Agar tubuh tetap sehat, tidak hanya asupan makanan saja yang harus dijaga, tetapi pola atau kebiasaan saat makan pun diperhatikan. Karena tanpa sadar orang sering melakukan kebiasaan yang salah saat makan, dan hal ini lah yang sering menyebabkan berat badan mudah naik. Selain itu, hal ini juga bisa menimbulkan masalah kesehatan tubuh seperti maag, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

1. Makan dalam porsi banyak

Credit: Halodoc

Makan dengan kalap atau dalam porsi yang banyak adalah salah satu pola makan yang salah namun sering dilakukan oleh banyak orang. Ada berbagai kondisi yang bisa menyebabkan kebiasaan ini terbentuk, misalnya karena banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, orang jadi melewatkan makan siang, dan akhirnya jadi kalap saat makan di jam berikutnya.

Agar kamu terhindar dari hal ini, usahakan jangan biarkan perutmu terlalu kosong. Biasakan untuk makan tepat waktu atau makan dalam porsi- porsi kecil. Selain itu, coba gunakan piring yang lebih kecil untuk mencegah makan terlalu banyak.

2. Makan sambil melakukan hal lain

Credit: Medical News

Mengonsumsi makanan sambil melakukan hal lain, seperti menonton TV atau bermain gadget, bisa membuatmu tidak dapat mengontrol seberapa banyak makanan yang dikonsumsi. Hal ini terjadi karena perhatianmu terbagi, dan kamu jadi cenderung membuat kamu makan lebih banyak.

Kebiasaan ini juga membuatmu kurang puas dengan makanan yang dikonsumsi sehingga kamu merasa ingin makan lagi. Jadi, fokuslah dengan makananmu dan hindari makan sambil melakukan kegiatan lain.

3. Emotional eating

Credit: Thealternativedaily.com

Kebiasaan makan lainnya yang juga salah adalah kecenderungan mengonsumsi makanan tertentu secara berlebihan ketika sedang berada dalam kondisi emosi tidak stabil. Kebiasaan ini disebut dengan emotional eating. Misalnya, kamu terbiasa ngemil makanan manis ketika sedang merasa stress dengan pekerjaan.

Dalam kondisi seperti ini, biasanya kamu cenderung memilih junk food untuk melampiaskan rasa stress. Dan hal ini lah yang membuat tubuhmu menjadi tidak sehat. Jadi, sebaiknya cari cara lain yang lebih sehat untuk melampiaskan emosimu, misalnya dengan berolahraga atau bercerita pada teman.

4. Makan terlalu cepat

Credit: Klikdokter

Banyak orang yang makan terlalu cepat karena terlalu sibuk atau sedang buru- buru. Tapi ternyata, jika kamu menyantap makan siang di bawah 10 menit, kamu cenderung akan makan lebih banyak dari yang sebenarnya diperlukan tubuh. Makan terlalu cepat bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh dan juga dapat menyebabkan berat badan cepat bertambah. Usahakan untuk memperlambat makanmu dan pastikan kamu mengunyah makanan dengan baik.

 

Featured Image - The Conversation