Seperti yang diketahui, beragam macam upaya masih terus dilakukan guna mencapai situasi endemi.

Dilansir dari PopMama, endemi merupakan suatu penyakit yang berjangkit di suatu daerah, atau golongan masyarakat saja. Dapat dikatakan, penyakit tersebut biasa ada di dalam suatu populasi maupun wilayah geografis tertentu.

Lalu, apa saja faktor yang bisa membuat status pandemi berubah menjadi endemi? Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan bahwa untuk mencapai status tersebut, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Pengendalian Terhadap Kasus Positif

Credit Image - theconversation.com

Salah satu penanganan Covid-19 menjadi endemi, yakni dengan pengendalian terkait kasus aktif yang ada. Penanganan sigap terhadap kasus aktif dapat dideteksi lebih dini agar meminimalisir penyebaran Covid-19. 

Sedangkan ada 5 provinsi yang juga mengalami kenaikan kasus virus ini, yaitu:

  • Papua Barat naik 100 kasus
  • DIY naik 77 kasus
  • DKI Jakarta naik 46 kasus
  • Sulawesi Tenggara naik 7 kasus
  • Dan Bangka Belitung naik 5 kasus

Satgas pun menekankan harus adanya kerjasama antara Gubernur di provinsi setempat dengan Bupati dan Walikota untuk menagantisipasi adanya kenaikan kasus di minggu berikutnya.

 

Pengendalian Jumlah Kematian Juga Menjadi Faktor Penentu

Dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan Covid-19, dikatakan pula bahwa jika ingin Indonesia segera menyandang status endemi, maka tidak boleh adanya toleransi akan kasus kematian. Ingatlah, satu nyawa pun terhitung sangat berharga.

Sedangkan, hingga kini diketahui ada 5 kota yang tengah mengalami angka kematian akibat virus corona, yaitu:

  • Sulawesi Utara mengalami kenaikan dengan kasus 5 angka kematian 
  • Sumatera Barat alami kenaikan dengan 3 angka kematian
  • Sulawesi Selatan alami kenaikan dengan 2 angka kematian
  • Riau alami kenaikan dengan 2 angka kematian
  • Dan Kalimantan Barat alami kenaikan 1 angka kematian

 

Penanganan Kasus Covid-19 Aktif

Credit Image - nasional.sindonews.com

Penanganan kasus aktif perlu dilakukan agar kasus positif bisa terus dipantau dan dikendalikan. 

Berdasarkan catatan Satgas hingga 7 November 2021, diketahui ada 5 provinsi dengan kasus aktif tertinggi di Indonesia, yaitu:

  • Jawa Tengah dengan 1.650 kasus aktif
  • Papua dengan 1.629 kasus aktif
  • Jawa Barat dengan 1.568 kasus aktif
  • DKI Jakarta dengan 1.536 kasus aktif
  • Kalimantan Utara dengan 738 kasus aktif

Dengan adanya sejumlah angka-angka kasus aktif, termasuk kasus positif – dan juga angka kematian diharapkan dapat segera dilakukan penanganan yang lebih baik lagi, sehingga perkembangan kasus Covid-19 tingkat nasional bisa segera membaik.

 

Jangan Lupa Untuk Tetap Terapkan Prokes!

Memang, vaksinasi Covid-19 sudah banyak diberikan kepada masyarakat, sehingga tak sedikit yang merasa lengah. Namun ingat, risiko penularan virus akan tetap ada, meski sudah divaksinasi sekalipun. Untuk itu, pastikan tetap menjalani langkah pencegahan, termasuk menerapkan protokol kesehatan.

Hal ini meliputi menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas tetap jadi hal penting yang perlu dilakukan.

Langkah lain yang juga perlu diperhatikan – masyarakat wajib menjaga imunitas tubuh selama pandemi. Caranya, yaitu dengan menjaga asupan makanan, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, hingga mengelola stres dengan baik.

Dan optimalkan hidup sehat untuk menunjang kekebalan tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin setiap harinya, seperti Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra, sekaligus mampu membuat tubuh terasa lebih segar sepanjang hari.

Untuk yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – yang dapat membantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah, ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah ketiga faktor penentu yang bisa mengubah status pandemi menjadi pandemi di suatu negara.

 

 

Featured Image – intermountainhealthcare.org

Source – popmama.com