Ternyata, Tes MBTI Punya Beragam Manfaat Penting Lho, Apa Saja?

Ternyata, Tes MBTI Punya Beragam Manfaat Penting Lho, Apa Saja?

font size A Ǎ

Saat ini, ada beragam jenis psikologi yang dapat kamu ikuti, termasuk tes MBTI – alias Myers-Briggs Type Indicator. Jangan salah, beberapa waktu terakhir pun tes MBTI kerap diperbincangkan banyak orang, lho. Cara melakukannya juga termasuk mudah, hanya perlu mengisi kuisioner secara online, dan kamu sudah bisa mengetahui kepribadian yang dimiliki!

Perlu diketahui, terdapat 16 jenis kepribadian dari tes MBTI. Sejumlah kepribadian tersebut merupakan kombinasi dari 8 sifat, yakni Interoversion atau Extraversion, Intuitive atau Sensory, Thinking atau Feeling, serta Judging atau Percieving.

Kalau sebelumnya Enervon sudah membahas sejumlah jenis kepribadian menurut MBTI, sekaligus penerapannya. Kini, kamu mesti mengetahui beragam manfaat yang bisa diperoleh dari mengikuti tes tersebut.

Penasaran? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini!

 

 

#1 – Mengenali Kepribadian

Ternyata, Tes MBTI Punya Beragam Manfaat Penting Lho, Apa Saja?

Credit Image - alodokter.com

Memang, tujuan dari semua tes psikologis adalah untuk mengetahui kepribadian seseorang, begitu juga dengan MBTI. Namun, kelebihan dari jenis tes tersebut, yaitu memungkinkan kamu mengeksplorasi kepribadianmu secara lebih luas, lho.

Jadi kamu bisa tahu jika kamu bukan hanya introvert maupun ekstrovert saja. Akan ada beragam kombinasi yang membentuk sifatmu yang sekarang. Jika kamu ingin hasil yang memuaskan dan akurat cobalah untuk melakukan tes rutin secara berkala. Hasil dominan dari 16 jenis kepribadian tersebut merupakan yang paling mencerminkan dirimu.

 

#2 – Membantu Evaluasi Diri Sendiri

Tidak hanya membuatmu mengetahui jenis kepribadian yang dimiliki, tetapi melakukan tes MBTI juga dapat membantu kamu untuk menjadi sosok yang lebih baik. Dalam hal ini, kamu dianjurkan melakukan evaluasi diri, ya.

Karena telah mengetahui karakteristik yang ada dalam dirimu termasuk ciri-ciri di dalamnya, kamu akan lebih mudah mengetahui kelemahan – atau kelebihan yang kamu miliki. Tentunya, hal ini berguna sebagai cara mengevaluasi diri sendiri, termasuk mengembangkan kelebihanmu, serta sadar diri terhadap kelemahan yang kamu miliki.

Ya, tidak ada kritik yang lebih baik daripada yang dilontarkan kepada diri sendiri. Setuju, kan?

 

#3 – Mencari Tahu Pekerjaan yang Diminati

Ternyata, Tes MBTI Punya Beragam Manfaat Penting Lho, Apa Saja?

Credit Image - jobstreet.co.id

Apakah kamu masih belum mengetahui jenis pekerjaan yang diminati? Kalau begitu, mengikuti tes MBTI mungkin dapat membantu kamu, lho. Tes tersebut dapat mengarahkan kamu kepada proyeksi pekerjaan yang cocok sesuai kepribadian yang dimiliki.

Pasalnya, kepribadian yang dimiliki mencerminkan perilakumu, seperti sangat teliti, berdedikasi, tidak mudah puas, memiliki hubungan sosial yang tinggi, maupun lain sebagainya. Intinya, kepribadian sangat menentukan bagaimana pertimbangan karir yang sesuai dengan hal yang kamu harapkan.

 

#4 – Mengetahui Teman Ideal Guna Menunjang Keberhasilan

Wah, kamu pasti tahu kalau teman juga berperan penting dalam membantu keberhasilan. Benar, kan? Berada di lingkungan yang baik, tentu akan membuatmu menjadi sosok yang menjadi lebih baik pula. Anggapan ini sudah ada sejak dahulu kala.

Untuk mengetahui teman ideal, kamu juga bisa melihatnya dari tes MBTI. Dalam hal ini, selain pekerjaan, kamu bisa mengenali kepribadian lainnya yang dapat menunjang keberhasilan. Seperti seseorang yang pemalu dalam lingkungan sosial atau ISTJ dapat mengetahui teman idealnya adalah seseorang dengan sifat pandai bersosialisasi dan spontan atau berkepribadian ESTP.

Atau, contoh lainnya adalah teman ideal ENTP merupakan seseorang dengan kepribadian INFJ – atau INTJ.

 

#5 – Mencari Tahu Orang Sukses dengan Kepribadian yang Sama Denganmu

Ternyata, Tes MBTI Punya Beragam Manfaat Penting Lho, Apa Saja?

Credit Image - idntimes.com

Sebagian besar tes MBTI juga memberikan fitur yang satu ini, lho. Dengan mengambil tes kepribadian tersebut, kamu bisa mencari tahu orang-orang sukses yang memiliki kepribadian sama denganmu. Jadi, bikin penasaran, ya?

Beberapa jenis kepribadian menunjukkan ciri yang sama kepada tokoh tertentu. Seperti kepribadian ISTJ sama dengan milik Warren Buffet (investor), atau ESTJ akan sama dengan mantan Presiden Amerika George Bush dan lainnya. Adanya kesamaan jenis dengan orang yang lebih sukses bisa menjadikannya sebagai role model, lho.

Kalau kamu sudah mengetahui beragam manfaat yang bisa diperoleh dari mengikuti tes MBTI, kamu juga harus memastikan bahwa kondisi kesehatan tubuh sudah terjaga – agar semakin bersemangat dalam menjalani aktivitas, serta mencapai suksesan.

Untuk itu, disarankan mengonsumsi mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active, lho.

 Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Ternyata, melakukan tes MBTI bukan hanya sekedar untuk mengetahui kepribadian saja, namun masih ada manfaat baik lainnya yang dapat diperoleh. Jadi, apakah kamu semakin tertarik untuk mencoba jenis tes yang satu ini?

 

 

Featured Image – qubisa.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!