Makanan sehat yang kamu santap setiap harinya untuk memulai harimu, seharusnya memiliki jumlah nutrisi yang cukup dan bermanfaat untuk menjaga mood kamu sejak pagi hari. Karena, ketika menjalani hari, pasti ada saja hal- hal yang membuat mood berantakan. Mulai dari soal pekerjaan, terjebak macet ketika diperjalanan, maupun hubungan dengan pasangan.

Untuk mengdongkrak kembali semangatmu, kamu bisa mengonsumsi makanan yang tepat, dan kemudian semangat untuk menjalani hari pun bisa kembali lagi. Lalu, apa saja makanan tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Oatmeal

Credit: Self.com

Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang penuh serat dan gizi penting untuk tubuh. Makanan sehat ini lebih lambat untuk dicerna sehingga dapat memberikan energi secara merata. Semangkuk oatmeal di pagi hari dapat membuat kamu berenergi dan bersemangat dalam menjalani hari.

2. Telur

Credit: Foxnews

Satu butir telur hanya mengandung 70 kalori dan memiliki 6 gram protein. Ini artinya telur dapat memberikan energi yang dilepaskan secara perlahan, sehingga tubuh menjadi lebih berenergi.

3. Daging ayam tanpa kulit

Credit: Tablespoon.com

Daging ayam tanpa kulit bisa membangkitkan semangatmu jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat. Hal ini karena daging ayam merupakan sumber protein yang baik dan memiliki sedikit kandungan lemak jenuh, sehingga baik untuk dikonsumsi secara rutin dan teratur. Terutama bagi kamu yang butuh energi banyak untuk menjalani aktivitas.

4. Hati sapi

Credit: Healthline

Hati sapi merupakan salah satu sumber vitamin B12 terbaik. Makanan sehat ini juga memiliki kandungan protein tinggi yang membuatmu tetap bertenaga untuk waktu yang lama.

5. Tiram

Credit: TripAdvisor

Selain sebagai sumber protein rendah emak, tiram juga mengandung zinc, yang dapat membantu tubuh melawan kuman penyebab tubuh mudah lelah.

6. Kacang polong

Credit: Hello Sehat

Makanan ini merupakan sumber protein baik, terutama jika kamu vegetarian atau vegan. Kacang polong memiliki banyak serat untuk membantu memperlambat pencernaan dan kaya akan magnesium yang berfungsi untuk membantu sel- sel tubuh menghasilkan energi.

7. Buah beri

Credit: Popculture.com

Buah beri seperti stroberi dan blueberi merupakan pilihan buah jika kamu menginginkan sesuatu yang manis, namun tidak mengandung banyak kalori. Buah beri memiliki antioksidan dan gizi lain yang membantu menyehatkan serta melindungi sel- sel dalam tubuh.

8. Cokelat hitam

Credit: Medical News Today

Cokelat hitam terbukti dapat meningkatkan mood dan fungsi otak. Makanan ini mengandung antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah.

Setelah mengetahui makanan sehat yang berfungsi untuk mendongkrak semangatmu, jangan lupa untuk tetap membatasi konsumsi makanan diatas agar tidak berlebihan. Selain itu, agar tubuh tetap sehat, sebaiknya kamu juga tetap menerapkan gaya hidup sehat, termasuk minum air putih yang cukup, tidur 7-8 jam sehari, dan minum suplemen vitamin C  jika diperlukan.

 

Featured Image - FirstCry Parenting