Bagi kalangan millennials, bekerja itu tidak harus selalu di kantor. Kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan yang sama besarnya seperti karyawan kantor, namun dengan cara yang berbeda.

Bekerja sebagai pekerja lepas atau freelancer dan kerja online sendiri sudah mulai digeluri oleh banyak millennials sejak beberapa waktu lalu, bahkan pekerja lepas di online pun sudah menjadi tren di jaman sekarang ini. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan agar bisa sukses menjadi freelancer atau bekerja via online? Berikut ulasannya.

1. Cari tahu kemampuan apa yang kamu miliki, agar bisa bekerja sesuai passion

Credit: PopBela

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah menjadi freelancer artinya kamu akan bekerja tanpa adanya ikatan dengan perusahaan. Kamu harus memiliki kemampuan dan keahlian agar terlihat menarik, sehingga klien mau bekerja sama denganmu.

Tentukan seberapa besar harga jasa yang kamu tawarkan dan sesuaikan dengan pasar yang sedang kamu jalani. Selain itu, kamu juga harus bisa menyesuaikan diri atas semua penghasilan yang kamu terima untuk memenuhi kebutuhan hidup.

2. Membuat perjanjian kerja

Credit: Tribunnews

Meskipun bekerja secara online, kamu harus tetap meminta surat perjanjian kerja. Buatlah kesepakatan untuk mengetahui poin apa saja yang akan kamu dapatkan dari kerja sama yang dilakukan dengan klien. Selain itu, dengan adanya perjanjian kerja menunjukkan profesionalisme kamu sebagai freelancer.

3. Menerapkan sistem deposit

Credit: Openreader.org

Sebagai pekerja lepas kamu bisa memberikan beberapa peraturan pada klien. Misalnya, menerapkan deposit jika project yang dikerjakan besar, sehingga kedua belah pihak tidak merasa terbebani. Jelaskan dengan rinci bahwa status kamu sebagai freelancer tidak bisa menanggung beban project yang akan dikerjakan.

4. Siapkan tabungan untuk dana atau pengeluaran tak terduga

Credit: Moneywise.co.uk

Sebagai freelancer yang kerja secara online, kamu pasti sudah tahu bahwa kamu harus menyisihkan 10 persen dari pendapatan. Kamu harus siap dengan segala tanyangan yang akan diberikan klien, salah satunya dalam masalah telat melakukan pembayaran. Dana yang telah kamu sisihkan bisa menopang segala kebutuhan tidak terduga. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi dalam menjalani profesimu.

5. Mengelola penghasilan dengan bijak

Credit: Smallbusiness.co.uk

Hal lain yang harus kamu tanamkan yaitu cerdas dalam mengelola uang. Perlu diingat, kamu bekerja berdasarkan project yang tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Oleh karena itu, mengelola penghasilan dengan baik merupakan tantangan yang harus kamu lakukan. Dengan begitu, kamu tetap bisa memiliki tabungan masa depan, tabungan kesehatan, dan lain sebagainya.

 

Featured Image - CNBC