5 Tips Bantu Atasi Kecemasan Anak Ketika Sekolah Tatap Muka

5 Tips Bantu Atasi Kecemasan Anak Ketika Sekolah Tatap Muka

font size A Ǎ

Setelah hampir 2 tahun melakukan sebagian besar kegiatan di rumah, di kondisi pandemi yang mulai berangsur membaik ini membuat beberapa kegiatan kembali dilakukan. Mulai dari work from office, meeting, hingga kegiatan sekolah tatap muka.

Untuk moms tentunya merasa ini hal yang menyenangkan, namun bagi si kecil hal ini tidak selalu menyenangkan, lho. Bagi beberapa anak, kegiatan sekolah tatap muka justru membuatnya cemas dan tidak ingin berpisah dari keluarga karena sudah terbiasa dengan keadaan yang selalu bersama.

Kecemasan ini tentunya harus dihilangkan – agar anak dapat merasa tenang dan aman selama melaksanakan sekolah tatap muka. Untuk menangani hal ini, coba deh lakukan beberapa tips di bawah ini!

 

 

Memvalidasi Perasaan Anak dengan Afirmasi

5 Tips Bantu Atasi Kecemasan Anak Ketika Sekolah Tatap Muka

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Bagi anak, orang tua merupakan tempat paling aman dan nyaman. Maka, penting untuk memvalidasi perasaannya dan memberi ruang bagi anak untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya. Perasaan khawatir dan negatif harus di-release agar anak dapat lebih tenang.

Ketika anak mengalami kecemasan, katakanlah bahwa semua akan baik-baik saja meskipun keluarga tidak sedang berada di sisinya. Katakan juga hal-hal yang membuatnya bangkit – seperti bangga padanya ketika kembali sekolah tatap muka, akan merindukan mereka, dan lain-lainnya. Afirmasi dapat membuat pribadi anak menjadi lebih tenang.

 

Menjadi Orang Tua dengan Pribadi Tenang

Kembali sekolah tatap muka juga menjadi salah satu momentum di mana anak belajar lebih bertanggung jawab pada dirinya. Untuk itu, pastikan moms sebagai orang tua membantunya dalam menyiapkan hal-hal yang harus dipersiapkan. Kekhawatiran pasti ada – namun jika kekhawatiran yang moms miliki terus berlanjut, hal ini juga dapat menular pada anak, lho!

Untuk itu, penting juga bagi moms untuk menjaga kestabilan diri dan tetap tenang. Meskipun khawatir, jangan tanyakan apakah anak gugup akan kembali sekolah tatap muka. Sebaiknya, tanyakanlah – apakah si kecil antusias untuk kembali ke sekolah? Serta tanyakan kembali apakah ada hal-hal lain yang bisa dibantu untuk persiapan sekolah tatap muka.

 

Membantu Anak Berpikir Positif

5 Tips Bantu Atasi Kecemasan Anak Ketika Sekolah Tatap Muka

Credit Image - orami.co.id

Cara lain yang dapat dilakukan untuk membuat anak tenang dan tidak cemas adalah dengan membantunya fokus pada hal-hal positif. Seperti membicarakan hal-hal yang baik mengenai sekolah. Moms dapat memulainya dengan siapa saja teman-teman si kecil yang akan ditemui, apa yang ingin dilakukan ketika bertemu di sekolah, serta guru-guru yang akan menyambutnya di sekolah nanti.

Moms juga bisa membantu anak untuk menerapkan pola pikir positif dengan menceritakan masa sekolah tatap muka dahulu yang sekiranya menarik untuk didengar. Dengan berbagi cerita, anak menjadi percaya dan lebih tenang bahwa semua akan baik-baik saja meskipun terpisah beberapa waktu dari keluarga.

 

Berlatih untuk Berpisah

Bagi anak-anak, perpisahan merupakan sebuah hal yang mencemaskan atau mungkin menakutkan. Hal ini wajar untuk dirasakan – untuk itu, moms harus mulai melakukan latihan bagi anak untuk berpisah sebentar ketika melaksanakan sekolah tatap muka.

Latihan ini bisa dimulai dari hal-hal kecil – seperti menyuruhnya bermain sendiri di kamar, membereskan kamar sendiri, dan hal-hal lain yang dapat membangun kemandirian. Berikan juga pengertian bahwa mandiri adalah hal yang harus dimiliki ketika ia sudah besar kelak. Jangan lupa, bila si kecil berhasil melakukannya – berikan afirmasi ya!

 

Memiliki Rutinitas yang Tetap

5 Tips Bantu Atasi Kecemasan Anak Ketika Sekolah Tatap Muka

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Kecemasan pada anak juga bisa timbul karena kebiasaan baru yang dilakukan berbeda dari rutinitas yang sebelumnya. Setelah hampir 2 tahun berada di rumah, kegiatan sekolah tatap muka tentunya menjadi hal yang tidak biasa dilakukan.

Untuk itu, moms bisa mengarahkan si kecil untuk melakukan rutinitas yang tetap agar kecemasannya untuk berpisah di sekolah berkurang. Jika proses ini tidak membantu moms dalam berpisah ketika megantarnya ke sekolah, kamu bisa mengkoordinasikannya dengan guru. Dengan bantuan variasi kecil dari guru, proses perpisahan dalam mengantar anak akan terasa lebih mudah.

Kecemasan pada anak juga berpengaruh dari mood yang dimilikinya. Untuk menjaga mood tersebut, pastikan anak telah mendapatkan makanan yang cukup serta memenuhi segala kebutuhannya. Salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi adalah kebutuhan gizi yang seimbang, untuk itu anak perlu mengonsumsi suplemen multivitamin tambahan.

Si kecil disarankan untuk mengonsumsi Enervon-C Sirup. Suplemen yang mengangdung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D ini memiliki banyak khasiat untuk anak. Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting bagi pertumbuhannya. Salah satunya untuk mendukung perkembangan anak, membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan. Sangat penting untuk memenuhi gizinya saat kembali ke sekolah.

 

Itulah 5 hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecemasan anak ketika kembali sekolah tatap muka. Pastikan si kecil sudah siap untuk menjalani rutinitas baru ini ya, moms!

 

 

Featured Image – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!