6 Tips Tingkatkan Kekebalan Dengan Cara Menyenangkan, Yuk Dicoba!

6 Tips Tingkatkan Kekebalan Dengan Cara Menyenangkan, Yuk Dicoba!

font size A Ǎ

Hampir setiap individu pasti sudah mengetahui bahwa sistem imunitas merupakan hal yang penting dijaga. Benar, kan? Pasalnya, kekebalan yang baik dapat berfungsi maksimal untuk melindungi tubuh terhadap berbagai macam penyakit, termasuk virus corona penyebab Covid-19 yang masih mewabah.

Kalau sistem kekebalan melemah, maka bukan tidak mungkin kamu menjadi gampang sakit, lho. Tapi, tak perlu khawatir, guna meningkatkan daya tahan tubuh, nyatanya ada deretan langkah mudah – dan pastinya menyenangkan yang bisa dilakukan.

Lantas, apa saja sejumlah cara meningkatkan sistem kekebalan yang menyenangkan tersebut? Simak informasi lengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

Berkebun

6 Tips Tingkatkan Kekebalan Dengan Cara Menyenangkan, Yuk Dicoba!

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Ingin melakukan aktivitas yang asyik – sekaligus mampu membakar kalori? Nah, coba saja kegiatan berkebun di sekitar pekarangan rumah. Tentunya, menggali, menyapu, dan memotong rumput sangat efektif untuk membakar kalori.

Berkebun bahkan mampu membakar kalori setara dengan olahraga yang dilakukan di gym, seperti dikutip dari laman American Heart Association

Selain mampu membakar kalori, berkebun juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dilansir National Geographic, tanah mengandung bakteri-bakteri baik yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit. Meskipun begitu, tetap jaga kebersihan tubuh, ya!

 

Aktivitas Menari

Menari merupakan kegiatan seru yang ternyata dapat membantu meningkatkan sistem imun. Dilansir Texas Children's Hospital, menari merupakan aktivitas fisik menyenangkan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Meskipun demikian, menari tidak berhubungan secara langsung dengan sistem kekebalan tubuh. Namun, menari termasuk aktivitas fisik yang ampuh untuk melepaskan stres – yang mana ketika stres tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol, seperti yang dilansir dari Cleveland Clinic.

Tingginya hormon kortisol dalam tubuh dapat menurunkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kuman penyakit. Akhirnya, membuatmu menjadi lebih rentan terserang penyakit. Jadi, jangan lagi ragu untuk melakukan aktivitas yang satu ini, Enervoners!

 

Bisa Dengan Melakukan Yoga

6 Tips Tingkatkan Kekebalan Dengan Cara Menyenangkan, Yuk Dicoba!

Credit Image - klikdokter.com

Untukmu yang ingin melakukan aktivitas menenangkan, maka tak ada salahnya mencoba yoga, lho. Olahraga yang satu ini memang lebih fokus terhadap kelenturan dan kekuatan tubuh, serta melatih pernapasan. Manfaat yoga tak perlu dipertanyakan lagi karena yoga mampu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dilansir Yoga Journal, melakukan yoga secara rutin dapat membantu menurunkan hormon stres – alias kortisol, sekaligus merangsang sistem limfatik untuk mengeluarkan racun dari tubuh. 

Ditambah lagi, latihan pernapasan yang dilakukan pada saat melakukan beberapa pose yoga juga mampu mempertahankan dan meningkatkan kapasitas paru-paru, sehingga nantinya tubuh tidak akan mudah lelah. 

 

Rajin Berjemur Juga Direkomendasikan

Masih banyak orang yang beranggapan jika berjemur dapat membunuh kuman penyebab penyakit, contohnya saja virus corona. Faktanya, anggapan tersebut sebenarnya kurang tepat. Pasalnya, sinar matahari tidak dapat membunuh kuman penyebab penyakit.

Namun, berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 10 sampai 15 menit dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap mikroorganisme penyebab penyakit. Dilansir Healthline, sinar matahari pagi yang diserap oleh kulit dapat merangsang produksi vitamin D, yang berperan penting bagi kesehatan tulang serta kekebalan tubuh.

Bisa dikatakan bahwa berjemur merupakan salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang menyenangkan, lho.

 

Memperoleh Waktu Tidur yang Cukup

6 Tips Tingkatkan Kekebalan Dengan Cara Menyenangkan, Yuk Dicoba!

Credit Image - halodoc.com

Tidur merupakan waktu tubuh beristirahat serta melakukan proses regenerasi sel-sel tubuh. Maka, jangan heran jika tidur yang cukup memiliki begitu banyak manfaat. Salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Experimental Medicine tahun 2019, istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memperbaiki kinerja sel imun, khususnya sel limfosit T. 

Perlu kamu ketahui, sel limfosit T itu sendiri berfungsi untuk menyerang dan melawan infeksi penyakit. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memperbaiki jam tidur yang berantakan.

 

Rutin Konsumsi Multivitamin

Yang terakhir, tentunya memperoleh asupan vitamin dan mineral setiap harinya juga penting dalam mempertahankan kekebalan tubuh, ya. Apakah kamu sudah mengetahui hal yang satu ini? Sayangnya, masih banyak orang yang sulit memperoleh asupan nutrisi lengkap, apalagi kalau punya aktivitas yang padat.

Untuk memudahkanmu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian, direkomendasikan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti  Enervon-C dan Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Dengan mengonsumsi Enervon-C maupun Enervon Active, ini menjadi cara menjaga kekebalan tubuh yang menyenangkan. Setuju, ya?

 

Jadi, itulah keenam tips meningkatkan sistem imunitas yang mudah – dan tentunya menyenangkan. Mulai sekarang, yuk terapkan sejumlah cara di atas agar tubuh tidak mudah jatuh sakit!

 

 

Featured Image – tirto.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!