Berikut Ini Cara Mendidik Anak Agar Mandiri Dan Berani

Berikut Ini Cara Mendidik Anak Agar Mandiri Dan Berani

TAGS : Anak
font size A Ǎ

Kamu mungkin seringkali kesal ketika melihat si kecil yang enggan berkenalan dengan teman tanpa didampingi oleh orang terdekatnya. Hal ini dikarenakan anak belum siap untuk berhadapan dengan kondisi yang tidak disukainya sehingga membuat ia takut. Padahal, mandiri dan berani merupakan dua poin karakteristik yang seharusnya dimiliki setiap orang.

Untuk mulai menanamkan keberanian dalam diri anak. Kamu bisa mengajarinya dengan beberapa cara berikut:

1. Perkenalkan anak dengan dunia luar

Berikut Ini Cara Mendidik Anak Agar Mandiri Dan Berani

Credit: CNN.com

Jangan sampai rasa takut dan tidak berani yang sedang dialami anak terus menyelimuti dirinya sampai ia tumbuh dewasa. Bila salah satu permasalahan yang sering dihadapi anak adalah selalu malu, takut, atau menolak berbaur. Kamu bisa mencoba untuk membawanya untuk bertemu banyak orang. Kamu bisa mulai dengan mengajaknya bermain di taman, di mana terdapat banyak anak- anak seusianya.

2. Biarkan anak menentukan pilihannya

Berikut Ini Cara Mendidik Anak Agar Mandiri Dan Berani

Credit: Parenthub

Keputusan untuk melakukan sesuatu itu berasal dari dalam diri seseorang. Sebagai orangtua, kamu tidak bisa terlalu memaksa anak untuk mengambil pilihan tertentu. Jika kamu tetap melakukannya, nanti si kecil akan merasa kurang nyaman. Sebagai gantinya, kamu bisa mendorong dan memberi masukkan mengenai keputusan yang akan dipilihnya sebagai cara mendidik anak agar mandiri dan tidak takut menentukan pilihannya sendiri.

3. Jadilah pelindung untuk anak

Berikut Ini Cara Mendidik Anak Agar Mandiri Dan Berani

Credit: Today's Parent

Jika anak merasa ragu, malu, atau gagal dalam mencoba hal baru, jangan marahi mereka. Tahan emosimu untuk membentak anak karena ketidakberaniannya. Tugas kamu disini adalah sebagai tempat anak untuk berlindung dan membuatnya nyaman. Sebaiknya, temani anak sampai ia berani untuk melakukan kegiatan baru tersebut. Dan sembari menenangkan si kecil, kamu bisa memberinya dukungan atau lontarkan kalimat yang dapat membangkitkan semangatnya.

4. Hargai setiap usahanya

Berikut Ini Cara Mendidik Anak Agar Mandiri Dan Berani

Credit: LiveAbout

Setiap si kecil berhasil menumbuhkan sikap keberanian dan kemandiriannya sedikit demi sedikit, pastikan kamu dan keluarga memberikannya pujian. Bahkan, ketika gagal pun, kamu sebaiknya tetap menyemangati si kecil dan dukung ia agar terus berkembang.

Tunjukkan dan ungkapkan bahwa kamu senang atas usaha yang telah dilakukan si kecil. Meski tampak sepele, tapi memberikan pujian atas semua usaha anak dapat semakin membangkitkan semangatnya untuk terus maju dan mau mengembangkan sikap berani serta mandirinya.

 

Featured Image - Defend Innocence


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!