masa pertumbuhan. Ketika Si Kecil berusia satu tahun, ada beragam vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh – dan pastinya perlu dipenuhi dengan baik, moms.

Asupan vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh anak usia 1 tahun tersebut pun dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan, maupun suplemen tambahan dengan kandungan lengkap. Perlu diketahui, vitamin sama pentingnya dengan zat gizi makro yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak.

Lantas, apa saja vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh Si Kecil dengan usia satu tahun? Berikut ini 6 di antaranya, moms. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini – dan pastikan anak sudah rutin mendapatkan sejumlah vitamin tersebut, ya!

 

 

#1 – Vitamin A

Credit Image - tribunnews.com

Vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh anak ini merupakan jenis vitamin larut lemak – yang artinya penyerapan akan lebih optimal kalau dikonsumsi bersamaan dengan makanan berlemak, ya. Vitamin A berperan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Si Kecil, sekaligus menjaga kesehatan kulit, rambut, dan mata, lho.

Anak dengan usia 6 bulan sampai 3 tahun pun memerlukan 400 mcg vitamin A setiap harinya. Nah, untuk memperoleh asupan vitamin tersebut kamu bisa memilih jenis makanan seperti wortel, ubi, kuning telur, bayam, hati ayam, ikan, dan hati sapi yang ditambahkan ke dalam menu makanan Si Kecil.

 

#2 – Vitamin B1, Tiamin

Kalau vitamin yang satu ini termasuk jenis vitamin larut air, moms. Jadi, kedelapan jenis vitamin B kompleks, termasuk vitamin B1 tidak dapat bercampur dengan lemak, melainkan hanya air saja. Disebut juga sebagai tiamin, vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh anak tersebut dapat mengubah karbohidrat, protein, dan lemak dari makanan menjadi energi, lho.

Nantinya, energi tersebut dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan, serta menunjang fungsi sel-sel tubuh bayi, terutama sel saraf. Berdasarkan pedoman angka kecukupan gizi, anak harus memenuhi vitamin B1 sekitar 0,3 miligram (mg) setiap hari.

Secara alami, sumber tiamin bisa diperoleh dari nasi, daging sapi, hati sapi, daging ayam, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Beberapa produk sereal dan makanan bayi berusia 1 tahun juga sudah diperkaya dengan vitamin B1.

 

#3 – Vitamin B2, Riboflavin

Credit Image - pantau.com

Vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh anak usia 1 tahun berikutnya, yakni vitamin B2 – alias riboflavin yang juga termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks. Hampir mirip dengan vitamin B1, riboflavin juga berperan dalam menghasilkan energi tubuh, lho.

Bukan cuma itu, vitamin B2 pun membantu tubuh dalam menggunakan energi tersebut dan melindungi sel dari kerusakan. Riboflavin juga dapat melindungi kesehatan mata, kulit, dan sistem saraf Si Kecil. Untuk memperoleh asupan vitamin B2 yang cukup, maka moms bisa berikan makanan yang mengandung vitamin tersebut, seperti susu, daging sapi, telur, dan sayuran.

 

#4 – Vitamin B12, Kobalamin

Masih termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks, vitamin B12 – alias kobalamin memiliki peran yang tidak kalah pentingnya. Vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh anak usia 1 tahun ini dapat memelihara kesehatan serta fungsi sel-sel saraf dan darah.

Selain itu, vitamin B12 juga memiliki peran untuk membuat DNA yang merupakan materi genetik di setiap sel-sel tubuh bayi. Kebutuhan vitamin B12 yang harus dipenuhi bayi sebesar 0,4 – 0,5 mikrogram setiap harinya. Asupan mikronutrien tersebut bisa dicukupi dengan mengonsumsi telur, daging sapi, keju, susu, dan ikan.

 

#5 – Vitamin C

Credit Image - suckhoedoisong.vn

Tak bisa dipungkiri, vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang punya manfaat penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Sama seperti vitamin B, asam askorbat termasuk dalam jenis vitamin yang larut bersama air, lho.

Asam askorbat dapat melindungi tubuh terhadap infeksi, mengoptimalkan penyerapan zat besi, membangun tulang dan otot, serta membantu menyembuhkan luka. Untuk memperoleh asupan vitamin C, kamu dapat memberikan anak berbagai jenis buah dan sayuran, seperti  jeruk, pepaya, stroberi, kiwi, mangga, jambu biji, kembang kol, kentang, dan brokoli.

 

#6 – Vitamin D

Dikenal juga dengan “sunshine vitamin”, vitamin D dapat membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan serta memperkuat tulang dan gigi. Ada pun rekomendasi kebutuhan vitamin D yang perlu dicukupi bayi setiap harinya adalah sekitar 5 mcg.

Sumber utama vitamin D sebetulnya adalah sinar matahari. Dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi, bayi akan mendapatkan asupannya. Selain itu, vitamin D juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan seperti daging atau hati sapi, kuning telur, ikan, susu kedelai, dan sereal atau jus yang difortifikasi vitamin D.

Sejumlah vitamin di atas memang penting diberikan kepada anak secara rutin, mengingat berbagai peran pentingnya untuk menjaga fungsi tubuh agar tetap optimal. Nah, untuk memudahkan moms – dan tentunya agar kebutuhan vitamin sudah terpenuh dengan baik, maka kamu disarankan memberikan Si Kecil asupan multivitamin dengan kandungan lengkap.

Bagaimana, moms? Sekarang kamu sudah tahu ya berbagai vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh anak berusia 1 tahun. Jadi, pastikan Si Kecil sudah memperoleh asupan vitamin di atas setiap harinya, ya.

 

 

Featured Image – genbest.id