Pemula! Ini 5 Trik Jitu Lakukan Public Speaking, Anti Grogi di Depan Umum

Pemula! Ini 5 Trik Jitu Lakukan Public Speaking, Anti Grogi di Depan Umum

font size A Ǎ

Tak perlu diragukan lagi, kemampuan berbicara di depan umum, atau lebih dikenal sebagai public speaking merupakan salah satu skill yang penting dimiliki dalam dunia kerja. Bahkan, kemampuan tersebut pun bakal berguna di berbagai industri, lho.

Kunci dari kesuksesan public speaking sendiri bukan hanya soal berani tampil di depan umum saja, tetapi bagaimana cara kamu menyampaikan ide – sekaligus pemikiran secara verbal maupun non-verbal. Wah, skill yang satu ini tidaklah mudah, ya?

Untukmu yang belum menguasai kemampuan berbicara di depan umum ini, tak perlu berkecil hati, sebab ada 5 tips yang dapat kamu terapkan.

Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

 

 

1. Hindari Langsung Berbicara Ketika Baru Tampil ke Depan

Pemula! Ini 5 Trik Jitu Lakukan Public Speaking, Anti Grogi di Depan Umum

Credit Image - tokopedia.com/blog

Namamu baru disebut – dan saat itulah kamu mulai melangkahkan kaki ke hadapan para audience. Di momen tersebut, biasanya kegugupan sudah dirasakan, bahkan dapat membuatmu gemetar, sampai berkeringat.

Hal tersebutlah yang paling ditakutkan dalam melakukan public speaking. Namun, ketika baru berjalan ke depan penonton, hindari langsung berbicara begitu saja, ya. Melainkan, coba jalan perlahan – dan diam sejenak untuk tarik nafas di depan sebelum mulai berbicara.

Tak perlu khawatir soal membayangkan suasana hening – atau proses yang lama, justru ketika kamu berhasil mengontrol diri, kemudian menyapa audience dengan tegas, kamu malah menunjukkan kesan percaya diri dan mampu menguasai situasi.

 

2. Jaga Kontak Mata

Dalam hal public speaking, kontak mata merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan – dan dipertahankan selama berbicara di depan umum. Tapi, bagaimana kalau belum terbiasa memandang penonton tepat di depan mata? Maka, coba alihkan pandangan ke bagian hidung atau dahi.

Lalu, usahakan agar pandanganmu tidak terus-terusan beralih dari satu sisi ke sisi lain. Namun, usahakah untuk menahan pandangan lebih lama. Cara ini juga efektif untuk menghilangkan rasa gugup, sekaligus membuatmu lebih fokus saat melakukan public speaking, lho.

 

3. Berbicara Perlahan

Pemula! Ini 5 Trik Jitu Lakukan Public Speaking, Anti Grogi di Depan Umum

Credit Image - ekrut.com

Mudah bagi siapa saja yang sedang merasa gugup untuk berbicara terlalu cepat – dan malah melewati poin-poin penting yang disampaikan. Wah, hal yang satu ini justru bisa membuat kegiatan public speaking menjadi berantakan, lho.

Kalau sudah begitu, akhirnya, informasi yang disampaikan menjadi tidak jelas, bahkan sulit dipahami oleh audience. Untuk itu, cobalah latih dirimu berbicara secara perlahan dengan artikulasi yang jelas. Jika gugup, berhentilah sejenak, tarik nafas dalam-dalam, kemudian lanjutkan kembali presentasi.

 

4. Fokus Untuk Memberi, Bukan Meminta

Pembicara yang melakukan presentasi dengan tujuan untuk terkenal – atau memaksa audience setuju dengan ide-idenya justru membuat penonton tidak memperhatikan, lho. Lalu, gimana caranya agar dapat melakukan public speaking dengan percaya diri dan didengarkan oleh para penonton?

Alasannya sederhana, kamu harus bisa memberikan nilai baru dan inspirasi, ketimbang hanya berbicara demi mendapatkan ketenaran semata. Selain itu, pastikan kamu menunjukkan perasaan dan emosi ketika melakukan public speaking, sehingga bisa terlihat lebih meyakinkan.

 

5. Cuek Dengan Haters

Pemula! Ini 5 Trik Jitu Lakukan Public Speaking, Anti Grogi di Depan Umum

Credit Image - timesnowbusiness.com

Dalam melakukan public speaking, satu hal yang perlu diketahui, kamu tidak bisa mengubah pendapat dan pandangan semua orang mengenai dirimu – atau ide-ide. Pasalnya, pasti akan selalu ada orang yang tidak setuju dan tidak suka dengan apa yang kamu sampaikan.

Jadi, jangan sampai kamu terlalu fokus mengurusi orang-orang yang tidak sependapat denganmu, ya. intinya, tidak perlu menghiraukan kritik yang tidak membangun – dan fokus kepada orang yang mendukungmu agar kamu dapat lebih percaya diri ketika melakukan public speaking.

Selain menerapkan kelima tips di atas, agar berbicara di depan umum semakin lancar, pastikan energi tubuhmu sudah terjaga dengan baik. Dengan begitu, tubuh tidak mudah lemas, ya.

Untuk itu, kamu disarankan menjaga kesehatan dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active, nih. Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Nah, itulah kelima tips sukses melakukan public speaking biar tak lagi grogi dan gugup. Selamat mencoba, Enervoners!

 

 

Featured Image – glints.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!