Lakukan Pekerjaan Rumah Tangga Termasuk Life Skill Anak, Ini 5 Manfaatnya

Lakukan Pekerjaan Rumah Tangga Termasuk Life Skill Anak, Ini 5 Manfaatnya

font size A Ǎ

Perlu diketahui bahwa pekerjaan rumah bukan hanya menjadi tanggung jawab ibu saja, melainkan seluruh anggota keluarga, tak terkecuali anak-anak. Selain itu, mengerjakan pekerjaan rumah tangga pun dianggap sebagai life skill yang perlu dimiliki sang buah hati, lho.

Sayangnya, tidak sedikit orangtua yang justru membebankan pekerjaan rumah tangga hanya kepada asisten rumah tangga saja. Anak dinilai tidak patut melakukan tugas tersebut, karena dianggap bukan bagian dari pekerjaannya.

Tapi, nyatanya moms harus tahu bahwa tugas tersebut tidak hanya seluruhnya dikerjakan asisten rumah tangga – atau kamu dan pasangan sendiri. Pasalnya, ada beberapa pekerjaan ringan yang masih bisa dikerjakan anak tanpa harus mengganggu kegiatan belajarnya.

Lagi pula, mengajari life skill yang satu ini punya beragam manfaat yang baik, nih. Apa saja? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

Melatih Tanggung Jawab

Lakukan Pekerjaan Rumah Tangga Termasuk Life Skill Anak, Ini 5 Manfaatnya

Credit Image - sekolahdasar.net

Apakah moms pernah – atau justru sudah terbiasa memberikan tugas kepada anak di rumah? Jika sudah, ini merupakan hal yang baik, lho. Tetapi kalau belum, tidak ada salahnya untuk memulai dari sekarang, ya.

Apabila ia bisa menyelesaikan dengan baik tugas yang kamu berikan, misalnya, membantu membuang sampah dapur ke bak sampah, berarti Si Kecil sudah bisa bertanggung jawab. Tapi sebaliknya, kalau anak selalu menunda – dan terkadang malas mengerjakan tugasnya, moms bisa memberinya nasihat. Kemudian, ajak ia untuk melatih tanggung jawabnya, ya.

Jangan salah moms, melatih rasa tanggung jawab sedini mungkin penting untuk perkembangan mental anak di masa mendatang. Jadi, pastikan ia sudah menguasai life skill yang satu ini!

 

Terbiasa Untuk Saling Membantu

Selain berperan sebagai life skill yang baiknya dikuasai, dengan rajin melakukan pekerjaan rumah tangga, maka Si Kecil pun bisa terbiasa untuk saling membantu. Dari sini, anak juga akan mengerti makna kebersamaan, serta rasa mengasihi di antara anggota keluarga.

Sebenarnya, kalau anak sudah tahu tugas yang harus dikerjakan di rumah, secara tidak langsung ia membantu meringankan beban pekerjaan pembantu rumah tangga, lho. Sikap ini harus terus diasah sehingga anak peka terhadap sesama – dan berguna terutama ketika menolong teman, atau orang yang sedang kesulitan.

 

Belajar Mandiri, Mengasah Rasa Percaya Diri

Lakukan Pekerjaan Rumah Tangga Termasuk Life Skill Anak, Ini 5 Manfaatnya

Credit Image - cantik.tempo.co

Selanjutnya, life skill dalam hal mengerjakan pekerjaan rumah tangga juga bisa membuat Si Kecil belajar menjadi sosok yang mandiri, sekaligus mengasah rasa kepercayaan dirinya, lho. Kedua hal ini memang saling berkaitan erat, moms. Berkat kemandirian bisa timbul rasa percaya diri bahwa ia sanggup menuntaskan tugas-tugasnya dengan baik.

Melalui pengalaman kemandirian ini, Si Kecil percaya bahwa dirinya memiliki kemampuan, kekuatan, dan bisa bertanggung jawab menyelesaikan pekerjaan rumah. Kebiasaan seperti ini akan memudahkan anak ketika menemui masalah di luar rumah dan mencari solusinya.

 

Menumbuhkan Sikap Cinta Kebersihan

Kalau moms sudah sering mengajak anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga, wah maka hal ini pun dapat menumbuhkan sikap cinta kebersihan, ya. Kamu dapat menerapkan tugas tersebut, terutama di dalam kamar anak. Ingatkanlah kepadanya untuk selalu membersihkan kamar, terutama sehabis belajar atau bermain.

Membiasakan anak untuk selalu menjaga kebersihan akan membuatnya peduli terhadap lingkungan sekitar. Dengan begitu, ia akan terdorong untuk selalu melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk dirinya dan orang lain karena sudah terlatih di rumah.

 

Membantu Perkembangan Otak Anak

Lakukan Pekerjaan Rumah Tangga Termasuk Life Skill Anak, Ini 5 Manfaatnya

Credit Image - momsindonesia.com

Menurut buku The Well Balanced Child: Movement and Early Learning, pekerjaan anak yang melibatkan aktivitas tubuh ternyata bisa membantu perkembangan otak serta meningkatkan kecakapan menulis dan membaca, moms.

Mengapa bisa begitu? Karena saat anak membantu menyelesaikan pekerjaan di rumah, proses perkembangan otaknya menjadi lebih maksimal dibanding anak tidak melakukan kegiatan apa pun di dalam rumah.

Namun yang pasti, tak hanya mengajak anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga, perkembangan otak Si Kecil juga dapat dimaksimalkan dengan memberinya asupan nutrisi yang cukup, termasuk vitamin, lho.

Nah, sebagai pelengkap, moms direkomendasikan memberikan multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup – yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D Sejumlah vitamin ini penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Selain itu, Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Jadi, itulah kelima manfaat mengajak anak mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Tak cuma berperan sebagai life skill saja, namun hal ini juga baik untuk perkembangan Si Kecil, moms. Mulai sekarang, yuk ajak anak melakukan kegiatan tersebut!

 

 

Featured Image – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!