5 Tanda Tak Biasa yang Menunjukkan Imun Sedang Lemah, Diperhatikan Ya!

5 Tanda Tak Biasa yang Menunjukkan Imun Sedang Lemah, Diperhatikan Ya!

font size A Ǎ

Pada umumnya, ketika kondisi tubuh sedang tidak sehat, biasanya akan ada sejumlah tanda-tanda yang mungkin dialami. Namun, jangan sampai ketipu dengan kondisi tubuh ya, Enervoners. Pasalnya, bisa saja kamu bersugesti sedang sehat-sehat saja, padahal badan kamu sebenarnya menunjukkan tanda sebaliknya.

Ya, ketika ada masalah di dalam tubuh, misalnya imunitas yang melemah, biasanya badan akan memberikan sejumlah tanda yang menunjukkan kamu sedang tidak sehat, lho. Hal ini pun berkaitan dengan kesehatan fisik maupun mental.

Biar kamu tak keburu jatuh sakit, setidaknya ada 5 tanda yang mesti diperhatikan, nih. Sejumlah gejala tersebut timbul ketika kekebalan sedang melemah. Lantas, apa saja kelima tanda yang dimaksud tersebut?

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Sulit Tidur

5 Tanda Tak Biasa yang Menunjukkan Imun Sedang Lemah, Diperhatikan Ya!

Credit Image - halodoc.com

Normalnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur setidaknya 7 jam setiap malam. Untuk itu, jangan sepelekan waktu tidurmu, ya. Meski kelihatannya sedang sehat-sehat saja, namun seluruh sel tubuh tetap bekerja menjalankan metabolisme tubuh dengan mengeluarkan racun-racun yang ada di tubuh hingga memproduksi hormon yang mampu meningkatkan imunitas.

Cobalah bayangkan kalau waktu tidurmu berkurang, tentu tubuh pun tidak dapat melakukan fungsinya dengan optimal. Selain punya efek yang signifikan, kamu juga bisa melihat susah tidur sebagai gejala dari adanya gangguan baik secara fisik maupun mental – yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada bagian tubuh tertentu, lalu muncul rasa cemas saat menjelang tidur.

 

#2 – Mendengkur Ketika Tidur

Apakah kamu menganggap bahwa dengkuraan merupakan tanda seseorang tidur dengan nyenyak? Wah, hal ini ternyata salah. Rupanya, mendengkur bukanlah tanda kamu tidur dengan sangat nyenyak, melainkan pertanda adanya masalah kesehatan di dalam tubuh.

Seseorang bisa mendengkur karena saluran pernafasan terhalang sehingga menimbulkan getaran saat bernafas. Saat pernafasan seseorang semakin menyempit, biasanya suara dengkurannya pun akan jadi semakin besar. Ada beberapa penyakit yang dapat menimbulkan dengkuran saat tidur, seperti gangguan pernafasan, GERD, hingga penyakit gondok.

 

#3 – Badan Terasa Pegal dan Nyeri

5 Tanda Tak Biasa yang Menunjukkan Imun Sedang Lemah, Diperhatikan Ya!

Credit Image - indozone.id

Mulai sekarang, coba lebih peka dengan diri sendiri, mulai dengan mengamati bagaimana respon tubuhmu saat kamu melakukan aktivitas normal – apakah biasa saja atau justru lebih lelah dari biasanya? Kalau jawabannya iya, ini bisa jadi pertanda kondisi badanmu sedang dalam kondisi yang tidak fit, lho.

Gejala yang paling mudah diidentifikasi, yaitu kamu mudah merasakan pegal di bagian tubuh tertentu, bahkan sampai mengalami nyeri sendi. Untuk memulihkannya kamu bisa beristirahat secara berkualitas – dan setelah keadaan tubuhmu membaik sebaiknya mulai berolahraga dan benahi pola makan, ya. Sedikit demi sedikit kondisi imun tubuh pasti akan kembali.

 

#4 – Sulit Buang Air Besar

Normalnya, saat kamu memasukkan makanan atau minuman ke dalam tubuh, saluran pencernaan akan memprosesnya agar tubuh dapat menyerap nutrisi dari sumber makanan yang kamu konsumsi dan membuang racun yang ada.

Namun, jika kamu ternyata tidak bisa buang air besar bahkan hingga beberapa hari, ini bisa jadi salah satu tanda ada yang tidak beres pada pencernaan kamu. Kondisi tersebut juga dikenal sebagai konstipasi – atau kondisi di mana kamu tak bisa buang air besar, setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Jika ini terus terjadi, maka ada risiko berbahaya yang mengintai, seperti racun-racun yang mengendap pada saluran pencernaan tak bisa terbuang, namun justru merembes lewat selaput usus. Racun akan menyerap ke sel darah dan beredar di tubuh sehingga akan menyebabkan masalah baru.

 

#5 – Bersin-Bersin yang Berujung Pilek

5 Tanda Tak Biasa yang Menunjukkan Imun Sedang Lemah, Diperhatikan Ya!

Credit Image - fimela.com

Tak bisa dipungkiri, banyak sekali virus dan bakteri yang mengintai di sekitarmu. Namun, kondisi tubuh dengan imunitas yang kuatlah yang dapat melawan virus-virus jahat sehingga kita tetap bisa sehat dalam menjalani hari-hari. 

Salah satu tanda kalau sistem kekebalan tubuh sedang menurun, yaitu kamu jadi mudah pilek yang diawali dengan gejala bersin-bersin. Gejala ini memang bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu tiga, sampai empat hari.

Dalam jangka waktu itu, tubuh sedang berlomba dengan waktu untuk mengembalikan imunitas tubuhmu. Tapi bayangkan saja jika ini sering terjadi, tubuhmu bisa lama-lama “drop” lho. Makanya, sebelum ini terjadi, pastikan kamu perkuat imun dengan aktivitas fisik maupun asupan yang bernutrisi, termasuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Menerapkan hidup sehat pastinya tidak luput dari memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Setuju, kan? Hal ini juga termasuk dalam langkah tepat menguatkan imunitas tubuh, lho. Sayangnya, masih banyak yang kerap melewatkan asupan nutrisi penting tersebut. Kebiasaan buruk ini mesti segera dihentikan, ya!

Dengan kebutuhan vitamin yang tercukupi, kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga. Apalagi, terkait dengan asupan vitamin C dan vitamin B kompleks.

Kombinasi keduanya penting untuk menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan, lho. Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, gimana? Itulah kelima tanda-tanda tak bisa yang bisa kamu alami ketika kekebalan tubuh sedang melemah. Yuk, diperhatikan sejumlah gejala di atas!

 

 

Featured Image – lifepack.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!