Bonding Adalah Hal yang Penting, Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini Bareng Anak

Bonding Adalah Hal yang Penting, Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini Bareng Anak

font size A Ǎ

Mengetahui masa emas Si Kecil memang penting dalam periode tumbuh kembangnya, moms. Periode emas tersebut pun dimulai dari 3 sampai 6 bulan pertama kehidupannya. Untuk memaksimalkan pertumbuhan di waktu ini, moms bisa mulai melakukan beberapa hal, termasuk mengajak anak untuk bonding.

Sebenarnya, bonding dapat dilakukan sejak berada di dalam kandungan, seperti mengajak berbicara, ketika memandikan, maupun bermain bersama. Namun sayangnya, masih banyak orangtua yang merasa kebingungan harus melakukan kegiatan apa saja, sehingga bisa mempererat hubungan dengan Si Kecil.

Nah, moms agar kebingungan tersebut dapat segera diatasi, berikut ini 5 rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan sebagai bentuk bonding bersama anak.

Yuk, simak selengkapnya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Membuat Rencana Saat Weekend

Bonding Adalah Hal yang Penting, Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini Bareng Anak

Credit Image - timesindonesia.co.id

Sebagai orangtua, perlu untuk membuat rencana akhir pekan sebagai bagian dari bonding time. Untuk moms yang bekerja, sebaiknya selesaikan tugas sebelum di akhir pekan, sehingga tak mengganggu waktu berkualitas dengan anak di rumah.

Selain itu, pergi ke rumah nenek atau menghabiskan akhir pekan di rumah juga tak ada salahnya untuk bonding time dengan anak. Misalnya membuat rencana untuk melakukan beberapa kegiatan seru seperti bermain bola, olahraga, melukis atau bermain air.

Dengan ini oran tua hadir menemani anak bermain dan anak akan merasa dicintai dan diperhatikan.

 

#2 – Memasak Bersama

Memasak bersama mungkin merupakan kegiatan yang cukup sulit, karena anak masih memiliki keterbatasan tertentu. Namun, tetap tak ada salahnya untuk mengajak ia menemani moms memasak di rumah, lho.

Mungkin, kebanyakan orangtua melarang anak masuk dapur, sebab takut terkena benda-benda tajam – atau mengganggu aktivitas memasak. Meski demikian, memasak bersama Si Kecil dapat menjadi bagian untuk bonding time yang berkualitas dan juga menyenangkan.

Dengan anak menemani memasak, misalnya mengupas telur, bawang putih, atau mengocok adonan, bisa melatih motorik anak – dan juga mengenal cara memasak sejak dini. Biarkan anak mengenal bahan-bahan dapur dan ajaklah melakukan persiapan makanan untuk keluarga.

Komunikasi ringan ketika memasak bersama dengan Si Kecil tersebut akan mendorong kedekatan orangtua terhadap anaknya melalui aktivitas seru.

 

#3 – Bermain Board Games

Bonding Adalah Hal yang Penting, Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini Bareng Anak

Credit Image - cewekbanget.grid.id

Bermain board games bisa melatih kreativitas anak – dan juga meningkatkan kedekatan dengan orangtua. Bonding time dengan meluangkan waktu untuk berman dengan anak akan membuatnya merasa dicintai.

Board games juga memberikan kesempatan anak untuk melatih emosi yang menantang, dan memberi orang tua kesempatan untuk merefleksikan perasaan dan membantunya menemukan cara yang tepat untuk mengungkapkan rasa frustrasi Si Kecil, lho.

Selagi bermain, anak juga akan belajar mengenal emosional pada tubuhnya dan peran orang tua untuk membantu cara mengatasinya. Tentu saja, kegiatan bermain sembari belajar ini cukup kreatif ya, moms?

 

#4 – Menemani Anak Bermain Gadget

Gadget menjadi tantangan baru orangtua zaman sekarang sebagai media edukasi – dan hiburan untuk anak. Tentu, gadget dibolehkan untuk digunakan anak dengan batasan waktu, serta harus ditemani dengan orangtuanya. Sebab, sebagian orangtua banyak yang membiarkan anak bermain gadget tanpa pengawasan yang cukup.

Meskipun banyak penelitian yang mengungkap dampak negatif gadget terhadap anak-anak, namun menurut beberapa pakar, teknologi bisa memberikan manfaat positif. Seperti diketahui, teknologi butuh diperkenalkan kepada anak, hanya saja harus tetap dimoderasi. Pasalnya, Si Kecil butuh memperoleh pengetahuan yang tepat atas kemajuan teknologi.

 

#5 – Sentuhan Fisik

Bonding Adalah Hal yang Penting, Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini Bareng Anak

Credit Image - hellosehat.com

Bukan hanya untuk pasangan, sentuhan secara fisik juga bagian dari bonding time dengan Si Kecil. Perlu diketahui, anak yang merasakan sentuhan fisik dari orangtua cenderung merasa lebih dicintai – dan memiliki kedekatan yang lebih.

Nantinya, anak akan merasa seperti cinta sejati yang ditujukkan oleh pelukan, ciuman, pelukan erat, tepukan di bahu, usapan kepala, serta canda tawa yang menyenangkan. Jadi, jangan lupa lakukan kegiatan bonding ini secara rutin, moms.

Meski bonding dapat membantu tumbuh kembangnya, namun moms juga masih perlu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral – dengan memberinya suplemen dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Multivitamin tersebut mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan anak, membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Jadi, itulah kelima kegiatan yang dapat mempererat bonding dengan anak. Selamat mencoba, moms!

 

 

Featured Image – grid.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!