5 Manfaat Punya Kemampuan Public Speaking, Penting Untuk Karir!

5 Manfaat Punya Kemampuan Public Speaking, Penting Untuk Karir!

font size A Ǎ

Memiliki kemampuan untuk berbicara di depan umum – atau disebut juga sebagai public speaking termasuk salah satu skill dasar yang sebaiknya dimiliki setiap individu, lho. Pasalnya, hal ini dapat membantumu dalam urusan komunikasi, apalagi bagi yang sudah berkecimpung di dunia kerja.

Namun yang perlu kamu ketahui, kunci sukses dalam penerapan public speaking bukan hanya soal berani tampil di depan umum saja, nih. Melainkan juga berkaitan dengan caramu menyampaikan ide – dan juga pemikiran secara verbal maupun non-verbal.

Memang skill public speaking tak bisa begitu saja dimiliki dengan mudah, malah kamu harus rajin melatihnya. Tetapi, kalau kamu sudah berhasil punya kemampuan yang satu ini – maka akan ada deretan manfaat yang bisa diperoleh. Apa saja?

Berikut ini 5 di antaranya, Enervoners!

 

 

#1 – Memupuk Rasa Percaya Diri

5 Manfaat Punya Kemampuan Public Speaking, Penting Untuk Karir!

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Rasa kepercayaan diri yang baik tidak hanya diperlukan untuk berbicara di depan khalayak umum saja, lho. Namun, perasaan tersebut juga perlu kamu miliki ketika sedang berbicara dengan teman, rekan kerja, maupun orang di sekitar. Intinya, public speaking bakal membantumu melakukan komunikasi, meski sedang berbicara hanya dengan satu orang saja.

Misalnya, kalau kamu harus bertemu dengan salah satu calon investor – atau manajer yang bisa membantu jenjang karir. jika tidak memiliki rasa percaya diri yang baik, tentu kamu akan sulit untuk menghadapi orang tersebut dengan baik. Setuju, kan?

Nah, dengan melatih public speaking, maka rasa kepercayaan diri pun bisa semakin meningkat, nih!

 

#2 – Orang Lain Senang Mendengarkanmu

Selain percaya diri, manfaat baik lainnya dari kemampuan public speaking, yakni orang menjadi senang mendengarkanmu berbicara. Seperti diketahui, kemampuan berbicara – atau berkomunikasi yang baik diperlukan dalam skill yang satu ini, ya.

Hal tersebut meliputi cara berbicara, pemilihan kata dan kalimat yang tepat, hingga penggunaan bahasa tubuh yang sesuai. Kalau kamu berbicara dengan gaya yang tepat, tentu saja orang lain bakal senang mendengarkanmu berbicara, kan?

Nantinya, dengan gaya bicara – dan pemilihan kata yang tepat, ini juga bisa membantumu semakin maju. Tak tanggung-tanggung, bisa saja atasan tertarik mempromosikan jabatan, atau usaha – dan juga karir semakin berkembang.

 

#3 – Nilai Diri Semakin Bertambah

5 Manfaat Punya Kemampuan Public Speaking, Penting Untuk Karir!

Credit Image - cariilmu.co.id

Seorang pengusaha mungkin tidak akan menjadi populer – atau produksinya tidak akan diminati kalau semasa hidupnya tidak memiliki kemampuan public speaking. Dengan skill tersebut, kamu dapat mempresentasikan usaha yang kamu miliki, lho. Kalau sudah begini, banyak orang yang pasti berminat membelinya, ya.

Dengan public speaking kamu dapat selalu tampil meyakinkan, sehingga karir dan juga usaha dapat berjalan dengan baik. Kamu pun tidak akan menjadi “kamu” yang dahulu lagi, tetapi akan menjadi sosok yang memiliki peran – namun, pastikan harus dalam konteks yang positif!

 

#4 – Membantu Berpikir Kritis

Memilih kata – dan juga kalimat yang tepat untuk diucapkan memang tidaklah mudah. Hal ini membutuhkan otakmu untuk bekerja lebih aktif. Setuju, ya? Nah, secara tidak langsung, public speaking pun dapat merangsang otak berpikir lebih kritis.

Kalau kamu sudah mampu berpikir secara kritis, maka tentu tidak akan mudah dipengaruhi oleh hal-hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri. Bahkan, kamu pun lebih dapat berpikir untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

 

#5 – Meningkatkan Kemampuan Leadership

5 Manfaat Punya Kemampuan Public Speaking, Penting Untuk Karir!

Credit Image - ekrut.com

Kemampuan public speaking juga dapat membantu kamu untuk berkomunikasi sesuai dengan latar belakang kawan bicara kita. Tak bisa dipungkiri, ini adalah kemampuan yang sangat diperlukan bagi seorang pemimpin.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat berkomunikasi dengan cara yang berbeda-beda, sesuai dengan orang yang diajak berbicara. Coba perhatikan manajerdi kantor, cara ia berkomunikasi dengan tentu akan berbeda dengan caranya berkomunikasi dengan orang lain.

Hal ini karena sang manajer sudah mempelajari karakteristik masing-masing anggota timnya. Jadi, ia akan berkomunikasi sesuai dengan masing-masing karakter, sehingga semua orang akan mengerti hal yang dikatakannya.

Biar kemampuan public speaking makin maksimal, pastikan juga pastikan energi tubuhmu sudah terjaga dengan baik. Dengan begitu, tubuh tidak mudah lemas, ya.

Untuk itu, kamu disarankan menjaga kesehatan dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active, nih. Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, ternyata memiliki kemampuan public speaking dapat mendatangkan berbagai manfaat baik dalam dunia karir, ya. Mulai sekarang, yuk coba latih skill dasar tersebut – dan rasakan berbagai dampak positifnya.

 

 

Featured Image – indonesiana.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!