Agar Tak Kebobolan Varian A.Y.4.2, Indonesia Perketat Pintu Masuk Antar Negara

Agar Tak Kebobolan Varian A.Y.4.2, Indonesia Perketat Pintu Masuk Antar Negara

font size A Ǎ

Belum lama ini, dikabarkan bahwa Malaysia sudah kebobolan varian baru Covid-19, yakni AY.4.2 yang juga menjadi turunan dari varian Delta. Dalam sebuah pernyataan, otoritas Malaysia menyebutkan kalau ada warganya yang dirawat akibat terjangkit jenis virus tersebut.

Memantau dari Malaysia, pemerintah Indonesia pun segera mengambil tindakan guna menghindari masuknya varian virus AY.42. dengan memperketat pintu masuk ke Indonesia. Saat ini, Satgas Covid-19 juga sudah menyiapkan beberapa langkah efektif sebagai langkah pencegahan.

Lantas, apa saja langkah yang ditempuh oleh pemerintah untuk menghindari masuknya varian virus terbaru ini? Berikut informasi lengkapnya.

 

 

Pemerintah Terus Melakukan Pemantauan

Agar Tak Kebobolan Varian A.Y.4.2, Indonesia Perketat Pintu Masuk Antar Negara

Credit Image - republika.co.id

Hingga kini, pemerintah Indonesia terus melakukan monitoring – dan juga memantau, serta mewaspadai masuknya varian terbaru Covid-19, yaitu AY.4.2. Pasalnya, sepertinya, varian virus ini sudah semakin dekat dengan Indonesia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers menyebutkan kalau Indonesia sudah siap menghadapi kondisi ini. Meski belum terdeteksi di Indonesia, tetapi pemerintah akan terus memantau perkembangan yang terjadi.

 

Meningkatkan Kapasitas Tes Virus Corona

Sementara itu, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B. Harmadi menyatakan bahwa sekarang pemerintah juga tengah berusaha meningkatkan kapasitas tes virus corona. Langkah tracing dilakukan untuk memantau penyebaran virus.

Bukan hanya untuk terus memantau varian virus terbaru – termasuk AY.4.2, tetapi langkah tracing juga dilakukan untuk mengantisipasi gelombang ketiga. Sebab, gelombang lanjutan ini diprediksian akan segera terjadi, setidaknya setelah libur Natal dan Tahun Baru.

 

Terus Menerapkan PPKM, Sembari Menggencarkan Vaksinasi

Agar Tak Kebobolan Varian A.Y.4.2, Indonesia Perketat Pintu Masuk Antar Negara

Credit Image - liputan6.com

Kemudian, pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat – alias PPKM juga tetap diberlakukan di berbagai daerah, meskipun mungkin di beberapa daerah telah dilakukan pembukaan berbagai aktivitas masyarakat.

Yang juga tidak tertinggal, program vaksinasi masih terus digencarkan, walau sekarang jumlah kasus Covid-19 di Indonesia sudah melandai. Pemerintah menargetkan sasaran vaksinasi sebanyak 208.265.270 jiwa.

Data Kementerian Kesehatan per tanggal 12 Oktober 2021 silam menyebutkan 101.673.077 telah melakukan penyuntikan dosis tahap 1 atau sekitar 48,82 persen. Untuk yang telah melakukan hingga dosis lengkap atau tahap 2 sebanyak 58.720.535 atau 28,20 persen.

 

Akses dari Luar Negeri Juga Akan Diperketat

Sebagai langkah antisipasi masuknya varian virus AY.4.2, pemerintah juga memperketat akses masuk dari luar negeri ke Indonesia. Titik masuk sudah sangat dibatasi – seperti, akses via transportasi udara hanya di Soekarno-Hatta dan Sam Ratulangi, Manado.

Sama hanya dengan masuknya pekerja migran Indonesia. Kelompok tersebut juga harus segera melakukan tes PCR setibanya di Indonesia. Kementerian Kesehatan sudah mengirimkan alat tes molekuler, sehingga tidak perlu menunggu lama. Dalam waktu satu jam sudah bisa memisahkan orang yang positif – dan negatif.

 

Masyarakat Diharapkan Tetap Patuh Terhadap Prokes

Agar Tak Kebobolan Varian A.Y.4.2, Indonesia Perketat Pintu Masuk Antar Negara

Credit Image - bbc.com

Meski angka vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah terbilang cukup tinggi, tetapi masyarakat tak boleh lengah begitu saja. Diharapkan, masyarakat tetap menjalani protokol kesehatan secara ketat, seperti memakai masker, menjaga jarak, hingga rajin mencuci tangan.

Selain itu, dianjurkan pula menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat. Dan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C maupun Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra, sekaligus mampu membuat tubuh terasa lebih segar sepanjang hari.

Untuk yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – yang dapat membantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah, ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah deretan langkah pencegahan guna mengurangi potensi masuknya varian baru Covid-19 ke Indonesia. Memang, diperlukan kerja sama oleh berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun pihak masyarakat, sehingga pandemi bisa segera teratasi dengan tepat.

 

 

Featured Image – tirto.id

Source – popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!