Yuk, Kuatkan Imun Selama Musim Hujan, Lakukan 7 Tips Berikut Ya!

Yuk, Kuatkan Imun Selama Musim Hujan, Lakukan 7 Tips Berikut Ya!

font size A Ǎ

Musim hujan dikenal identik dengan sejumlah jenis penyakit yang mudah menyerang. Mulai dari demam, diare, flu, hingga penyakit kulit yang mungkin dialami sebagain orang. Perlu diketahui, risiko penyakit akan semakin tinggi seiring meningkatnya curah hujan – atau ketika banjir.

Tapi tak perlu langsung khawatir, karena penyakit di musim hujan tersebut bisa dicegah dengan melakukan beberapa cara, termasuk mempertahankan kebersihan diri sendiri, serta menjaga kekebalan tubuh yang menjadi benteng perlawanan tubuh dari penyakit.

Setidaknya ada 7 tips yang patut kamu terapkan guna menghindari berbagai penyakit di musim hujan. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Menjaga Kebersihan Diri

Yuk, Kuatkan Imun Selama Musim Hujan, Lakukan 7 Tips Berikut Ya!

Credit Image - kompas.com

Hal pertama yang wajib diterapkan, yakni menjaga kebersihan diri. Ini dapat kamu mulai dengan rajin mencuci tangan, sekaligus mandi dengan bersih yang bisa mencegah sejumlah penyakit menempel, kemudian menginfeksi tubuhmu.

Tubuh yang kotor bisa membuat kuman – dan bakteri penyebab penyakit semakin mudah berkembang biak dan menyerang tubuh, lho. Nah, selain diri sendiri, selalu ingatkan juga orang terdekat untuk menjaga kebersihan, karena penyakit pun bisa menular dari orang-orang di sekitar.

 

2. Jaga Pula Kebersihan Lingkungan

Selain diri sendiri, kamu juga sangat disarankan untuk memerhatikan kebersihan di lingkungan sekitar. Misalnya, di rumah, tempat kerja, maupun kamar pribadi. Tentu saja, sejumlah lokasi tersebut harus dalam keadaan bersih, sehingga bebas dari berbagai macam virus, bakteri, dan kuman.

Perlu diketahui, sejumlah patogen berbahaya tersebut dapat berkembang biak secara mudah di tempat-tempat yang kotor, apalagi lembap, lho. Untuk membersihkan lingkungan sekitar, kamu dapat menggunakan cairan disinfektan secara rutin, ya.

 

3. Membawa Pelindung Diri

Yuk, Kuatkan Imun Selama Musim Hujan, Lakukan 7 Tips Berikut Ya!

Credit Image - bustle.com

Selama musim hujan, membawa sejumlah pelindung diri kemana saja kamu pergi juga perlu dilakukan, nih. Pasalnya, sejumlah pelindung tersebut dapat menjadi tameng, sehingga tubuh tidak mudah terkontaminasi – maupun terinfeksi penyakit.

Ada pun berbagai pelindung diri yang disarankan untuk dibawa ketika bepergian, yakni jaket, mantel, hingga payung. Intinya, hindari membiarkan dirimu menjadi basah kuyup, karena terkena hujan akan meningkatkan risiko terserang penyakit, seperti demam, flu, dan sakit kepala.

 

4. Hindari Berkendara saat Hujan

Siapa di sini yang masih kerap bandel – lalu suka berkendara ketika hujan masih turun? Jika iya, cobalah segera hentikan kebiasaan buruk yang satu ini, ya. Karena, berkendara saat hujan bisa menyebabkan tubuh lebih mudah jatuh sakit, lho.

Terutama kalau kamu menggunakan motor ketika hujan. Hal ini dapat membuat tubuh basah, sehingga lebih rentan terhadap penyakit. Selain itu, berkendara saat hujan turun juga bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

 

5. Istirahat yang Cukup

Yuk, Kuatkan Imun Selama Musim Hujan, Lakukan 7 Tips Berikut Ya!

Credit Image - cantik.tempo.co

Menjaga imunitas tubuh selama musim hujan – menjadi tugas terpenting bagi setiap individu, ya. Kekebalan yang kuat dapat diperoleh dengan mendapatkan waktu istirahat yang cukup, berkualitas, dan teratur.

Istirahat yang cukup dapat membantu mengistirahatkan tubuh, kemudian mengoptimalkan proses regenerasi sel. Tidur di malam hari dengan waktu teratur akan memudahkan sistem pergantian sel yang rusak – dan merehatkan hormon-hormon di dalam tubuh.

Kalau tidak memperoleh tidur yang cukup, maka proses regenerasi sel akan terganggu, lalu kadar stres dalam tubuh tetap tinggi.

 

6. Terapkan Protokol Kesehatan

Diketahui, pandemi memang belum usai. Risiko infeksi penularan virus corona penyebab Covid-19 pun masih tetap ada, lho. Meski sudah banyak masyarakat yang telah memperoleh vaksin, namun bukan berarti boleh lengah, atau justru meninggalkan penerapan protokol kesehatan.

Nah, pastikan kamu masih tetap menjalani protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan virus corona – maupun jenis penyakit menular lainnya. Kamu dianjurkan tetap rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

 

7. Konsumsi Makanan Bernutrisi Tinggi

Yuk, Kuatkan Imun Selama Musim Hujan, Lakukan 7 Tips Berikut Ya!

Credit Image - detik.com

Yang terakhir, agar kesehatan – dan tentunya kekebalan semakin terjaga selama musim hujan, kamu disarankan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Seperti, memperbanyak konsumsi protein – dan juga vitamin yang berperan dalam menjaga sistem imunitas.

Selain dari sumber makanan, kamu juga disarankan memperoleh vitamin dengan mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active, lho.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Dan, bagi yang memiliki lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Bagaimana? Itulah ketujuh tips yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan. Jadi, jangan lupa untuk diterapkan, ya!

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!