Di jaman sekarang ini, semua hal bisa berjalan lebih cepat karena adanya perkembangan teknologi. Hasilnya, orang- orang jadi bekerja lebih sibuk dari sebelumnya untuk menyesuaikan diri dengan kemajuan. Namun, kesibukan ini pada akhirnya membuat orang semakin sering merasa stress. Dan untuk mengatasinya, travelling bisa jadi solusi.

Sayangnya, karena terlalu sibuk, banyak orang yang jadinya jarang melakukan travelling. Padahal, kegiatan ini ternyata sangat penting untukmu. Karena, travelling tidak hanya untuk senang- senang saja, tetapi memiliki manfaat berikut ini:

1. Baik untuk kesehatan mental dan fisik

Credit: Kumparan

Manfaat travelling untuk kesehatan sudah terbukti secara ilmiah. Banyak penelitian mengatakan bahwa orang yang sering travelling, jauh lebih sehat daripada yang tidak. Travelling juga dapat memberikan efek positif yang besar secara psikologis.

Selain itu, travelling bisa meningkatkan kinerja otak, mengurangi stress dan depresi. Dan selama travelling, orang akan berjalan dan menggerakkan tubuh sehingga jantung, otot, dan sendi menjadi lebih sehat.

2. Memberikan pengalaman berkesan

Credit: Trubus.id

Saat travelling, kamu bisa mengunjungi banyak tempat baru. Selain itu, kamu juga bisa mencoba berbagai kuliner khas dan bertemu masyarakat sekitar yang memiliki kebudayaan berbeda. Semua pengalaman ini akan memberikan kesan tersendiri yang membuat mental seseorang jadi lebih positif.

3. Mengasah kreativitas

Credit: Tempo Travel

Setelah travelling, biasanya pikiran seseorang akan lebih segar karena pengalaman yang didapat selama pekerjaan. Hal ini tentunya akan membuat otak jadi lebih kreatif. Dengan begitu, saat kembali bekerja kondisi pikiranmu sudah lebih jernih, dan produktivitas pun juga ikut membaik.

4. Menambah keterampilan

Credit: Highlight ID

Tidak hanya sebagai pengasah keterampilan, kegiatan selama travelling juga bisa jadi salah satu media untuk belajar. Saat mengunjungi suatu tempat, kamu akan mengetahui beragam kebudayaan termasuk mengenal bahasa lain saat berbicara dengan orang lokal.

Hal tersebut bisa mengasah kemampuan untuk berkomunikasi. Dan tidak sedikit pula orang yang dengan sengaja mengikuti paket wisata tertentu untuk belajar hal- hal baru saat travelling.

5. Menambah jaringan

Credit: Hipwee

Travelling pasti membawa seseorang untuk bertemu dengan banyak orang baru. Orang- orang baru ini datang dari berbagai latar belakang, misalnya warga lokal, petugas wisata, hingga sesama wisatawan dari berbagai daerah. Dengan membangun komunikasi pada orang- orang yang ditemui saat travelling, kamu juga sekaligus memperluas jaringan. Dan bukan tidak mungkin, orang- orang tersebut akan jadi teman berbisnis atau bekerjamu di masa depan.

 

Featured Image - Traveloka Blog