Dalam perjalanan karir, tentu akan ada masanya ketika kamu merasa bosan, jenuh, bahkan mempertanyakan apakah keputusan yang diambil selama ini sudah tepat. Ketika merasakan hal tersebut, memang tidak mudah mencari jalan keluarnya, namun ada baiknya kamu tak pantang menyerah, ya.

Biar tidak lagi merasa begitu-begitu saja – alias stagnan, kamu perlu membuka diri terhadap berbagai kesempatan baru. Bukan hanya mencari pekerjaan lain saja, tetapi kamu harus mencoba hal-hal baru yang bisa membuat semakin berkembang.

Lalu, apa saja sih yang dapat dilakukan untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi? Berikut ini 5 tips sederhananya. Yuk, simak informasi lengkapnya sampai habis!

 

 

1. Mencari Mentor

Credit Image - generali.co.id

Biar karir semakin sukses, kamu harus selalu belajar walaupun udah bukan di ranah akademis. Sebab, zaman juga terus berubah, kehidupan terus mengalami perkembangan, jadi kamu juga tidak boleh ketinggalan.

Di masa yang serba cepat, semakin banyak bidang pekerjaan baru yang bermunculan. Inilah kesempatanmu buat mengembangkan diri. Cari hal-hal paling terkini di bidang pekerjaanmu, bisa melalui media sosial, video YouTube, atau rekan-rekan kerjamu. Pelajarilah sedikit demi sedikit sebelum menentukan bidang baru mana yang menarik minatmu.

Kemudian, carilah mentor di bidang tersebut karena dalam proses belajar tanpa guru itu berbahaya. Kamu tetap perlu punya orang yang mengarahkan supaya memahami konsep dari bidang baru tersebut, jadi kamu tak akan tersesat nantinya.

 

2. Perluas Jaringan, Misalnya dengan Ikut Komunitas

Selain cari mentor, kamu juga harus mau memperluas jejaring, kenalan sama orang baru, dan buka ruang diskusi yang produktif. Apalagi, Milenial dan Gen Z merupakan generasi yang doyan berkomunitas.

Tentunya, saat ini, sudah ada banyak banget komunitas pekerjaan di bidang-bidang tersebut. Ikutlah setidaknya salah satu komunitas, sehingga kamu bisa menemukan kesempatan untuk mencoba pekerjaan baru. Dengan begitu, karirmu bisa lebih berkembang, kan?

 

3. Hindari Mengerjakan Satu Hal Saja

Credit Image - merdeka.com

Mungkin di pekerjaan yang sekarang tugasmu memang cuma satu, tapi bukan berarti kamu cuma boleh mengerjakan satu tugas itu. Pastinya ada banyak hal yang bisa dieksplor dari pekerjaanmu sekarang ini, lho.

Berdasarkan anjuran dari World Economic Forum (WEF) dalam laporannya tahun 2018, individu harus mengembangkan soft skill untuk mengembangkan karier di masa depan. Kemampuan tersebut di antaranya adalah kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis, manajemen orang, negosiasi, dan berkoordinasi dengan orang lain.

Untuk itu, cobalah kembangkan berbagai keterampilan tersebut di pekerjaan yang tengah kamu geluti, ya. Misalnya, mulai latihan presentasi, berbicara di depan banyak orang, atau ikut menjadi penanggung jawab dari suatu proyek.

 

4. Rajin Diskusi

Dalam melakukan sebuah pekerjaan, kamu tentu tidak pernah bekerja sendirian. Pasti ada pihak-pihak lain yang ikut berkecimpung dalam pekerjaan tersebut. Seperti, di bidang konten akan ada orang yang bertugas untuk menulis, membuat desain, dan memikirkan strategi distribusinya ke media sosial. Ketiga pekerjaan ini harus dilakukan secara kolaboratif, jadi kamu gak boleh merasa kerja sendirian.

Supaya keterampilanmu lebih berkembang, perbanyaklah diskusi dengan teman-teman dari lintas divisi. Tanyakan tentang pekerjaan – dan tanggung jawab mereka, serap ilmu dari sedikit demi sedikit, dengan begitu wawasanmu di bidang pekerjaan tersebut semakin luas.

Percaya deh, orang yang dapat berkolaborasi – dan dilengkapi dengan punya wawasan luas pasti memiliki jenjang karir yang sangat baik!

 

5. Beranikan Diri Mencoba Bidang Baru

Credit Image - idntimes.com

Kalau tidak mau mengerjakan hal yang itu-itu aja, kamu harus berani menyelami bidang pekerjaan baru. Syaratnya cuma satu, bidang tersebut memang sesuai minatmu, ya. Tapi, jangan sampai salah nyemplung supaya tidak merasa kewalahan nantinya!

Tak diragukan lagi, keberanian merupakan modal terbesar dalam sukses berkarir. Mungkin, terjun ke bidang baru terdengar menyeramkan, tapi kamu akan tetap aman selama punya mentor – atau teman-teman komunitas. Jika kamu sudah punya modal pengetahuan tentang bidang tersebut, kamu sudah bisa coba cari peluang kerjanya.

Yang pasti agar perjalanan karir dapat berjalan dengan baik, kamu dianjurkan untuk menjaga energi tubuh, sehingga produktivitas pun tidak terganggu, ya. Jadi, kamu dianjurkan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan vitamin dan mineral lengkap, seperti Enervon Active – suplemen tepat untuk menemani berbagai rutinitas harianmu yang pastinya aman di lambung.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, gimana? Sudah jelas ya ulasan mengenai tips mengembangkan diri, sehingga jenjang karir pun semakin cemerlang. Mulai sekarang, yuk, terapkan sejumlah kiat di atas, Enervoners!

 

 

Featured Image – harmony.co.id