Bagi kamu yang punya kesempatan untuk melakukan perjalanan dinas atau business trip  ke luar kota atau luar negeri, jangan lewatkan kesempatan untuk bisa menikmati waktu travelling disana ya! Walaupun jadwal mu disana memang padat, tetapi kamu tetap bisa menyempatkan waktu sesaat untuk melepas penat dari pekerjaan, dan jalan- jalan sendiri atau sama teman- teman mu yang ikut dalam perjalanan tersebut.

Agar business trip kamu jadi makin menyenangkan, yuk baca tips berikut ini!

1. Cek jadwal pekerjaan, siapkan waktu luang

Credit: My Inner Creative

Sebelum berangkat, kamu bisa mengetahui apa saja pekerjaan yang akan kamu lakukan di kota atau negeri tujuan dan berapa lama pekerjaan tersebut akan selesai. Selain itu, cek apakah ada satu hari yang bisa kamu gunakan untuk menikmati hal- hal lain dan istirahat sejenak dari pekerjaan.

Biasanya menjelang malam, agenda harian sudah selesai dan saat itulah kamu memiliki waktu luang untuk menikmati kota tujuan. Tapi sebaiknya hindari pulang terlalu larut malam, karena esoknya kamu masih memiliki agenda pekerjaan.

2. Extend

Credit: Healthline

Jika kamu hanya memiliki waktu di malam hari untuk jalan- jalan di kota tujuan, kamu bisa mengajukan extend atau memperpanjang waktu perjalananmu, selama satu atau dua hari. Dengan begitu, kamu punya waktu luang lebih banyak untuk mengeksplorasi kota yang kamu kunjungi.

3. Atur rencana pengeluaran dan pisahkan dengan uang pribadi

Credit: USA Today

Jika kamu memutuskan untuk extend, maka pengeluaran menjadi hal wajib yang harus diperhatikan. Biasanya perusahaan hanya akan menyiapkan uang saku dan transportasi sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Dan saat extend itulah kamu harus menyiapkan dana pribadi.

4. Buat itinerary selama perjalanan

Credit: Traveldailymedia

Setelah mengetahui waktu luang yang kamu miliki, buatlah itinerary selama berada di kota tujuan. Cek tempat wisata apa saja yang menarik dan dapat kamu kunjungi. Tidak perlu terlalu memaksakan untuk mengunjungi semua tempat, apalagi jika kamu memiliki waktu yang terbatas.

5. Melakukan wisata kuliner

Credit: Thecultruretrip.com

Ini merupakan salah satu hal yang harus dilakukan selama perjalanan. Jangan sampai kamu melewatkan wisata kuliner di daerah yang kamu kunjungi. Biasanya tiap kota memiliki hidangan yang popular dan khas. Ketika pekerjaan sudah selesai, kamu bisa mampir ke restoran atau warung makan yang direkomendasikan. Selain makanan berat, kamu juga bisa mencoba jajanan hingga minuman khas kota tersebut.

6. Sempatkan diri untuk beli oleh- oleh

Credit: OneTravel

Salah satu hal yang bisa dinikmati dari business trip adalah berbelanja. Sempatkan waktu untuk membeli oleh- oleh untuk keluarga dan kerabat dekatmu. Selain itu, jangan lupa untuk menyenangkan diri sendiri, dengan membeli sesuatu yang kamu sukai disana. Memiliki sesuatu untuk diri sendiri juga merupakan reward atas apa yang sudah kamu kerjakan.

Sisihkan uang saku agar kamu bisa punya budget lebih banyak untuk berbelanja. Cobalah untuk bertanya ke pihak penginapan, kenalan atau browsing tentang tempat belanja yang ada di wilayah tempat kamu business trip.

 

Featured Image - TransferWise