7 Rekomendasi Menu Makan Anak 2 Tahun, Moms Tertarik Coba?

7 Rekomendasi Menu Makan Anak 2 Tahun, Moms Tertarik Coba?

font size A Ǎ

Biar pertumbuhan anak semakin maksimal, setiap orangtua tentu akan selalu berusaha untuk memberikan menu makanan sehat buat sang buah hati. Benar kan, moms? Memang, makanan punya peran penting dalam menentukan tumbuh kembang anak, sehingga sejak bayi harus diberikan asupan sehat, sehingga perkembangannya bisa berlangsung dengan baik.

Sayangnya, tak jarang anak kerap picky dalam makanan yang disediakan. Apalagi, setelah usia dua tahun, anak balita mulai menjadi pemilih makanan yang ulung. Kalau moms sedang menghadapi kondisi tersebut, ada baiknya berikan menu bervariasi agar ia tidak mudah bosan, ya.

Nah, untuk membantumu, berikut ini 7 rekomendasi menu makan anak 2 tahun yang dapat dicoba. Penasaran? Baca informasi lengkapnya sampai habis, yuk!

 

 

#1 – Sayur Sop

7 Rekomendasi Menu Makan Anak 2 Tahun, Moms Tertarik Coba?

Credit Image - food.detik.com

Menu makan anak 2 tahun pertama yang menjadi favorit banyak orang, yakni sayur sop. Biasanya, sayur sop diolah dengan campuran beberapa bahan, seperti daging, ayam, telur, dan lainnya. Tidak hanya enak dan segar, sop sayur juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan anak usia 2 tahun, lho.

Perpaduan serat dari sayuran dan protein dari daging dipercaya efektif menjaga kesehatan tubuh. Seperti dikutip dari Healthline, sop berperan penting untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan memperlancar sistem pencernaan. Banyaknya manfaat untuk kesehatan tersebut, sayur sop cocok dijadikan menu makan anak 2 tahun, nih!

 

#2 – Oatmeal

Rasanya yang manis dan lezat menjadikan oatmeal sangat cocok untuk menu sarapan. Selain itu, oatmeal juga mudah didapatkan karena kini banyak ditemui oatmeal dalam bentuk instan. Makanan ini cocok dikonsumsi anak karena memiliki beragam kandungan yang mampu meningkatkan perkembangan otak anak.

Makanan berbahan dasar oat ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Dalam 100 gram oat mengandung 9,9 hingga 14,9 gram total serat, sehingga makanan bergizi ini berfungsi efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan. Wah, apakah moms tertarik menyediakan menu makan anak 2 tahun yang satu ini?

 

#3 – Yogurt

7 Rekomendasi Menu Makan Anak 2 Tahun, Moms Tertarik Coba?

Credit Image - healthline.com

Menu makan anak 2 tahun berikutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah yogurt. Ini merupakan salah satu jenis asupan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak, lho. Kandungan kalsium dan vitamin D pada yogurt berperan penting bagi perkembangan tulang dan gigi.

Selain itu, yogurt juga dapat berfungsi efektif dalam menjaga sistem kekebalan tubuh anak. Cara menyajikannya, moms hanya perlu menyediakan yogurt tanpa gula, kemudian tambahkan beberapa buah-buahan seperti alpukat, apel, atau pisang.

 

#4 – Ikan Salmon

Menu makanan anak 2 tahun selanjutnya, yaitu ikan Salmon. Ikan ini merupakan jenis ikan yang terkenal karena memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Selain rasanya yang lezat, ikan salmon juga dapat berfungsi mencegah berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Jadi, tak heran apabila ikan salmon sangat digemari oleh penduduk dunia.

Mengonsumsi ikan salmon secara rutin dan teratur dapat memenuhi kebutuhan asam omega 3 yang berfungsi menjaga kesehatan tubuh. Di samping itu, masih banyak manfaat lainnya yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit. Sehingga, jenis ikan ini sangat cocok dikonsumsi untuk anak karena mampu meningkatkan perkembangan otak.

 

#5 – Alpukat

7 Rekomendasi Menu Makan Anak 2 Tahun, Moms Tertarik Coba?

Credit Image - wholefoodsmarket.com

Moms, sebagai variasi menu makan anak 2 tahun, kamu pun bisa memberikan alpukat yang dapat dimakan begitu saja. Atau dijadikan sebagai tambahan, seperti topping ketika makan roti panggang. Tentu saja menu ini nikmat untuk disantap, kan?

Alpukat menjadi salah satu jenis makanan bergizi yang yang cocok untuk anak. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa kandungan tersebut berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah gangguan syaraf.

 

#6 – Daging

Daging merupakan menu makanan anak 2 tahun yang berperan penting untuk meningkatkan kecerdasan otak. Mengonsumsi daging sapi secara rutin dan teratur dapat menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Selain itu, daging sapi juga kaya akan vitamin B12 hingga zat besi, yang berfungsi efektif memperkuat imunitas tubuh, sehingga anak pun tidak mudah jatuh sakit. Tetapi, pastikan moms memberikan asupan daging secara cukup – hindari sampai berlebihan, ya!

 

#7 – Ubi Jalar

7 Rekomendasi Menu Makan Anak 2 Tahun, Moms Tertarik Coba?

Credit Image - klikdokter.com

Salah satu menu makanan anak 2 tahun yang berperan penting untuk perkembangan otak adalah ubi jalar. Kandungan zat kolin pada ubi jalar berfungsi efektif membantu proses kimiawi dalam sel saraf. Dalam kata lain, rutin konsumsi ubi jalar punmampu meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik.

Tak hanya itu saja, menu makan anak 2 tahun yang satu ini juga kaya akan kandungan vitamin A, vitamin E dan vitamin C yang berperan penting untuk mempertahankan membran sel, meningkatkan memori, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Memberikan sejumlah menu makan anak 2 tahun di atas memang dapat membantu pertumbuhannya, moms. Namun, agar semakin maksimal, kamu juga direkomendasikan memberi asupan vitamin dan mineral – yang dapat diperoleh dengan memberi multivitamin dengan kandungan lengkap.

Kamu direkomendasikan untuk memberikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan anak, membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Jadi, itulah ketujuh menu makan anak 2 tahun yang dapat kamu coba berikan kepada anak, moms. Tak hanya nikmat, sejumlah makanan tersebut tentunya sehat, lho!

 

 

Featured Image – madreshoy.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!