5 Life Skill yang Perlu Diajarkan Pada Anak Sejak Usia Dini

5 Life Skill yang Perlu Diajarkan Pada Anak Sejak Usia Dini

font size A Ǎ

Moms, mengajari anak mengenai berbagai keterampilan memang perlu diajari sejak ia berusia dini. Hal tersebut termasuk life skill yang penting dimiliki setiap individu. Pasalnya, kemampuan tersebut akan dibawa sampai Si Kecil tumbuh dewasa nanti – dan dapat membantunya mengerjakan segala sesuatu sendiri.

Life skill merupakan keterampilan hidup dasar yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan akan dilakukan sepanjang hidup, lho. Bayangkan saja kalau moms lupa membekali anak dengan life skill, wah bukan hanya repot, tapi ia pun bakal kaget ketika berada di lingkungan lainnya selain di rumah.

Padahal, anak yang mampu melakukan “hal-hal kecil tapi penting” itu harus dibiasakan sejak anak berusia dini. Pasti, kamu tak ingin anak terus bergantung padamu, kan? Tak hanya itu, mengajari anak soal keterampilan ini pun bisa mengembangkan rasa percaya diri – dan membentuk citra diri yang positif.

Namun, apa saja sih life skill yang sebaiknya diajari kepada anak? Berikut ini 5 di antaranya, moms. Yuk, simak informasinya berikut ini!

 

 

#1 – Sopan Santun

5 Life Skill yang Perlu Diajarkan Pada Anak Sejak Usia Dini

Credit Image - alodokter.com

Tak bisa dipungkiri, sopan santun merupakan modal utama ketika anak tumbuh besar dan berinteraksi dengan orang lain. Tentu saja sudah jadi tugas orangtua untuk berperan sebagai contoh nyata anak. Apalagi, anak itu peniru ulung, jadi ia akan melihat perilaku moms, kemudian menirunya.

Untuk itu, cobalah mulai membiasakan anak untuk mengatakan terima kasih, permisi, tolong, dan maaf. Empat kata “sakti” tersebut dasar perilaku sopan santun yang berlaku universal, lho. Dalam praktiknya, kamu dapat mencontohkan – atau menambahkan hal-hal lain, seperti meminta anak menunggu sebentar saat kamu tengah berbicara, atau meminjam barang orang lain dengan izin.

Jadi, life skill yang satu ini wajib diajari kepada anak sejak ia berusia dini ya, moms!

 

#2 – Berpakaian

Melepas pakaian dan menaruhnya di tempat pakaian kotor seharusnya sudah bisa Si Kecil lakukan sendiri pada usia prasekolah. Begitu juga dengan memilih pakaian, memakai pakaian sendiri, hingga menyisir rambut. Ingat, sejumlah hal yang berkaitan dengan berpakaian merupakan life skill yang penting dimiliki, ya.

Memang, diawal kamu memerlukan kesabaran lebih, bahkan harus bisa menahan diri untuk tidak segera membantu anak ketika ia sedang berusaha, baik ketika melepas – atau mengenakan pakaiannya. Namun, inilah proses belajar anak. Kalau moms keburu tidak sabar dan ingin cepat-cepat memakaikannya, lalu kapan Si Kecil belajar sendiri?

 

#3 – Rutin Mencuci Tangan

5 Life Skill yang Perlu Diajarkan Pada Anak Sejak Usia Dini

Credit Image - mommyasia.id

Rutin mencuci tangan, seperti sebelum dan sesudah makan merupakan bagian dari perilaku hidup bersih dan harus dibiasakan sedini mungkin. Begitu pula ketika anak baru pulang dari bepergian, mengajaknya untuk membersihkan diri dengan cuci tangan pun membantunya untuk memahami kebersihan adalah hal yang penting.

Agar lebih mudah dalam mengajari anak mencuci tangan, moms dapat mencoba permainan seru, misalnya memposisikan tangan dengan bentuk hewan tertentu sambil membersihkan sela-sela jari. Saat pergi ke supermarket, biarkan anak memilih sendiri sabun cuci tangan untuk membuatnya lebih bersemangat cuci tangan.

 

#4 – Menyimpan Barang di Tempatnya

Life skill berikutnya yang juga perlu dimiliki anak, yaitu berkaitan dengan menyimpan barang. Cobalah biasakan Si Kecil agar selalu menyimpan barang kembali di tempatnya sama seperti meminta anak belajar membereskan barang-barang pribadinya. Jadi, moms pun tidak perlu terjun langsung mencarikan barang miliknya.

Hal ini juga akan melatih anak untuk bertanggung jawab pada barang miliknya sendiri. Kamu bisa meminta ia untuk selalu menaruh tas sekolah di tempatnya, buku-buku dan mainan favorit dikembalikan di rak setelah bermain, hingga menyimpan benda yang penting baginya di tempat tepat.

 

#5 – Mengerjakan Tugas Rumah Tangga

5 Life Skill yang Perlu Diajarkan Pada Anak Sejak Usia Dini

Credit Image - kumparan.com

Bagi moms yang tidak mengandalkan jasa Asisten Rumah Tangga pasti akan terbantu kalau Si Kecil mau mengerjakan beberapa pekerjaan rumah. Namun, hal ini bukan sekedar untuk meringankan tugasmu saja, nmaun justru membuat anak belajar bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Jadi, life skill ini pun harus dibiasakan sejak ia berusia ini.

Anak usia prasekolah sudah bisa diajari membersihkan meja, mengembalikan piring dan gelas bekas makan ke tempat cuci piring, membereskan mainan sendiri, hingga menyimpan pakaian di lemari miliknya. Biasanya, anak pun antusias ketika dimintai tolong melakukan sesuatu karena membuat ia merasa mampu dan bisa dipercaya.

Mengajari anak mengenai life skill memang penting, moms. Tapi, agar proses belajar tersebut dapat berjalan dengan lancar, pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, sehingga kesehatan tubuhnya tetap terjaga. Selain itu, hal ini juga dapat membantu memberikan energi, lho.

Berikan buah dan sayuran untuk mencukupi nutrisi, termasuk vitamin. Sebagai pelengkap, kamu juga dapat berikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk si kecil. Namun, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Moms direkomendasikan memberi anak Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D Sejumlah vitamin ini penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak, lho.

Selain itu, Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Nah, itulah kelima life skill yang perlu moms ajarkan kepada anak sejak kecil, ya. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – momsindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!