kamu terkadang kesulitan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Memiliki kerja sampingan memungkinkan kamu untuk menghasilkan uang ekstra setiap bulan. Kelebihan uang tersebut bisa kamu gunakan untuk hal- hal yang bermanfaat dan menyenangkan seperti berinvestasi, pergi liburan dengan keluarga, dan lain sebagainya.

4. Dapat mengasah keterampilan kamu

Credit: Dissolve.com

Alasan paling jelas dan bisa memberikan manfaat saat melakukan kerja sampingan adalah adanya kesempatan untuk mengasah keterampilan. Hal yang jarang disadari adalah bisa saja keterampilan yang dikembangkan dari kerja sampingan ini bisa mendukung pekerjaan utama kamu.

5. Memperluas jaringan yang dimiliki

Credit: Cosmopolitan

Ketika kamu memiliki kerja atau bisnis sampingan, ini berarti kamu memiliki kesempatan untuk bertemu dengan orang baru di luar lingkungan pekerjaan utama. Jaringan yang luas akan bermanfaat untuk membantu kamu mengembangkan karir serta pekerjaanmu di masa depan. Selain itu, kamu juga tidak akan kesulitan untuk mendapatkan bantuan saat terjadi masalah.

6. Mendapatkan uang ekstra setiap bulan

Credit: Forbes.com

Meskipun sudah ada upah minimum yang telah ditetapkan, tetapi masih ada beberapa perusahaan yang memberikan bayaran jauh di bawah pendapatan minimum tersebut. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi kualitas hidup yang didapatkan. Dengan adanya kerja sampingan, maka kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan setiap bulannya. Selain itu, pekerjaan sampingan yang kamu jalani bisa memberikan perlindungan, jika nanti kamu kehilangan pekerjaan utama suatu saat.

 

Featured Image - Koin Works