5 Menu Sarapan Sehat, Kunci Sukses Dalam Penurunan Berat Badan

5 Menu Sarapan Sehat, Kunci Sukses Dalam Penurunan Berat Badan

font size A Ǎ

Untuk kamu yang tengah dalam program diet, ketahuilah bahwa sarapan merupakan waktu makan yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, tak sedikit orang yang menanggap bahwa waktu makan tersebut tidak perlu dijalani ketika sedang menurunkan berat badan.

Sayangnya, anggapan tersebut sudah pasti salah, karena sarapan sangat penting untuk memberikan energi bagi tubuh, sehingga kamu dapat melakukan aktivitas dengan maksimal. Dengan sarapan pun kamu akan merasa kenyang lebih lama, lho. Jadi, keinginan buat ngemil dapat dihindari. Setuju, kan?

Nah, agar program diet tetap sukses, berikut ini 5 rekomendasi menu sarapan yang dapat kamu coba di rumah. Sudah penasaran? Pastikan kamu menyimak informasinya sampai habis, Enervoners!

 

 

#1 – Telur

5 Menu Sarapan Sehat, Kunci Sukses Dalam Penurunan Berat Badan

Credit Image - food52.com

Pilihan menu sarapan yang dapat kamu coba ketika sedang diet, yaitu telur. Makanan ini sangat baik untuk menu sarapan karena kaya akan protein dan rendah kalori. Dilansir Medical News Today, cara sederhana untuk menurunkan berat badan adalah dengan membatasi asupan kalori.

Telur baik sebagai salah menu sarapan karena dalam sebutir telur rebus mengandung 78 kalori dan 6 gram protein. Protein yang tinggi pada telur akan membuatmu kenyang. Dalam sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition, mengonsumsi makanan tinggi protein membantu menurunkan berat pada penderita obesitas.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa menyiapkan tiga butir telur dengan salad segar untuk menu sarapan saat sedang menjalani program diet.

 

#2 – Oatmeal

Kamu pasti sudah tahu bahwa menu sarapan yang satu ini kerap dipilih banyak orang, karena termasuk jenis makanan yang menyehatkan. Setuju? Ya, oatmeal merupakan makanan yang terbuat dari gandum yang kaya serat dan bebas lemak jenuh. Sehingga, mengonsumsi oatmeal bisa membuat kamu merasa kenyang tanpa harus takut berat badan bertambah.

Dilansir healthline, oatmeal bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara memperlambat pengosongan lambung dan meningkatkan hormon peptida YY (PYY). Jadi, perut pun terasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya. Kamu bisa menambahkan buah-buahan seperti, apel, stroberi, kiwi, dan lain-lain agar rasanya lebih nikmat.

 

#3 – Kacang-Kacangan

5 Menu Sarapan Sehat, Kunci Sukses Dalam Penurunan Berat Badan

Credit Image - review.bukalapak.com

Tahukah kamu jika mengonsumsi kacangan-kacangan dapat menurunkan berat badan? Hal itu bisa terjadi karena kacang-kacangan mengandung serat, protein, dan lemak sehat. Kacang-kacangan juga memberikan sensasi rasa kenyang yang lebih lama.

Dilansir healthline, kacang-kacangan yang baik untuk menu sarapan saat diet yaitu, almond, kacang kenari, mede, dan pistasi (pistachio). Kamu bisa menambahkan satu porsi kacang-kacangan ke dalam yoghurt atau granola sebagai menu sarapan kamu.

 

#4 – Yogurt

Menurut New England Journal of Medicine, yoghurt termasuk dalam Top 5 food for weight loss. Yoghurt memang mengandung protein tinggi yang sangat berperan dalam menurunkan berat badan sekaligus memberi rasa kenyang lebih lama.

Meski demikian, untuk kamu yang sedang diet, ada baiknya memilih yogurt dengan rasa tawar – alias plain ketika sarapan, karena jenis tersebut biasanya bebas kandungan gula. Biar lebih nikmat dan sehat, tambahkan buah-buahan segar ke dalam yogurt sesuai seleramu.

 

#5 – Pisang

5 Menu Sarapan Sehat, Kunci Sukses Dalam Penurunan Berat Badan

Credit Image - indianexpress.com

Buah pisang memiliki kandungan yang rendah kalori dan tinggi serat sehingga baik dikonsumsi untuk orang yang sedang melakukan program diet. Dilansir Nutrition Data, sebuah pisang ukuran sedang mampu memberikan 12 persen dari kebutuhan serat harian kamu. 

Untuk mengonsumsinya, kamu dapat memakan pisang secara langsung, atau ditambahkan ke dalam menu lainnya, seperti yogurt, oatmeal, maupun diolah menjadi smoothie yang sehat – dan pastinya mengenyangkan.

Wah, mengonsumsi sejumlah menu sarapan di atas bukan hanya dapat membantu menurunkan berat badan saja, namun baik untuk kesehatan tubuh, ya. Agar semakin optimal, pastikan pula kamu sudah memenuhi sejumlah vitamin dan mineral – yang baik untuk menjaga kekebalan, sekaligus memberi energi yang cukup.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin dan mineral sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Nah, kamu direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C maupun Enervon Active setiap harinya.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Jadi, itulah kelima rekomendasi menu sarapan sehat yang cocok dikonsumsi ketika sedang diet. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – soulofjakarta.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!