Patut diwaspadai, kegemukan dapat muncul akibat berbagai kebiasaan buruk yang kerap dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya berkaitan dengan pola makan saja, namun kualitas tidur.

Perlu diketahui, kegemukan bisa mengganggu metabolisme dan hormon di dalam tubuh sehingga membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit. Studi menunjukkan kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, hingga kanker.

Untuk itu, menghindari sejumlah kebiasaan buruk pemicu kegemukan penting dilakukan agar berat badan tetap terjaga – serta terhindar dari berbagai penyakit. Lantas, apa saja sih kebiasaan yang dimaksud tersebut?

Berikut ini 5 di antaranya. Yuk, simak informasinya sampai habis!

 

 

#1 – Konsumsi Gula Tambahan

Credit Image - healthline.com

Mengonsumsi gula terlalu banyak, termasuk gula tambahan dalam makanan dan minuman dapat memicu kegemukan, lho. Sepertinya, hal yang satu ini pun sudah tidak lagi asing terdengar, kan? Gula memiliki kalori yang tinggi – dan kalau tidak terpakai oleh tubuh, maka akan disimpan dalam bentuk lemak. Tentu saja simpanan lemak tersebut akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Yang perlu diperhatikan, gula tambahan tersebut bisa berupa gula pasir, sirup, hingga pemanis yang ditambahkan dalam makanan dan minuman. Selain itu, kamu juga disarankan membatasi konsumsi gula merah, madu, dan makanan dengan kandungan sirup jagung tinggi fruktosa.

 

#2 – Tidak Sarapan

Apakah kamu masih sering melewatkan sarapan? Hati-hati, kebiasaan tersebut ternyata dapat memicu kegemukan, lho. Pasalnya, selain sebagai sumber energi untuk beraktivitas, sarapan juga penting bagi proses metabolisme tubuh.

Biasanya, orang yang bekerja kerap melewatkan waktu sarapan, padahal ini merupakan waktu makan yang sebaiknya tidak dilewatkan. Seseorang yang tidak sarapan cenderung memiliki metabolisme yang lebih lambat – dan ketika makan siang nanti biasa kalap, hingga porsi makannya semakin banyak.

 

#3 – Kurang Tidur

Credit Image - eehealth.org

Ya, ternyata aspek yang satu ini juga penting dalam mempertahankan berat badan ideal, ya. Kekurangan waktu tidur akan menyebabkan peningkatan berat badan, hingga melemahkan fungsi tubuh lainnya – termasuk sistem kekebalan.

Kebiasaan buruk berupa kurang tidur – dan sering begadang akan memicu kegemukan, bahkan lebih mudah mengalami obesitas. Ketika tidur, tubuh akan melakukan regenerasi sel. Kalau waktunya berantakan, maka hal ini bisa memicu gangguan hormonal dan obesitas.

 

#4 – Makan Camilan

Sebenarnya, ngemil sah-sah saja, kok. Asalkan kamu bisa mengatur asupannya, serta tidak terlalu sering. Memang, camilan kerap kali menggoda, apalagi ketika sedang belajar, nonton TV, bekerja, hingga ketika berkumpul bersama teman dan keluarga.

Namun, sebaiknya kurangi asupan camilan, karena bisa memicu kegemukan. Jadi, cobalah menyingkirkan camilan tidak sehat, misalnya dari meja kerja. Sebaliknya, kalau ingin ngemil, konsumsi buah yang tentunya sehat untuk kesehatan tubuhmu.

 

#5 – Tidur Setelah Makan

Credit Image - halodoc.com

Nah, kebiasaan yang satu ini juga masih kerap dilakukan, lho. Apakah kamu juga termasuk yang gemar tidur setelah makan? Sebaiknya segera hindari, ya. Tak bisa dipungkiri, rasa kantuk sering menghampiri usai menyantap makanan.

Alih-alih langsung tidur, sebaiknya beri waktu untuk tubuh mencerna makanan dengan baik. Karena, berbaring setelah makan akan memicu lonjakan gula darah – yang akhirnya dapat meningkatkan berat badan dan menyebabkan kegemukan.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai 5 kebiasaan yang bisa memicu kegemukan. Kalau kamu masih suka melakukannya, yuk segera dihentikan, ya!

 

 

Featured Image – honestdocs.id

Source – cnnindonesia.com