Ingin Jogging Tapi Gampang Capek? Lakukan 5 Trik Ini Untuk Mengatasinya

Ingin Jogging Tapi Gampang Capek? Lakukan 5 Trik Ini Untuk Mengatasinya

font size A Ǎ

Siapa di sini yang gemar melakukan olahraga jogging – alias lari santai? Ya, aktivitas fisik yang satu ini kerap menjadi pilihan olahraga banyak orang, karena hampir semua kalangan bisa melakukannya, bahkan termasuk mudah, lho.

Tapi sayangnya, tak sedikit darimu yang justru malas melakukan jogging, biasanya diakibatkan tubuh yang mudah terasa lelah ketika lari. Perlu diketahui, olahraga ini merupakan salah satu aktivitas fisik yang menuntut kemampuan otot kaki – dan kemampuanmu dalam mengatur pernapasan, lho.

Biar tak mudah lelah ketika jogging, selain melakukan pemanasan, masih ada 5 hal penting lainnya yang perlu diterapkan. Apakah kamu sudah penasaran? Kalau gitu, yuk segera simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Pemanasan Dengan Baik

Ingin Jogging Tapi Gampang Capek? Lakukan 5 Trik Ini Untuk Mengatasinya

Credit Image - popbela.com

Hal pertama yang perlu kamu lakukan agar tak mudah lelah ketika jogging, yakni melakukan pemanasan secara tepat. Langkah ini memiliki peranan penting agar kamu tidak mudah capek – dan juga terhindar dari risiko cedera.

Selain itu, dengan pemanasan yang baik, otot kaki dan bagian tubuh lain gak akan kaget ketika berlari, lho. Dan, pemanasan yang tepat bisa membuatmu jogging dengan jarak relatif yang lebih jauh dalam waktu yang lebih lama pula.

 

2. Gunakan Sepatu Lari

Apakah kamu masih sering menggunakan sepatu yang tak tepat ketika jogging? Kalau begitu, mulai sekarang coba ubah kebiasaan yang satu ini, ya. Memang, tak jarang kamu menemui orang-orang berolahraga dengan sepatu sembarangan. Padahal sepatu lari sudah dirancang khusus untuk meredam getaran antara kaki dan permukaan yang diinjak.

Yang pasti, penggunaan sepatu yang sesuai dapat bermanfaat agar kaki kamu terhindar dari risiko cedera, tak mudah capek – dan lebih kuat ketika berlari, serta melindungi sendi-sendi di bagian kaki. Jadi, jangan asal-asalan lagi dalam menggunakan sepatu!

 

3. Mengatur Napas

Ingin Jogging Tapi Gampang Capek? Lakukan 5 Trik Ini Untuk Mengatasinya

Credit Image - tribunnews.com

Sebagai salah satu olahraga kardio atau yang menitikberatkan pada kerja jantung dan paru-paru, pengaturan napas menjadi kunci agar kita menikmati jogging. Ketika kamusudah bisa mengatur napas dengan baik, maka kita gak mudah sesak ketika berlari. Napas yang teratur akan membuatmu tak gampang lelah saat berlari.

Menurut beberapa pelari, ritme napas terbaik adalah per tiga langkah. Maksudnya, setelah kamu melangkah tiga kali, segeralah ambil napas, dan begitu seterusnya. Lakukan hal tersebut secara konsisten supaya napasmu bisa teratur, sehingga jarak yang ditempuh makin jauh.

 

4. Menjaga Ritme Langkah

Buat kamu yang masih sering tergesa-gesa dalam melangkah ketika berlari. Yuk, hentikan juga kebiasaan yang satu ini, ya. Pasalnya, hal tersebut hanya akan membuatmu mudah lelah, lho. Mulai sekarang, coba atur langkah secara perlahan – dan temukan ritme yang sesuai dengan kemampuan tubuhmu.

Dengan langkah yang stabil akan membuat kerja jantung dan paru-paru gak terlalu berat sehingga tidak mudah lemas ketika berlari. Selain itu, memiliki ritme stabil juga akan mengurangi risiko kaki pegal saat berlari.

 

5. Hindari Begadang

Ingin Jogging Tapi Gampang Capek? Lakukan 5 Trik Ini Untuk Mengatasinya

Credit Image - halodoc.com

Lari membutuhkan kondisi fisik yang prima, maka usahakan jangan begadang ketika kamu berencana untuk jogging.  Begadang akan membuat fisik menjadi lemah dan tekanan darah menjadi rendah. Hal ini membuat kamu akan cepat capek dan lemas ketika joging.

Selain mendapat istirahat yang cukup – pastikan pula kamu sudah menjaga asupan kalori dengan baik, ya. Sejumlah persiapan yang matang memang dapat membantu tubuh menjadi lebih prima ketika berolahraga.

Nah, agar kegiatan kegiatan jogging bisa semakin maksimal, pastinya kamu mesti menjaga stamina dan energi tubuh – sehingga, aktivitas fisik bisa dilakukan dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan memenuhi kebutuhan vitamin harian, lho.

Tak hanya dari sumber makanan, vitamin juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu ya!

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, gimana nih? Sekarang kamu sudah tahu ya deretan tips agar olahraga berlari tak lagi menyiksa. Selamat mencoba, Enervoners!

 

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!