Hubungan Erat Dengan Orangtua Bisa Tingkatkan Kesehatan Anak

Hubungan Erat Dengan Orangtua Bisa Tingkatkan Kesehatan Anak

TAGS : Anak
font size A Ǎ

Hubungan orangtua dan anak terkadang bisa berjalan dengan tidak baik. Kesalahpahaman kecil seringkali menjadi sumber terjadinya pertengkaran, terutama ketika di antara keduanya memiliki pendapat yang berbeda mengenai sesuatu. Biasanya, orangtua cenderung melindungi anak dengan cara yang kurang bisa dipahami atau diterima oleh anak. Akibatnya anak sering merasa tidak diberikan kebebasan atau selalu dilarang, yang pada akhirnya menimbulkan konflik di antara mereka.

Atau, anak terkadang kesulitan untuk berbicara tentang apa yang mereka inginkan tanpa mengecewakan orangtua.

Seberapa penting hubungan baik dengan orangtua terhadap kesehatan anak?

Hubungan Erat Dengan Orangtua Bisa Tingkatkan Kesehatan Anak

Credit: Today's Parent

Hal ini sangat penting. Karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara anak dan orangtua yang baik dapat menentukan kondisi kesehatan anak di masa depan. Anak dapat tumbuh sehat, jika ia berada pada lingkungan yang hangat.

Anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik pada keluarga dengan status sosial ekonomi tinggi, karena anak bisa mendapatkan nutrisi yang baik, lingkungan yang sehat, dan memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang dimiliki. Tetapi, sebaik apapun fasilitas yang ada, keinginan anak untuk makan, tidur, dan beraktivitas dengan baik sangat ditentukan oleh hubungannya dengan orangtua.

Jika hubungan keduanya tidak baik, dipenuhi dengan ketegangan maupun kekerasan, maka anak cenderung memiliki suasana hati yang buruk. Hal ini dapat mempengaruhi cara makan anak, atau bahkan aktivitas maupun jam tidurnya. Karena hubungan yang kurang baik membuat anak tidak bersemangat dalam menjalankan kehidupan yang sehat dan teratur.

Tips untuk orangtua agar dapat menjaga hubungan yang baik dengan anak

Hubungan Erat Dengan Orangtua Bisa Tingkatkan Kesehatan Anak

Credit: Lifestyle Okezone
  • Hal yang paling mendasar dalam menjalin hubungan yang baik dengan anak adalah kejujuran dan konsisten. Kamu perlu untuk instropeksi tentang caramu mendidik anak, termasuk tentang caramu bersikap dalam menghadapi perilaku anak yang seringkali membuat kamu ingin marah.
  • Biarkan anak membuat keputusannya sendiri, dan hormati setiap keputusan yang mereka pilih. Sebagai orangtua, kamu bisa mendengarkan setiap hal yang mereka ingin bicarakan, dan nantinya anak pun akan dengan senang hati bersikap terbuka kepadamu.
  • Sesibuk apapun kamu dalam bekerja, luangkan waktu untuk anak. Karena, jika kamu terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bekerja, maka kamu akan kehilangan waktu berharga bersama anak.
  • Biarkan anak tahu bahwa mereka adalah prioritas dalam hidupmu.

Intinya, tidak ada hubungan yang sempurna antara orangtua dan anak, selalu akan ada konflik yang membuat hubungan ini sedikit renggang. Namun, cobalah untuk tetap mengerti dan memahami keinginan masing- masing pihak. Dan ketika menghadapi masalah, coba untuk berbicara lembut, bersikap tenang, dan kendalikan emosi.

 

Featured Image - Pbs.org


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!