Pola makan dan gaya hidup yang sehat adalah pertahanan terbaik untuk menghindari penyakit jantung. Untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung, disarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu.

Untuk menyehatkan jantung dan membantunya agar bekerja dengan kuat, senyawa fitonutrien yang terdapat pada sayur dan buah bisa bermanfaat. Selain itu, kandungan nutrisi ini juga sudah pasti bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

Apa saja makanan yang bisa mengurangi risiko kesehatan jantungmu? Berikut ulasannya.

1. Kacang

Credit: Organicfacts.net

Perbanyak makan kacang, seperti kacang marah, hingga tiga cangkir dalam seminggu. Selain kaya akan fitonutrien yang baik untuk jantung, kacang- kacangan juga kaya akan serat dan air yang membuatmu cepat kenyang. Hal ini dapat mencegahmu mengonsumsi kalori secara berlebihan.

Selain itu, kacang juga kaya akan antioksidan yang berperan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas sebagai penyebab kanker, Parkinson, dan Alzheimer.

2. Biji- bijian utuh

Credit: Tribunnews

Mengonsumsi biji- bijian seperti gandum, beras merah, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat, dapat menurunkan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, dan obesitas. Hal ini karena biji- bijian mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral berupa zat besi, zinc, dan magnesium.

3. Apel

Credit: Alodokter

Apel mampu mengurangi risiko kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah. Hal ini karena apel mengandung fitonutrien, dan senyawa lain yang baik untuk jantung, yaitu epicatechin. Zat ini adalah senyawa yang akan antioksidan dan dapat membantu mengurangi tekanan darah.

4. Bawang putih

Credit: Homecuresthatwork.com

Bawang putih bisa berfungsi sebagai pengganti garam untuk menambah rasa gurih pada makanan. Hal ini baik untuk kesehatan jantung dan tubuh, karena makin banyak kamu mengonsumsi garam, maka semakin tinggi risiko terkena tekanan darah tinggi, yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

4. Anggur

Credit: Medicalnewstoday

Manfaat anggur diduga berpotensi mencegah penyakit jantung dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini karena buah anggur mengandung serat dan flavonoid yang baik untuk mencegah terjadinya kerusakan pada jantung.

5. Buah beri

Credit: Everydayhealth.com

Ragam buah beri seperti bluberi, stroberi, rasberi, dan blackberry dapat dijadikan sebagai camilan sehat. Buah beri kaya akan antioksidan dan serat diduga mampu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

6. Teh hijau

Credit: Jawapos

Berdasarkan hasil penelitian, bagi orang yang meminum lebih dari lima cangkir teh hijau dalam sehari memiliki risiko 25 persen lebih rendah dalam mengalami kematian akibat serangan jantung dan stroke. Namun, jika kamu mengonsumsi banyak teh hijau, sebaiknya diimbangi dengan minum air putih yang cukup agar terhindar dari penyakit batu ginjal dan dehidrasi.

 

Featured Image - Healthline