Wajib Tahu, Moms! Ini 4 Penyebab Demam Naik Turun pada Anak

Wajib Tahu, Moms! Ini 4 Penyebab Demam Naik Turun pada Anak

Setiap orangtua pasti akan khawatir ketika sang buah hati jatuh sakit, termasuk demam. Setuju kan, moms? Apalagi, kalau Si Kecil mengalami demam naik turun, wah sepertinya rasa cemas bakal semakin menjadi-jadi!

Pada dasarnya, anak memang belum memiliki daya tahan tubuh yang maksimal, seperti yang dimiliki oleh orang dewasa, lho. Untuk itu, jangan heran kalau anak lebih rentan terkena penyakit, tak terkecuali kondisi demam naik turun, moms.

Sebenarnya, demam merupakan mekanisme yang normal ketika tubuh ingin melawan benda asing, seperti bakteri dan virus. Karena itulah tidak selalu anak yang sakit demam harus segera dibawa ke dokter – atau diberi obat penurun panas.

Namun, apa penyebab demam naik turun yang kerap dialami oleh anak? Berikut ini 4 di antaranya yang wajib diketahui, moms.

Yuk, simak selengkapnya sampai habis!

 

 

1. Tifus

Wajib Tahu, Moms! Ini 4 Penyebab Demam Naik Turun pada Anak

Credit Image - health.kompas.com

Memang, demam dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, kalau demam naik turun terus terjadi – dan kondisi anak tak kunjung membaik, maka moms perlu mewaspadai penyebab lainnya, salah satunya tifus.

Penyebab tifus adalah bakteri Salmonella. Penderita tifus akan mengalami demam tinggi mencapai 39 - 40 derajat Celsius. Pola demam karena tifus tidak bisa diprediksi karena naik turun tak tentu. Terkadang, anak pun bisa demam pada siang hari dan normal pada sore hari atau sebaliknya.

 

2. Demam Berdarah

Ketika anak mengalami demam naik turun, tak sedikit orangtua yang akan langsung berpikir bahwa Si Kecil terkena demam berdarah. Memang, penyakit yang satu ini identik dengan suhu tubuh yang tidak menentu. Akan tetapi, tidak semua demam naik turun merupakan gejala DBD..

Suhu saat demam tinggi pada penyakit demam berdarah mencapai 40 derajat Celsius atau lebih. Selain demam, gejala demam berdarah lainnya adalah bintik merah, sakit kepala, nyeri sendi atau otot, muntah, mual, kelelahan, dan menggigil.  Ada pun penyebab kondisi tersebut, yakni virus dengue pada nyamuk Aedes aegypti.

 

3. Infeksi Virus

Wajib Tahu, Moms! Ini 4 Penyebab Demam Naik Turun pada Anak

Credit Image - halodoc.com

Infeksi virus rentan terjadi, apalagi kalau anak berada di lingkungan yang kurang bersih. Belum lagi, kalau ia juga kerap bermain di lantai. Nah, selain demam naik turun, infeksi virus juga dapat menimbulkan batuk, pilek, dan diare.

Demam karena infeksi virus biasanya berlangsung seperti berikut: hari 1 dan 2 suhu tinggi, hari ke 3 dan 4 hari suhu turun, lalu hari ke 5 dan 4 naik lagi. Jika penyebab demam adalah karena infeksi virus, demam biasanya akan sembuh dengan sendirinya pada hari ke-6.

 

4. Tumbuh Gigi

Demam naik turun tidak selamanya berbahaya, lho. Misalnya, pada kondisi tumbuh gigi, anak juga cenderung mengalami demam. Namun, tak perlu khawatir moms. Pasalnya, kondisi demam pun akan sembuh dengan sendirinya.

Meskipun demikian, kamu bisa melakukan pertolongan pertama untuk mengurangi rasa sakit pada buah hati. Bawa anak ke dokter gigi untuk diperiksa. Biasanya, dokter akan memberikan obat pereda demam dan nyeri. Gigi yang tumbuh biasanya akan memberi rasa nyeri di sekitar gusi atau tempat gigi tumbuh.

Jika demam naik turun kerap dialami Si Kecil, cobalah tetap memerhatikan – dan catat berbagai gejala yang terjadi. Kalau kondisi ini sudah berlangsung lebih dari tiga hari, segera kunjungi fasilitas kesehatan agar penanganan tepat bisa diperoleh anak, moms.

Untuk mencegah anak sakit, pastikan ia sudah menerapkan pola hidup bersih, seperti rajin mencuci tangan. Selain itu, Si Kecil pun tetap harus mendapat asupan suplemen untuk mengoptimalkan perlindungan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Adapun suplemen yang baik dikonsumsi, yaitu Enervon-C Plus Sirup. Multivitamin andalan ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Selain itu, Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C Plus Sirup, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, bagaimana? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai berbagai penyebab demam naik turun yang mungkin dialami oleh Si Kecil. Jadi, jangan langsung panik dulu, moms. Ketika anak mengalami kondisi ini, tetap perhatikan – dan waspadai berbagai gejala yang ia alami!

 

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!