Sudah tak diragukan lagi buah-buahan merupakan makanan kaya akan nutrisi, seperti makanan paling sehat yang bisa ditemukan – dan dikonsumsi dengan mudah.

Berbagai macam buah pun sudah dipelajari untuk mengetahui manfaat yang dapat diberikan. Sejumlah penelitian ilmiah membuktikan ada sejumlah buah-buahan tertentu yang punya dampak baik lebih banyak, serta memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi dibanding jenis buah lainnya.

Namun, apa saja super fruits yang dimaksud tersebut? Berikut ini 5 di antaranya. Yuk, simak selengkapnya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Plum

Credit Image - jovee.id

Selain berasa enak, buah plum juga menawarkan vitamin, mineral, dan senyawa-senyawa tumbuhan lain yang menyehatkan tubuh. Plum sangat kaya akan antioksidan polifenol berupa asam hidroksisinamat. Antioksidan sendiri berperan penting dalam mencegah berbagai macam penyakit, dengan cara memerangi radikal bebas.

Menurut dua studi ilmiah dalam US National Library of Medicine, plum memiliki antioksidan yang dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

#2 – Stroberi

Stroberi diketahui sebagai salah buah yang mengandung berbagai jenis antioksidan dalam kadar tinggi, seperti vitamin C, antosianin, asam fenolik, dan flavonoid.

Sebuah hasil studi ilmiah tahun 2010 dalam US National Center for Biotechnology Information melaporkan bahwa 21 perempuan dewasa yang memakan 250 gram stroberi beku setiap harinya selama tiga pekan mengalami peningkatan aktivitas antioksidan yang signifikan dalam darah mereka.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa memakan stroberi secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan inflamasi, dan meningkatkan asupan serat. Semua hal ini dapat melindungi tubuh dari risiko terkena berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung.

 

#3 – Anggur

Credit Image - eatthis.com

Meski berukuran kecil, buah anggur mengandung kadar nutrisi yang sangat baik, lho. Terdapat berbagai varietas tertentu dari buah ini yang mengandung antioksidan lebih tinggi daripada jenis-jenis lain.

Sebuah penelitian berjudul Comparison of Antioxidant Activities of Different Grape Varieties dalam US National Library of Medicine tahun 2018 membandingkan berbagai jenis anggur guna meneliti kandungan antioksidan di dalamnya.

Hasilnya, varietas anggur Black Pearl, Summer Royal Break, Pearl Green, Seedless Green, dan Seadless Red menunjukkan kadar antioksidan yang paling kuat. Varietas tersebut mengemas berbagai jenis antioksidan, seperti asam kafeat, epicatechin, catechin gallate, asam galat, protocatechuic acid, dan rutin.

 

#4 – Apel

Selanjutnya, ada pula buah apel yang kaya akan khasiat baik bagi kesehatan tubuh. Dalam sebuah jurnal ilmiah yang dipublikasikan di US National Center for Biotechnology Information tahun 2015, mengonsumsi apel secara rutin dapat menjaga kesehatan kardiovaskular.

Selain itu, ada pula studi lainnya dengan judul Case-control study on beneficial effect of regular consumption of apples on colorectal cancer risk in a population with relatively low intake of fruits and vegetables yang mengatakan bahwa apel dapat menurunkan risiko terkena berbagai macam kanker, salah satunya adalah kanker kolorektal.

Bahkan, tinjauan ilmiah lain dalam Nature Communications tahun 2019 mengaitkan asupan apel yang tinggi dan makanan kaya akan flavonoid lainnya dengan penurunan risiko kematian dari semua sebab, termasuk kanker dan penyakit jantung.

 

#5 – Alpukat

Credit Image - thejakartapost.com

Hampir setiap orang pasti menyukai buah yang satu ini. Ya, selain punya tekstur lembut – dan pastinya rasa yang lezat, alpukat juga memiliki kandungan tinggi serat, potasium, lemak sehat, magnesium, folat, vitamin C, dan vitamin K tinggi. Menurut Food Data Central milik US Department of Agriculture, buah alpukat dengan berat 100 gram menyediakan 26% vitamin K dan 20% folat dari kebutuhan sehari-hari.

Bahkan, buah yang mengandung dua puluh vitamin dan mineral berbeda tersebut pun dapat mengurangi berat badan, kadar gula darah, dan kolesterol low-density lipoprotein (LDL). Hal ini sendiri diungkapkan dalam sebuah jurnal imiah dalam Journal of Nutrition tahun 2019.

Selain mengonsumsi sejumlah super fruits di atas, untuk menjaga kesehatan tubuh, sekaligus memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian kamu juga disarankan agar mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Pastikan kamu sudah rutin minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk perlindungan ekstra, sekaligus memberikan sensasi segar sepanjang hari.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal, berkat kandungan vitamin C dan zinc-nya.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuat tubuh makin produktif selama beraktivitas.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau dapatkan di drug store dan apotek di daerahmu.

 

Nah, itulah kelima buah super yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Dikonsumsi secara rutin, yuk!

 

 

Featured Image – selecthealth.org

Source – idntimes.com