Umumnya, rasa kantung datang ketika tubuh tidak memperoleh waktu istirahat yang cukup. Ngantuk pun kerap menyerang di pagi hari ketika barengkat kerja – atau di siang hari di sela-sela aktivitas setelah makan siang.

Apakah kamu juga sering merasakannya? Tentu saja, hal tersebut tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu susah berkonsentrasi. Rasa kantuk bisa disebabkan oleh berbagai faktor – yang patut kamu ketahui, lho.

Lebih lengkap mengenai penyebab sering ngantuk, serta beragam cara untuk mengatasinya – yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Penyebab Sering Mengantuk

Credit Image - kumparan.com

Banyak orang yang merasa masih ngantuk atau badan terasa lelah walau telah istirahat cukup. Jika demikian, bisa jadi ada kondisi kesehatan yang menjadi penyebab mudah ngantuk. Walau bukan masalah penyakit serius, namun rasa kantuk berlebihan dan kurang tidur jelas akan berdampak pada kesehatan dan keselamatan diri, lho.

Dikutip dari Verywellhealth, berikut ini 3 faktor umum penyebab muncul rasa ngantuk berlebih, yaitu:

1. Gaya hidup

Pekerjaan yang padat mungkin menyebabkan ketidakseimbangan gaya hidup. Aspek yang mempengaruhi gaya hidup yaitu diet, pola tidur, terlalu keras bekerja, jadwal kerja yang padat, dan tingkat stress dalam pekerjaan.

 

2. Masalah medis

Penggunaan obat-obatan dari masalah medis seperti anemia, autoimun, depresi, diabetes, jantung, tiroid, kanker, dan lain sebagainya turut berperan dalam rasa kantuk, kelelahan, dan kekurangan energi untuk beraktivitas.

 

3. Gangguan tidur

Pola tidur dan masalah gangguan tidur seperti insomnia, sleep apnea, sleep inertia, narcolepsy, dan restless legs syndrome berpotensi membuat kamu mudah ngantuk.

 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Credit Image - liputan6.com

Kalau kamu memiliki masalah yang satu ini, berikut deretan langkah untuk mengatasi masalah sering mengantuk.

1. Tidur malam yang cukup

Cara paling efektif melawan kantuk adalah pastikan istirahat yang cukup pada malam harinya. Kurang tidur menjadi sebab umum kantuk berlebih di pagi dan siang hari. Untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak, kamu bisa mandi air hangat sebelum tidur agar tubuh terasa lebih rileks dan tidak insomnia.



2. Ambil jeda istirahat saat otak lelah

Saat otak harus konsentrasi dan fokus dalam waktu yang lama, hal itu melelahkan otak dan dapat membuat tubuh merasa kantuk. Lalu, apa yang bisa dilakukan kalau sudah merasakan kondisi yang satu ini?

Nah, cobalah mengambil sedikit waktu untuk bersantai agar otak beristirahat sejenak. Kamu bisa bermain game, berbincang dengan teman kantor, meregangkan tubuh, atau berjalan kaki sejenak sebagai cara agar tidak ngantuk saat bekerja.



3. Ubah aktivitas

Rutinitas aktivitas sering menimbulkan kebosanan hingga menimbulkan ngantuk. Cobalah untuk membagi pekerjaan menjadi porsi lebih kecil dan kerjakan dalam waktu yang singkat. Cara ini bisa menjadi senam otak agar tidak mudah mengantuk, lho.



4. Cari udara segar

Cara agar tidak mudah ngantuk berikutnya adalah berdiri, jalan, dan cari udara segar. Udara segar berguna meningkatkan kadar oksigen dalam darah, dampaknya memberikan energi pada tubuh. Namun, jika terasa ngantuk berat saat beraktivitas, tarik napas dalam-dalam dan lakukan beberapa gerakan ringan atau jalan kaki selama 10 menit.


5. Tidur siang singkat

Bukan hanya anak kecil saja yang boleh tidur siang, orang dewasa pun bisa. Bedanya, kamu hanya membutuhkan tidur siang selama 15 sampai 20 menit mengembalikan kembali energi.

Setelah makan siang, ambil jeda untuk tidur siang singkat sebagai cara menghilangkan ngantuk di siang hari. Tidur siang yang terlalu lama justru menunjukan Kamu tidak mendapat tidur cukup atau mempunyai masalah gangguan tidur.



6. Rutin olahraga

Rasa ngantuk bisa disebabkan karena duduk dalam jangka waktu lama dan kurang gerak. Sebaliknya, Kamu akan jarang mengantuk saat sedang liburan, rajin membersihkan rumah, dan teratur berolahraga.
Untuk itu, kamu bisa melakukan gerakan pemanasan dari tempat duduk – atau melakukan gerakan olahraga kecil seperti senam ringan, push up, dan squad yang membutuhkan sedikit ruang gerak.

 

Nah, itulah sejumlah penyebab – dan juga cara mengatasi rasa kantuk berlebihan. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – honestdocs.id

Source – cnnindonesia.com