6 Cara Menyapih Anak, Yuk Dicoba, Moms!

6 Cara Menyapih Anak, Yuk Dicoba, Moms!

font size A Ǎ

Moms, menyapih anak merupakan salah satu tugas lanjutan yang perlu dilakukan oleh orangtua guna mendukung perkembangan – serta pertumbuhan Si Kecil, lho. Dalam hal ini, anak pun bisa dikenalkan kepada makanan padat yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi hariannya.

Meski demikian, sayangnya tak sedikit ibu yang sulit menyapih sang buah hatinya, nih. Itulah sebabnya ada beberapa ibu yang masih menyusui anak meski sudah berumur lebih dari dua tahun. Tapi tenang, masih tersedia berbagai cara menyapih anak yang dapat moms terapkan, kok!

Seperti 6 cara menyapih anak berikut ini yang mulai dapat kamu coba. Penasaran? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini, ya.

 

 

#1 – Lakukan Komunikasi Dengan Anak

6 Cara Menyapih Anak, Yuk Dicoba, Moms!

Credit Image - alodokter.com

Komunikasi yang baik merupakan salah satu kunci utama – dan juga cara menyampih anak yang wajib diterapkan. Walaupun usia anak masih tergolong kecil, tetapi memberi pengertian terhadap suatu perubahan itu penting.

Hal ini pun menjadi tugas bagi para moms untuk menyampaikan secara langsung ke anak guna mengubah kebiasaan menyusunya. Berikan ia pengertian bahwa menyusui sudah tidak lagi baik dilakukan karena ia semakin lama semakin besar. Misalnya, kamu bisa berikan contoh kepadanya bahwa anak yang sudah besar tak perlu lagi menyusu dari sang ibu.

 

#2 – Mengubah Kebiasaan Makan Si Kecil

Jika moms berbagi tempat tidur dengan anak, biasakan untuk bangun sebelum ia bangun. Kemudian, segera menyiapkan makanan untuknya, sehingga ketika anak bangun makanan sudah siap untuk dimakan.

Ketika anak bangun mungkin ia merasa lapar, maka berikanlah makanan padat yang bergizi – dan mengenyangkan untuknya. Hal ini juga termasuk cara menyapih anak yang bisa diterapkan, sebab bisa mencegah Si Kecil kelaparan, lho.

Memang membutuhkan waktu untuk membiasakan anak makan makanan padat, untuk itu lakukanlah dengan perlahan. Biarkan anak makan dengan porsi sedikit, tetapi dalam frekuensi yang sering sebagai bagian dari cara menyapih.

 

#3 – Menawarkan Botol Susu

6 Cara Menyapih Anak, Yuk Dicoba, Moms!

Credit Image - berkeluarga.id

Nah, kalau kamu sedang mencari cara menyapih anak, cobalah mulai menawarkan botol susu kepada anak, moms. Botol susu tersebut pun dapat kamu isi dengan ASI – atau bisa juga dengan susu formula. Jadi, kamu tetap bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Si Kecil.

Selain itu, sebagai cara menyapih anak lainnya, moms juga dapat mengoleskan beberapa tetes ASI di bibir – atau lidah bayi sebelum menyusu di botol agar ia bisa menerima botol susu dengan mudah. Mengurangi frekuensi menyusu secara langsung selama beberapa minggu diharapkan dapat membantu bayi menyesuaikan diri dengan perubahan secara perlahan.

 

#4 – Tunda Waktu Anak Menyusui

Menunda waktu di jadwal menyusui juga dapat menjadi salah satu cara menyapih anak yang bisa kamu terapkan, lho. Menunda waktu tersebut bisa mengurangi frekuensi anak menyusu dalam satu hari, moms.

Jika usia anak lebih tua, kamu mungkin bisa mengalihkan perhatiannya dengan aktivitas lain saat ia ingin menyusu. Atau, cara lainnya dapat dengan menawarkan anak susu formula – maupun makanan lainnya.  Ketika anak ingin menyusu di sore hari, moms bisa menjelaskan kepadanya bahwa ia harus menunggu sampai menjelang tidur untuk menyusu secara langsung.

 

#5 – Kenakan Pakaian yang Berbeda

6 Cara Menyapih Anak, Yuk Dicoba, Moms!

Credit Image - hipwee.com

Menurut laman Kids Health, ada baiknya moms mencoba untuk tidak menggunakan pakaian yang sering dikenakan ketika sedang menyusui Si Kecil. Mengapa demikian? Karena dengan begitu akan akan membuat anak ingat kebiasaannya menyusu dan menyulitkanmu dalam menerapkan cara menyapih.

Selain itu, hindari juga membuka baju – atau berganti pakaian di depan anak, moms. Pasalnya, hal tersebut bisa mendorong keinginan Si Kecil untuk merasa ingin kembali menyusu pada ibunya. Jadi, perhatikan juga cara menyapih anak yang satu ini, ya!

 

#6 – Buat Anak Menjadi Lupa

Banyak hal yang bisa dilakukan agar bisa membuat anak lupa keinginannya untuk menyusu ASI sebagai salah satu cara menyapih anak. Moms bisa memberikannya berbagai makanan dengan rasa baru yang mungkin saja akan menarik perhatikan anak untuk mencoba lagi.

Selain itu, kamu juga dapat memberikan susu dari botol, kemudian secara bertahap membiasakan memberikannya dari gelas. Hal ini akan membantu menghilangkan kebiasaan anakmengemut yang dapat merusak gigi susunya.

Atau, kamu juga bisa memberikan snack untuk Si Kecil agar ia tidak merasa kelaparan sekaligus mendukung penerapan cara menyapih anak.

Nantinya, kalau anak sudah bisa lebih mengenal makanan padat, agar pemenuhan kebutuhan nutrisi – termasuk vitamin dan mineral semakin maksimal, moms juga disarankan memberikan multivitamin dengan kandungan lengkap, ya.

Kamu direkomendasikan untuk memberikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan anak, membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Jadi, itulah keenam cara menyapih anak yang dapat moms terapkan. Selamat mencoba, ya!

 

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!