Perkembangan komunikasi antara orangtua dan anak memang harus dibangun sejak dini. Komunikasi memang terkesan cukup sederhana, namun tidak boleh disepelekan karena memiliki manfaat terhadap perkembangan anak hingga dirinya dewasa.

Komunikasi yang baik dapat terwujud tidak hanya melibatkan anak dalam setiap pembicaraan. Tetapi, orangtua pun harus bisa mendengarkan apa yang dikatakan anak, agar dirinya merasa lebih dihargai ketika berbicara.

Berikut ini langkah tepat dalam menciptakan cara komunikasi yang baik, untuk tumbuh kembang anak.

1. Pastikan selalu mendengarkan cerita anak

Credit: Yesdok.com

Komunikasi efektif bisa terjadi ketika keduanya saling mendengarkan ketika sedang ada yang berbicara. Dengan begitu, anak akan menyadari bahwa orangtuanya tertarik untuk mendengarkan ceritanya. Setelah ia selesai bercerita, kamu bisa memancing dengan sebuah pertanyaan. Seperti, bertanya apa saja yang terjadi selama di sekolahnya hari ini.

2. Berikan waktu untuk anak merespon

Credit: Parents.com

Perlu diingat bahwa anak- anak masih perlu belajar untuk merespon semua komunikasi dengan baik. Jika sedang berbicara dengan anak, usahakan untuk memberi waktu beberapa saat agar anak bisa memproses dan memahami apa yang dikatakan lawan bicaranya. Cara seperti ini juga dapat membantu dirinya perlahan- lahan belajar berkomunikasi dengan orang lain.

3. Meluangkan waktu untuk berdiskusi

Credit: CNN Indonesia

Percakapan antara orangtua dan anak memang perlu diciptakan secara intens, sehingga memiliki komunikasi yang baik. Kamu bisa menciptakan sebuah diskusi yang membuat si kecil berlatih untuk berpikir, lalu libatkan mereka dalam memilih pilikhannya sendiri.

4. Berikan motivasi saat berdiskusi

Credit: Lifestyle Okezone

Saat menciptakan situasi diskusi dengan anak, pastikan kalau semua pembicaraan dapat mereka merasa nyaman dan aman. Jika orangtua terus membuat komunikasi yang kurang baik dengan anak, maka secara tidak langsung hal ini bisa memicu rasa trauma terhadap si kecil.

Untuk mencegah hal ini, orangtua perlu memberikan rasa aman dan kebebasan sesuai keinginan anak asalkan dilakukan dengan komunikasi yang sopan. Jika si kecil sedang bercerita mengenai prestasinya, cobalah untuk mengapresiasi agar anak merasa Bahagia.

5. Siapkan anak untuk lebih mengenal teknologi

Credit: TechPrevue

Saat ini komunikasi menjadi lebih mudah karena semakin berkembangnya teknologi. Dan si kecil pun perlu dipersiapkan untuk bisa mengenal teknologi tersebut.

Apalagi sesuai perkembangannya, anak dapat tumbuh dewasa dengan meniru berbagai perilaku yang dilakukan orangtua, seperti menghabiskan waktu luang bermain gadget. Jika sudah diperkenalkan sejak dini, maka orangtua perlu menyiapkan dan membimbing mereka dengan baikk, agar tetap menuju arah yang positif.

 

Featured Image - Hello Sehat